TMCBLOG.com – Ban Dual Purpose kini kian dikenal oleh para pengguna sepeda motor harian. Mungkin ini disebabkan karena semakin mudahnya memperoleh ragam jenis ban sepeda motor saat ini dibandingkan dahulu sehingga banyak punya yang menggunakan ban jenis dual purpose untuk pemakaian harian. Nah via artikel ini TMCBlog melalui sumber dari salah satu produsesn ban yakni FDR, mau bawa sobat sekalian mengerti keuntungan dan juga kerugian memakai ban dual purpose untuk motor harian.

Jika sehari-hari sobat sekalian sering lewat jalan 50% aspal dan 50% jalan tanah berbatu sebaiknya ganti pakai ban dual purpose. “Keunggulan ban dual purpose, seperti namanya bisa dipakai di off-road ataupun on-road. Bagi pengendara yang sehari-harinya melewati kombinasi jenis permukaan jalan tersebut cocok pakai tersebut,” ucap Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Department Head PT Suryaraya Rubberindo Industries selaku produsen ban FDR.

Berbeda dengan ban off road yang kembangannya kotak-kotak dengan grooving kembangan yang besar, ban dual purpose punya kembangan cukup lebar untuk kerikil, tanah dan lumpur bisa masuk ke celah kembangan dan juga punya kontak area yang cukup luas sehingga tetap nyaman dikendarai di jalan aspal. Salah satu contohnya adalah FDR Cossa Pro, Dozer, Spartax atau Maxtreme yang etrsedia untuk ukuran rim 14 dan 17 inchi.

Ruginya hanya di ??

Sebenarnya tidak dapat dikatakan ada rugi juga, tapi lebih tepatnya kita tidak akan mendapatkan performa maksimal ban tersebut pada jalur on road. Tidak ada yang salah saat kita pilih ban karena merasa model kembangan ban dual purpose bakal bikin tampilan motor jadi lebih keren atau lebih gagah. Namun, perlu diingat bahwa performa grip ban tersebut di jalanan aspal tidak akan sama seperti ban yang memang khusus untuk jalan aspal alias ban on road..

Meski aman digunakan di jalan aspal, grooving kembangan ban dual purpose yang lebih lebar membuat ban tersebut jadi kurang mencengkeram di aspal jika dibandingkan dengan yang murni untuk jalanan. Pada ban on road ada lebih banyak tapak ban yang kontak ke aspal sehingga ban lebih mencengkeram permukaan jalan. “Jadi mesti diingat-ingat ketika melewati tikungan saat pakai ban dual purpose, sudah tidak bisa lagi ekstrim miring-miring seperti saat pakai ban on road,” kata Jimmy.

Based in FDR Info

13 COMMENTS

  1. “jack oll af trades” , mungkin bs lakuin tugas ban on road & off road tp gamungkin bs menyamai ability masing masing kedua ban tersebut secara penuh

    Guest
  2. Buat rider biker estetis pengurangan performa akibat dari profil permukaan ban tidak ada artinya. Ora ngeffect kata orang sini. Bisa dikompensasi dengan suara knalpot yang mumpuni, enhancing the machoness instead.

    Guest
  3. Tampilan luar yang bisa langsung dilihat, didengar maupun diraba yang menambah nilai citra itu lebih berarti, lebih dicari dan lebih dipilih ketimbang performa

    Guest
  4. untuk on road ya on road aja, untuk off road ya off road aja

    gak ada enaknya kalau stengah2, serba salah iya

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.