TMCBLOG.com – Yamaha memang konsern sekali di Pengembangan Sepeda motor roda tiga Khususnya dengan dua roda di depan. Setelah mencoba pertama kali dengan mesin 125 cc, Naik ke 155 cc dengan Brand Tricity, bahkan terakhir sempat membuat Niken yang menggunakan Mesin MT09 dan tentunya Tricity 300 yang berbasiskan Pengembangan dari XMAX. Dan kali ini Mereka terlihat sedang mempersiapkan Sosok Derivatif berikutnya dari Skuter roda tiga dengan basis Skuter sport TMAX 560. Basis dan Root dari TMAX bisa dilihat dari jenis Sasis utama yang digunakannya sob dan Juga penggunaan swingarm sebagai kaki kaki belakang . .

Jika di tricity Berbasis mesin 125 cc, 155cc dan 300 cc scooter sampai bahkan Niken, Yamaha menggunakan sistem di mana hadir dua suspensi teleskopik di masing masing dari dua roda depan yang dipasang pada sepasang tautan Pivot paralel yang memungkinkan mereka memiringkan sepeda motor sambil menjaga kedua roda di trotoar. Sistem Ini terbukti efektif tetapi ada ‘harganya’ yakni  berkontribusi pada ujung depan yang berat dan pusat gravitasi yang mengarah ke Bagian depan.

Sepertinya Yamaha melihat Masalah ini dan Untuk sebuah Skuter sport butuh CoG yang lebih balance, Sehingga mereka terlihat sedang melakukan pendekatan sistem baru pada dua roda depan di Skuter roda tiga berbasis TMAX ini. Terlihat di Gambar patent, Yamaha menggunakan Model Double Wishbone yang awalnya dipatenkan oleh perusahaan teknologi Norwegia Brudeli, menghilangkan Suspensi teleskopik dan lebih menggunakan Dual Shock di sana

Namun begitu sebenarnya ini bukan pertama Kali Yamaha Membuat desain Dengan pengunaaan Double Wishbone. Tercatat pada gelaran Tokyo Motorshow 2019 yang lalu, tmcblog melihat dengan mata kepala sendiri di Booth, sosok Kendaraan Listrik Konsep MW-Vision Juga menggunakan Double Wishbone yang mirip dengan apa yang didesain pada gambar patent di atas. So akankah kita lihat 2021 TMAX beroda tiga dengan nama mungkin Tricity 560 hadir ?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

32 COMMENTS

      • Beberapa tahun kebelakang, mereka mamerin mobil konsep nya mereka yg pakai mesin R1 (cmiiw)
        Entah mau dijual apa engga, tp sudah banyak yg ingin pesan

        Knp yah mereka doyan betul bikin kendaraan roda 3 ? Dari metik kecil sampe moge ada versi r3

        Guest
    • Jangan gitu. Tuh Yamaha pernah masok mesin mobil buat kejuaraan dunia loh. Macam subaru, ford, toyota. Yamaha bisa bikin mobil sebenarnya. Karena udah kerjasama sama Toyota jadi Yamaha masih terkesan males2an buat bikin mobil. Oo iya lexus pun pake Mesin Buatan Yamaha yaa. Sampe sekarang.

      Guest
      • Bukanya Yamaha cuma tunning knalpot Lexus LFA biar enak didengar?(secara Yamaha punya pengalaman diindustri alat musik) mesin tetep Toyota

        Guest
        • Coba tonton di channel mototrend, pas bagian bahas mesin, voice overnya ngomong gitu “the engine handbuilt by yahama, the company that co develop Atoyot 2000GT”.

          Bahkan mesin performacenya Atoyot kebanyakan head nya di buat sama Yahama.
          Salah satu yg famous
          4AGE silvertop 5 valve

          Guest
    • Busyet baru bisa bikin mobil setengah jadi aja udah bikin ge er FbY. Noh liat Handoko sudah ikut balap F1 dan mesinnya udah juara berkali2. Kalau soal mobil massal, Handoko pabrikan 5 besar dunia. Yahama,..ah sudahlah. Mending urusin suling aja, biar bisa juara dunia.

      Guest
    • Saya bukan fansboy ya, pernah baca katanya toyota tuh saudara yamaha. Jadi gak usah lah jelek”in merk lagian cma pembeli doang. Yamaha jg buat alat musik yg harganya mirip motor , jetski dan mesin boat banyakan merk yamaha.

      Guest
    • Gak update koen. Yamaha dulu pernah bikin mobil konsep tapi gak jadi di produksi masal. Sampe sekarang pun kerja sama dengan toyota untuk di brand lexus. Makanya nyales pinteran dikit, jgn bisanya cuman menjelek – jelekan aja

      Guest
      • Yg buat mobil konsep bejibun pabriknya..

        Yg buat mobil beneran dari puluhan tahun lalu cuma 2 brand jepun..

        H dan S…

        Dah, diem aja lu klo ga tau..atau sok tau

        Guest
        • Justru koen tak kasi info cong. Aku guduk sok tau, tapi eroh soale delok channel tv luar negeri cong

          Guest
    • Dasarrr behaa..!! Taunya merk doang tp ga mau tau kualitas.. Buka mata dan telinga..!! Jangan buta merk.. Bego tp sok pinter..!! Behaaa..!! Kalian tuh cocoknya jgn disini tp di iwb tuh.. Kelompok kalian yg kaya kumpulan cacing ngumpul disana..!! Disini jgn kalian kotori..

      Guest
  1. Busyet baru bisa bikin mobil setengah jadi aja udah bikin ge er FbY. Noh liat Handoko sudah ikut balap F1 dan mesinnya udah juara berkali2. Kalau soal mobil massal, Handoko pabrikan 5 besar dunia. Yahama,..ah sudahlah. Mending urusin suling aja, biar bisa juara dunia.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.