TMCBLOG.com – Sambut Euro5 Suzuki 650 VTwin Mungkin akan dipensiunkan. Jangan salfok dan ter-decoy oleh sasis yang terlihat aneh pada Gambar patent di atas, Fokuslah pada paten mesin kembar paralel Suzuki di atas lengkap dengan katalisnya. Berlakunya peraturan emisi Euro5 yang ketat mungkin akan menyebabkan para teknisi Suzuki menghentikan dapur pacu populer yang dicirikan oleh dua silinder yang diatur dalam konfigurasi V dan berkubiaksi 650cc setelah 20 tahun mengabdi.

Kebijakan akan mengarah pada hipotesis bahwa, Ke depan Suzuki V-Strom 650 dan SV 650 akan menggunakan mesin dua silinder kembar yang secara umum memang punya hubungan erat dengan Paten Mesin Sebelumnya yang dinamakan Konsep Suzuki Recursion.

Dan Jika Hipotesis ini akurat, maka pabrikan asal Hamamatsu jepang ini ke depan akan akan menyesuaikan diri dengan pesaing Jepang lainnya yang sudah sama sama mengguankan mesin Inline twin: Yamaha dengan seri 700cc (MT-07, Tenere dan Tracer), Kawasaki dengan 650 (Versys dan Ninja). Dan Honda dengan 500 seriesnya walaupun di masa lalu Honda juga mengikuti jalan yang sama dengan meninggalkan V-twin dari Transalp (600cc-700cc) untuk menggantikan ‘paralel’ 700cc yang tumbuh selama bertahun-tahun menjadi 750cc pada NC series.

Perpindahan platform mesin ini tentu ada alasannya.  Sinyalemen Alasan pertama adlaah soal pilihan arsitektur in-line twin lebih bersifat ekonomis dibandingkan V Twin. Pengaturan mesin berbentuk V lebih kompleks dari sudut pandang desain dan teknis .Alasan kedua adalah Mesin V-twin dirasa membatasi desainer dalam melakukan diversifikasi produk. FYI saat ini dipercaya arsitektur in-line lebih sesuai dengan persyaratan skala modern di mana satu mesin harus dapat memenuhi berbagai jenis sepeda motor, dari Enduro, NakedBike, sampai Race Replika.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

53 COMMENTS

    • Ya bener banget dan sering juara pula. Tapi alasan berpindah dari konfigurasi V ke inline logis juga. Mungkin banyak yang kecewa dengan keputusan Suzuki.

      Guest
    • wah.. ane jadi kangen nonton motoamerica lagi euy wkwkwk
      terakhir ane inget yabng juara twins cup si Orang canada Alex Dumas
      sekarang ane udah gk ngikutin penasaran siapa yang lead ya
      wkwkwkwkwk

      Guest
    • Yamaha masih pakai V4 (2tak) dan V8 (4tak) dimesin Kapal nya… Beberapa motor yamaha JDM dan asia dan america juga masih bnyak yang pakai mesin V

      Guest
  1. Sgt disayangkan,padahal kalo dibikin Suzuki intruder dgn FO 270° dan desain yg menarik kayaknya masih bs survive tuh mesin V-Twin,makanin kue Rebel 500

    Guest
  2. Hanya pabrikan eropa yg msih merdeka dgn prinsip arsitekture engine…bkin motor ya udah bkin aja,ga usah mkir kudu gni ,entar gitu…

    Guest
      • Bisa dibilang bisa iya bisa dibilang enggak
        Soalnya kebanyakan udah pada meminimalisir konfigurasi mesin
        Contoh nih dlu Honda paling gila dalam hal mesin dari 6 silinder sampe mesin V8 rasa V4

        Sekarang makin sempit kalo gak V Twin, V4, I4, 3 Silinder, Paralel Twin, 1 Silinder
        Cmiiw

        Coba mesin Rotary motor bisa bangkit lagi
        Waaaahhhhhhhh

        Guest
        • Lu cuma liat di penjualan indonesia doang ya?

          Toh penjualan kawasaki di global masih kalah sama Honda-Yamaha dan mereka bikin mesin yg bisa di pake rame2 sama genre yg beda.

          Pride pabrikan jepang segede apa sih?? Cuma org indo aja yg udh ke brainwash liat motor fairing apapun merknya di sebut “Ninja”

          Padahal di luar mah biasa aja, gak lebih dari S, Y, H

          Guest
    • Sekarang konsep jualan motor udah sama dengan mobil, Satu PLatform untuk semua, jadi gk heran kita bisa liat mesin/ rangka persis untuk segmen kelas yang berbeda.. penyebabnya sih balik lagi soal penghematan ongkos produksi

      Guest
  3. FYI saat ini dipercaya arsitektur in-line lebih sesuai dengan persyaratan skala modern di mana satu mesin harus dapat memenuhi berbagai jenis sepeda motor, dari Enduro, NakedBike, sampai Race Replika.

    ~~~
    Yg penting yaqueen mah sebenarnya jenis mesin apa aja bs dipake salome,lihat Ducati dgn mesin v4 nya mulai dr fairing, steetfighter, multistrada, monster,kucing atas pokok, kerbau masuk parit, kuda terlepas, ular dalam rumah, semua kami V4 kan.

    Guest
    • Karena lelaki udah punya “i” bermesin tegak dr lahir,jadi udh insting akan lebih cenderung memilih “V” 😂

      Guest
  4. wah suzuki niat bikin apalagi ini? hehe ~
    oh iya, denger denger juga Yamaha R6 siap siap di discontinue ya. Ada kemungkinan Kelas Super Sport yang selama ini kita tahu akan punah beberapa tahun yang akan datang, beneran gk sih?

    pasalnya sekarang banyak pabrikan yang lebih intens ngisi motor dengan kubikasi 500-700 dengan twin silinder, apa mungkin kah kelas Super Sports nantinya akan digantikan dengan kategori ini ?

    Guest
    • Mungkin,bakal jadi supertwin atau twin cup di noth west dan motoamerica, pembuat sasis dan bodywork jg bs unjuk gigi dikelas internasional nantinya,bukan cuma di lingkup Moto2 doang

      Guest
      • Mungkin karena Aprilia udah mencium bau bau kejuaraan bakal berjalan seperti itu jadila mereka bikin RS660 yaitu mesin RSV4 dipangkas 2 silinder belakangnya 😂🤣

        Guest
    • Memang kenyataannya begitu, penjualan 4 silinder cuma bagus di kelas superbike. Supersport udah sepi di kelas itu, mending naik kelas paling tinggi sekalian kalo 4 silinder. 2-3 silinder 500-800cc rame karena torsinya mungkin?

      Guest
  5. apakah jg berdampak ke V-strom 1050 XT versi 2020 kedepannya wak?
    secara, motor adventure suzuki khas dgn mesin berkonfigurasi V nya.

    dan juga penamaan produk kedepannya SV & V strom jika bermesin inline ganti jadi SI & I strom wkwk

    Guest
  6. Benar regulasi pembatasan emisi adalah alasan utama dihentikannya pengembangan mesin V, kalo dipaksakan performanya akan turun.
    Kedepannya mesin V oleh pabrikan pengembangannya dijadikan motor touring ketimbang motor performa.

    Guest
  7. Mungkin dia pikir V2 cuma cocok buat touring karena baru pernah liat Harley secara langsung. ‘Oh mesinnya twin, berarti memang mesin twin cocoknya buat touring’ sesederhana itu logikanya.

    Guest
  8. Suzuki V2 650 ini kalo ga salah join sama Hyosung produksinya. Btw medio 2008-2009 orang Inggris ngira calon spek moto2 nanti (2010) adalah mesin 2 silinder 4 tak yg dipasang di rangka gp250, kemudian mulai pada tebak2 buah manggis bakal seperti apa performa calon moto2 ini dgn ngeliay performa supertwin di TT, ya memang sih secara performa memang mirip gp250 versi standar yg 90dk. Cuma sayangnya alias kenyataannya di 2010 Dorna malah jadiin moto2 supersport versi rangka custom.

    Guest
  9. Apa jangan2 nanti Suzuki kesambet bikin inline-2 crossplane kelas 250-650cc?…Eh
    Bisa lah secuil hasil riset MotoGP turun ke jalan raya.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.