TMCBLOG.com – Informasi resmi dari HRC mengatakan bahwa Marc Marquez telah menjalani operasi baru pada lengan kanannya sebagai akibat dari penyembuhan tulang humerus yang lambat dan tidak kunjung membaik saat dilakukan perawatan menggunakan gelombang kejut khusus.

3 Desember 2020 Marc Marquez telah menjalani operasi di Rumah Sakit Ruber Internacional, di Madrid, untuk menangani pseudarthrosis pada humerus kanannya. Pseudarthrosis atau nonunion adalah penyakit yang terjadi ketika patah tulang gagal sembuh ( menyambung) kecuali jika dilakukan intervensi (pembedahan kembali).

Yang diperoleh Marc dari peroses recovery selama ini hanyalah sebuah Pseudarthrosis  yang secara struktural hanyalah menyerupai sendi fibrosa, atau yang biasa disebut “sendi palsu”  Ini lebih sering terjadi pada orang dewasa dan biasanya terjadi setelah trauma atau operasi.

Operasi ketiga dilakukan oleh tim yang terdiri dari dokter Samuel Antuña, Ignacio Roger de Oña, Juan de Miguel, Aitor Ibarzabal dan Andrea Garcia Villanueva. Prosesnya sendiri terdiri dari pengangkatan plat sebelumnya dan penempatan plat baru dengan penambahan cangkok sebagian dari tulang Iliac Crest dengan metoda corticoperiosteal free flap.

HRC Menginformasikan bahwa Prosedur pembedahan Marc Marquez berlangsung selama delapan jam dan berlangsung lancar. Jadi pada dasarnya selain diberi plat baru, ada ditambahkan Grafting ( ditempel/ dicangkok ) pada humerusnya menggunakan sebagian tulang Iliac Crest yang berasal dari tulang Panggul (Pelvic) Marc Marquez sendiri

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

70 COMMENTS

    • Numpang tanya ya wak haji.Jika keterangannya bsik dari HRC maupun pihak Marquez butuh waktu pemulihan 6 bln.Berarti pas saat MotoGP sudah jalan digantikan lagi sama Bradl kaya musim ini sampai Marquez bisa turun lagi?

  1. Samuel Antuña, Ignacio Roger de Oña, Juan de Miguel, Aitor Ibarzabal…
    ah elah, gue panggilin Doctor Strange juga ini.

  2. Sebegini besar pengorbanan pembalap motogp biar bisa balik membalap.
    Trus netijen dengan entengnya nyukur2in sampe bahkan nyumpahin pembalap biar jatoh.
    Mudah2an ga ada lagi komen2 yang kaya gitu.
    Godspeed recovery champ ??

  3. Gila ini orang satu, saking kompetitifnya sampe edan begini… Emang kalo orang berbakat khusus ada aja ya nerf nya, dari yang hampir buta, sampe harus potong tulang sana sini biar tulang yang lain recovery. Speed recovery buat marc dan semoga gak cidera lagi aamin, terlalu sad liat pembalap bener-bener ngorbanin segalanya euy.

  4. Yg mbedah pasti Doctor Strange ?
    malang sekali, ternyata lbh buruk dr Rossi
    thn 2010,
    mungkin awal susah juara dunia kyk Rossi jg ?

    • Kayanya gt,ganti era mgkn,secara skill oke tp ga menghasilkan dollar bagi dorna,ga ky mbah oci,skill sdh jauh tp menghasilkan dollar bagi dorna

  5. Setiap taun ratusan bahkan ribuan pembalap gagal jurdun.. ya jelaslah hanya satu orang disetiap jenis balapan yg akan jurdun emang semuanya mau jurdun sekaligus.. wkwkw logika koplak

  6. Wah metode operasinya seperti sy wak, waktu itu sy remuk tulang paha, jadi cangkok tulang dari fibula sy dipotong sekitar 10 cm dan ditambahkan jg beberapa potongan dari tulang pinggul itu, butuh waktu 1 thn baru bisa nyambung itu tulang paha sy wak hehehe…

  7. Wak haji apakah patah tulang seperti itu bisa kembali sembuh “normal” seperti semula,,?

    Atau akan ada semacam “ngilu kambuhan”,,?

  8. Setelah marc absen di 2020.. kelihatan banget marc itu ada di liga yg berbeda dengan pembalap lain. Terlalu alien.. skillnya bener2 sangar..

  9. Belum ada ya ilmu kedokteran yg bisa membuat tubuh menerima jaringan tulang,otot,kulit dr pendonor lain

    Ngeri anjim bacanya,harus menyakiti bagian tubuh yg lain buat yg lain,udah mah pasca operasi sakit eh dikali 2 lagi

  10. mudah2an elo ga berakibat buruk yak komen begini, akibat kedengkian dengan orang lain yg terkena musibah. jangan sampe komen gue jd kenyataan

  11. Wak brtanya jika nanti comebacknya marc di lintasan diperbolehkan pake protector khusus bagian lengan kanannya yg ada di dlm wearpack balapnya. .dan apakah hal tsb msti di homologasi dlu. .trims wak.

  12. Si mentega itu masih gaada kapoknya ya. Dan lucunya walau dia mau ganti nick beribu kali pun ya masih kecium bau khas anyirnya.

    Tipikal coward.

  13. Gua kasihan lihat si Marc,,kyk di paksakan buat comeback gitu,,pasti perasaan keluarganya sedih lihat Marc yg bolak balik operasi demi mengejar ambisi Honda…hhhmmmm

  14. Semoga cepat sembuh Marc.

    Pantes aja Lorenzo dibilang Yamaha badannya terlalu berat buat jadi patokan test motor karna di photo ini aja Marc badannya tanpa lemak tapi berotot bukan kurus.

    Btw apa kabar Aprilia ya? Siapa yg gantikan Iannone, kayaknya media ga begitu suka memberitakan Aprilia.

  15. coba kenalin marq ke pengobatan alternatif indo..
    patah hari ni besok udh bsa race wkwkwk..
    biar dokter eropa bingung klo sbenrnya indo itu lbh canggih dri yg ada wkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here