TMCBLOG.com – Tidak hanya ban mobil, ban motor juga tersedia dalam konstruksi radial. Nah, apa saja perbedaan ban bias dengan ban radial?
Ban motor radial dari segi konstruksinya beda jika dibanding ban bias. Ban tipe bias, dibuat dari lembar nylon cord yang dianyam atau dijalin dengan metode selang-seling atau zig-zag berbentuk sudut 40-65 derajat terhadap keliling lingkaran ban.

Sementara untuk konstruksi ban radial seperti contohnya di FDR Blaze RS dan Blaze RX lapisannya menggunakan serat baja. Serat-serat baja itu, disusun berbentuk menyilang pada lingkaran ban. “Dari segi kenyaman juga patut diacungi jempol. Karena anyaman kawat baja ini lebih lentur, terutama saat ban melintas di jalan-jalan yang sangat bervariatif,” kata Jimmy Handoyo, FDR Technical Service & Development Dept Head Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) produsen ban FDR.

Dari tampilannya, untuk tipe bias cenderung lebih tebal pada bagian tapak bannya. Ban bias punya kemampuan menahan bobot lebih berat yang sangat baik. Ban radial lebih tipis sehingga lebih ringan dari ban bias. Namun, karena dari material konstruksinya, ban radial punya kekuatan yang lebih baik,” kata Jimmy.

FDR Blaze – radial

Ban tipe bias paling gampang ditemukan di toko-toko ban motor atau di bengkel, karena ban tipe ini adalah ban standar yang digunakan pada motor. Sedangkan untuk mengenali ban radial cukup mudah karena pada bagian dinding akan tertera tulisan ‘R’ atau radial.

Umumnya ban radial dipakai untuk motor tipe sport atau motor berkapasitas mesin besar. Umumnya ban radial seperti di brand FDR biasannya sudah menggunakan kompon intermediate untuk daya cengkeram yang lebih maksimal.

Based on FDR Info

30 COMMENTS

  1. Aq pake swallow x-worm 160/60-17 radial kalo high speed trus rem dadakan kok sering slide ya, apalagi kalo hujan ,buat nikung trus gas pasti langsung geol2 licin padahal digas alus, ganti Ke Corsa Platinum meski ban Bias kok malah ngegrib parah hujan maupun kering

    Guest
    • Kalo itu sih lebih pengaruh kompon karet bannya, artinya corsa platinum kompon karetnya lebih ngegrip dibanding swallow x-worm meskipun konstruksinya radial.

      Dulu sekitar 2007-2008an pernah pake x-worm tapi kayaknya yg bias deh, emang licin, ternyata gak berubah ya

      Guest
  2. “Ban bias punya kemampuan menahan bobot lebih berat yang sangat baik .” -Ban Bias

    “Ban radial lebih tipis sehingga lebih ringan dari ban bias. Namun, karena dari material konstruksinya, ban radial punya kekuatan yang lebih baik ” -Ban Radial

    jadi apa bedanya ??

    Guest
  3. saya malah jadi agak bias dengan pengertian kedua ban ini

    disebutkan ban bias itu bisa menahan bobot lebih baik, tapi ban radial punya kekuatan lebih baik.. agak bingung saya disini.. kuat disini dalam artian apa ya wak???..

    kemudian klo ban bias itu kuat menahan bobot berat kenapa justru tidak dipakai di motor gede yg notabenenya punya bobot berat

    dan motogp pakai tipe ban yg mana???😁

    Guest
    • bias = kuat nahan beban, lebih kaku, pada speed tinggi deformasi lingkar roda lebih besar.

      kelebihan radial itu ringan, lebih flexible, pada saat high speed deformasi lingkaran lebih kecil. motoGP ga disebut sih, tapi saya yakin 300% pakai radial (kecuali mereka punya konstruksi baru yang belum di publish/release)

      ini bahasa marketing emang bikin bingung, apalagi dia sebut kompon intermediate.. intermediate apa nih? ban balap yang hard aja masih lebih soft dari ban harian kan?

      Guest
      • Intermediate itu bukannya yg sedikit ada kembangannya itu ya?

        Slick gundul, intermediate sedikit ada kembangannya,wet yg kembangannya banyak

        Guest
        • iya klo logikanya gitu jadi aneh.
          itu pengaruh dari faktor arah anyaman ketika dapet gaya sentrifugal.
          klo ban jadi lonjong kayak telor klo putaran tinggi, dan kalau tipe bias itu deformasinya lebih besar dari radial (apalagi tipe nzg). jenis² deformasi juga banyak, jadi mending googling aja “tire fling” atau “diameter growth of tire”, atau baca “Motorcycle Handling and Chassis Design” karya Tony Foale.

          Guest
    • Tube = lapisan/ban dalem
      Less = ngga pake
      Tubeless = gapake ban dalem
      Tube type = memerlukan lapisan/ban dalem
      Radial/bias itu konstruksi bannya bukan butuh ban dalem/ngga nya

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.