TMCBLOG.com – Buat pelaku Motor Motor Klasik Tentu Kenal dengan Nama MEGURO dan beberapa Motor pun sempat masih dapat ditemui di Indonesia. Dan kejutannya adalah tahun 2020 ini Kawasaki secara resmi mebangunkan Kembali Brand Meguro dari Tidur panjangnya sob Via Varian Kawasaki Meguro K3

Meguro K3 yang ini berbagi banyak komponen dan part dasar dengan model Kawasaki saat ini yakni Kawasaki “W800”. Dan Jika ditilik lebih lanjut Sebenarnya W800 dan Seri W kawasaki pada umumnya  merupakan model yang memiliki keterkaitan yang dalam dengan merek Meguro. Seri W tradisional Kawasaki Asalnya dari Meguro. Akarnya adalah “Kawasaki 500 Meguro K2” yang dirilis pada tahun 1965.

Seperti Juga W800, Meguro K3 menggunakan mesin Tipe mesin: 4-langkah SOHC 4-katup paralel 2-silinder berpendingin udara. Di Motor ini Kita bisa melihat Lambang tiga dimensi dengan tulisan “MEGURO” hadir gagah di tangki bahan bakar, dan huruf merah “Meguro” di tutup aki dan filter udara samping kanan dan kiri.

Fitur utama pembeda Meguro K3 ini dengan W800 adalah handlebarnya yang telah diubah ke tipe yang lebih lebar. Lebar keseluruhan handlebar K3 ini menjadi 925 mm, sedangkan W800 adalah 790 mm. Tangki bahan bakar twotone dicat dengan detail warna Silver yang juga digunakan untuk H2 dan H2R. Tutup bahan bakar dari Motor yang baru akan bisa dibeli publik Mulai Februari 2021 ini dilapisi krom.

Dinamai berdasarkan sebuah distrik di Tokyo, Meguro berakar pada Murato Iron Works, yang didirikan pada tahun 1924.  Sepeda motor Meguro dibangun oleh pabrik sepeda motor Meguro Manufacturing Co yang didirikan oleh Hobuji Murato dan seorang perwira angkatan laut Jepang, Takaji Suzuki, pada tahun 1937. Meguro adalah Salah satu perusahaan sepeda motor Jepang pertama yang akhirnnya menjadi mitra Kawasaki Heavy Industries Ltd yang awalnya bernama Kawasaki Aircraft Industry pada tahun 1960. Setelah itu diserap oleh Industri Pesawat Udara Kawasaki pada tahun 1964.

Sepeda motor Meguro pernah menjadi merek prestise, memasok sepeda motor untuk dipakai militer dan Polisi pemerintah Jepang. salah satu Model produk Meguro yang terkenal adalah Meguro Z97 yang diperkenalkan pada tahun 1937 sebagai salah satu dari 240 Landmark Teknologi Otomotif Jepang.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

19 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.