TMCBLOG.com – Tamiya baru saja merilis model miniatur (Plastic Model/plamo) dengan skala 1:12 untuk Honda CBR1000RR-R Fireblade SP. Dan menurut TMCBlog detailnya bener-bener nggak ada obat. Sobat bisa lihat di gambah bawah deh dimana garpu depan (front fork suspension) bagian luar dan tangki penampung terbuat dari aluminium anodized emas, bagian dalam garpu kuningan dilapisi dengan emas, bagian atas garpu terdiri dari 3 bagian aluminium warna dari silver, anodized emas, dan anodized biru. Pegas monoshock belakang dicat kuning, segel debu aluminium anodized hitam, dasar garpu terbuat dari bahan resin dan disiapkan pula dasar untuk kabel kontrol elektronik.

Setelah dipasang, detail luar juga tak kalah memikat dengan kaliper Brembo dengan selang cairan rem yang mirip real, sepasang cakram depan, grid sensor kecepatan dan tentunya sobat bisa intip detail dari sepasang radiator pendingin yang wihhh top class.

Walaupun kalau sudah jadi akan tertutup oleh fairing, Tamiya juga berusaha membuat sangat mendetail bagian mesin inline 4 dari model Miniatur Fireblade triple R ini. Sebagai pilihan para modeller jika ada yang ingin memajangnya dalam keadaan ‘setengah telanjang’ ala diorama paddock atau bengkel.

Detail saat mesin dipasang di sasis ditambah posisi penempatan box filter udara, reservoar cairan air radiator coolant, kiprok, top bridge dengan front fork cap dengan detail adjuster elektronik benar benar memikat mata memandang.

Tamiya mendesain plastic model 1:12 ini sehingga fairing samping dan bawah bisa dengan mudah dilepas pasang. Dari foto di bawah sobat bisa lihat bagaimana selang selang pendingin cairan dan pendingin oli terpasang dengan sangat detail.

Panelmeternya pun disiapkan dengan tiga model gambaran dashboard dengan stiker tipe water decal. Kaca spion, panel panel saklar sampai master rem juga sangat mendetail disiapkan.

Detail striker/livery disiapkan lengkap dengan ukuran yang sangat proporsional. Menarik dan membutuhkan kejelian serta ketelatenan dan juga teknik serta jam terbang yang lumayan tinggi dalam membangun plastic model ini.

 

Yap Gambar di atas adalah cover tangki dan cover box filter udara yang dicetak benar benar detail lekukan lekukannya. Namun memang gambar di atas juga sudah menjelaskan bahwa scale model ini berbahan plastik dan dijual dalam keadaan pre-assembled, jadi butuh tools dan cat modelling seperti cat lacquer, enamel ataupun cat acrylic untuk mengecat seluruh parts tersebut (kecuali karet ban yah). Dan Selain soal harga model yang lumayan tinggi, fakta ini lah yang biasanya membuat beberapa penggemar dan kolektor miniatur jadi mundur teratur. Nggak sanggup ngebangunnya πŸ˜€ . Tapi buatΒ die harder plastic model atau scale model sih ini sangatΒ Worth To Buy bro. Atau buat yang kepingin banget tapi gak bisa merakitnya, bisa berdoa dan berharap Tamiya akan mengeluarkan seri Masterwork Collection yang dijual dalam keadaan full assembly, soalnya plamo keluaran Tamiya itu memang selalu punya detail yang nggak ada obatnya!

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

26 COMMENTS

  1. koreksi dikit wak haji, kayanya lebih banyak orang bilang Plamo (プラヒ, puramo) deh dibanding plasmo. apalagi kalo mengacu sama plastic modeling jepang cmiw

    Guest
  2. Ngecatnya itu yg ribet selain karena alatnya gak semua orang punya,tapi jg harus punya keahlian

    Oiya,ga bikin metal frame jg kayak Gundam?(harganya makin bikin nangis πŸ˜‚πŸ˜‚)

    Guest
    • “Gambar hanya ilustrasi” “gambar model prototipe” “saran penyajian”

      biasa produsen plamo kaya micin, di situs official sm kemasany ada label mcm gitu. Pas unboxing flat polos-los, kecuali model prebuilt/limited editon

      Guest
  3. akhirnya karena artikel ini saya bner2 liat review plamo ini, dan ternyata . . . .

    gambar kedua yang nunjukin fork set yang detail itu, dijual terpisah . . . . sudah kuduga.

    Guest
  4. Mumpung bahas plamo boleh request review Lego Technic Ducati Panigale V4 R juga ? Walaupun tamlilan nggak sedetail plamo tamiya series sih tapi detail dari sisi “teknik” nya lumayan menarik buat dibahas

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.