TMCBLOG.com – Dalam Update terakhir terlihat Perusahaan Manufaktur asal Italia, Piaggio memaksimalkan aerodynamic force dalam bentuk Aero winglet di sisi Body depan Skuter Roda Tiga mereka ( Piaggio MP3) . Jika kita berkaca pada Produk Piaggio yang sudah dijual di pasaran seperti misalnya superbike Aprilia RSV4 di sisi samping Fairing hadir winglet Statis yang memiliki tugas menghadirkan Downforce untuk memberikan load kepada ban agar tidak Wheelie ( anti Wheelie). Namun yang didaftarkan filenya oleh Piaggio di Skuter Roda tiga ini berbeda di mana wingletnya independen dan aktif ? Weh maksudnya gimana tuh?

Winglet kiri dan kanan dari Piaggio Roda tiga ini Independen artinya kanan dan Kiri itu platform dan situasinya bisa berbeda. Seperti Kita ketahui Winglet itu bentuknya bisa dua Jika menyerupai Sayap Pesawat terbang maka akan memberikan Lift Force atau Gaya angkat untuk membantu Pesawat bisa terbang mengangkasa.

Namun jika bentuknya seperti Wing di bagian Buritan F1 atau di Winglet depan motoGP fungsinya adalah menghasilkan Downforce. Nah Di Skuter roda tiga Piaggio ini wingletnya bisa disetup mengahsilkan kedua mode ini : bisa buat LiftForce ataupun DownForce  . . mantab kan ?

Dan Untuk bisa berubah Mode dari Mode Liftforce atau pun Mode DownForce maka tentu Wingletnya harus Aktif. Perbahan bentuk bisa jadi ada semacam motor servo ditambah sistem hidrolik atau bentuk lainnya yang bisa dikerjakan Oleh Piaggio. Namun pertanyaannya, kenapa Butuh Winglet yang bisa berubah state Jadi LiftForce dan DownForce ?

Piaggio mengatakan dalam paten tersebut bahwa bentuk dari Winglet bukan hanya berfungsi memberikan Load Ke roda depan seperti di MotoGP, namun lebih dari itu. Misalnya saja dalam sebuah kejadian Load ban depan terlalu besar dalam sebuah kasus hard Brake, sehingga roda belakang agak ngangkat dan tidak menemukan Traksi, Makaa winglet bisa diset menjadi menghasilkan Liftforce agar load ke Ban akibat pengereman bisa berkurang dan Kondisi motor jadi normal kembali. Ini juga berguna semisal pada keadaan dimana butuh perubahan menikung kiri kanan yang cepat (flip-flop)

Piaggio Juga mengatakan bahwa perubahan bentuk wing di sisi kanan dan kiri Skuter tersebut juga bisa membantu memudahkan Untuk nikung rebah. Bagaimana Caranya?  jadi Gini Misalnya mau nikung ke Kiri seperti pada gambar, Maka winglet di sisi dalam tikungan akan dibuat menghasikan Downforce sementara winglet di sisi luar akan dibuat menghasikan LiftForce. Perubahan gaya ini secara logika akan ikut membuat skuter ini mudah menikung.

Perbedaan bentuk Winget aktif ini juga berfaedah dalam memudahkan perubahan kondisi menikung ke keadaan Normal tegak kembali. Caranya adalah dengan mengubah bentuk winglet di sisi dalam tikungan menjadi menghasilkan LiftForce sementara Winglet di sisi luar tikungan menghasilkan downforce. Nah winglet ini dihubungkan dengan sistem Kendali pintar dengan kombinasi beberapa sensor dalam Inertial measurement unit (IMU)  . . . Simply Smart

Namun Pertanyaannya, Seberapa Kencang memangnya performa Skuter Roda tiga Piaggio ini sehingga butuh dibenamkan Winglet aktif yang super cerdas ini? Banyak kalangan Menganggap bahwa menggunakan Produk Skuter roda tiga pada file Paten ini hanyalah sekeda Decoy Piagggio. Sinyalemennya adalah menggunakan Winglet Aktif mereka di Motor motor performa seperti misalnya Next Superbike RS4V. Hal ini menjadi Logis secara WSBK sendiri memperbolehkan Penggunaan Winglet aktif jika memang sudah dihadirkan pada produk Homologasinya . . .

Taufik of BuitenZorg

7 COMMENTS

  1. Bagus deh kalo rsv4 mau balik,tapi apa mesinnya jg diubah kayak rsgp ya? yg sudutnya 90°,yg sekarang kan masih 65°

  2. G mungkin deh skuter kecepatannya seberapa, g signifikan, mungkin cuma paten winglet aja, nanti dipakai di RSV4

  3. Harus kencang biar winglet bekerja. Itu windshield lebih ngefek ke laju motor.
    Dilepas saja dan winglet dilebarkan dimensinya. So pasti lebih berasa downforce nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.