TMCBLOG.com – Bisakah Team Factory MotoGP 2021 pakai desain Mesin 2019 ? Pertanyaan ini banyak Muncul dari netizen ketika Secara fakta Terlihat bahwa Mesin Yamaha M1 2019 pada kenyataannya lebih memiliki potensi dan konsistensi dibandingkan Mesin 2020 yang terlihat masih ‘labil’. Secara umum di 2020 kemarin Cuma Franco Morbidelli yang akan menggunakan Mesin 2019 dan Posisi ini akan diteruskan di Musim 2021 nanti . .

Jadi Secara umum Untuk Pabrikan Non – Konsesi seperti Yamaha dan Pabrikan Non Konsesi lain seperti Honda, Ducati, serta Suzuki ( KTM terhitung ‘ baru non konsesi’ ) di musim 2021 nanti Spek Motornya hanya diperbolehkan sama dengan spek Motor yang digunakan/ dihomologasikan di Musim 2020. Ini artinya Di 2021 nanti Yamaha memang hanya diperbolehkan menggunakan Mesin 2020 dan 2019.

Dalam buku regulasi pasal 2.4.3.1 Engine Description, tercatat bahwa setiap musimnya Pabrikan yang memiliki Team factory dan Maksimal 2 team satelit bisa mendaftarkan homologasi 3 Jenis / 3 spek Mesin. Secara umum Regulasi tidak peduli Itu mesin desain tahun berapa, Pokoknya yang penting 3 Spek dengan spek yang tetap mengikuti koridor regulasi teknis.

Di List Dorna sendiri Nggak ada yang namanya Mesin spek 2020, atau Mesin spek 2019 atau mesin spek 2018 . . yang ada Mesin spek 1, mesin Spek 2 dan mesin Spek 3 . . . pebrikan Boleh menentukan mesin apa saja yang dipakai kedua Pembalap team factorynya terserah mesin 1, mesin 2 atau Mesin 3 . . Dorna pokoknya tidak terlalu peduli itu Mesin desain tahun berapa yang penting sudah dihomologasi.

Hanya memang Khusus Team Factory, kedua Pembalapnya wajib Menggunakan satu spek mesin yang sama. Sementara Untuk team Satelit diperbolehkan kedua pembalapnya menggunakan spek mesin yang berbeda. Jadi Jika Yamaha Ingin Quartararo dan Vinales di musim MotoGP 2021 pakai mesin M1 desain 2019 maka Keduanya diharuskan kompak sama sama menggunakan mesin 2019 . .

Jadi Secara umum, Jawaban untuk pertanyaan  Bisakah Team Factory MotoGP 2021 pakai Desain Mesin 2019 ? Jawabannya sepanjang tmcblog mempelajari regulasi adalah Bisa bisa saja tergantung Policy dari Pabrikannya sendiri.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

57 COMMENTS

    • Ya mesin 2004 dong,itu mesin masih kental dgn sentuhan furusawa plus bocoran burgess
      Pasti Rossi langsung bisa main main dgn lawannya kayak dulu ??

      • mesin Yams jadul dan mesin Yams saat ini basicnya sami mawon, inline CP. Hanya saja sentuhan elektronik jaman now (apalagi yg software nya diserupakan) bikin runyam bagian firing order nya tsb. Respon tonjokan torsi yang melimpah justru diterjemahin menjadi spinning ban. Itu yg jadi masalah Rossi ‘akhir-akhir ini’.

        Ditambah lagi team pabrikan Yams akhir-akhir ini mendiskreditkan skill Ramon Forcada & Hohe. Ramon pindah ke petromax, Hohe di cut.

        Wassalam deh.

  1. Ada pasal yang mengharuskan tim factory kudu pake satu spec buat semua ridernya ternyata, kecuali tim satelit yang boleh pake kombinasi spec A dan spec factory…
    Owh begono, baru ngeh, xixixi

    • Tidak melanggar kalo yg pake cuma satelitnya.. klo yg pake factorynya ttep melanggar karena 2 pembalap team factory dari awal musim harus pake mesin dg spek yg sama.

    • tetap melanggar, karena Yang digunakan selama satu musim penuh hanya 1 spek dan Nggak bisa 2 spek kelp A dan Klep B . . atau ini hanya pertanyaan iseng saja yah ? hehe

    • Ko saya bingung wak jadinya, kalo team setelit ada 2 spek yg berbeda ga salah kan wak? Cuma dri awal harus pake mesin yg udah dihomologasi dan di saat musim berjalan ga bisa ganti mesin ke spek (contohnya) dri A ke B.

  2. Pasti bakal ada perbaikan di tes pra musim untuk kedua spek mesin, lalu dievaluasi mesin mana yg lebih berpotensi juara

  3. kalo dua orang itu gagal lagi kira2 apa yg mau di salahkan lagi oleh Vinales v 1.0 dan Vinales v 2.0 ya ??
    kalo Mbah ?? ah kalo itu mah doi paling tahun depan cuman ikut sunmori-an doank, bisa konsisten top 10 aja syukur bisa podium Alhamdulillah, kalo ga bisa ya gpp, toh bentar lagi pensiun, gelar jurdun kemungkinan nya hanya 1% doank,

  4. Okelah regulasi membolehkan pemakaian mesin spek 2019,tp apakah yamaha akan menggunakan kesempatan ini buat Quartararo (bagus saat memakai mesin ini) tp akan mengorbankan vinales?

    • Patut dicatat, Vinales selalu mengatakan Mesin apapun buat dia selama di yamaha selalu bermasalah di grip . . jadi ya sebenanya mungkin nothing to lose buat maverick . .alias sami mawon 😀

  5. Rossi : rasanya perbedaan mesin tahun 2020 dengan 2019 sangat sedikit
    Morbi : Saya belum mencobanya (mesin 2020), jadi saya tidak mengetahuinya (perbedaan).
    FYI Morbi memerlukan lebih dari 20seri untuk menang seri GP dengan mesin 2019..
    Kalo YFR mau pakai mesin spek 2019 saya rasa akan tetap sama kesulitan diawal seri.

  6. Hahahaha jadi inget kasusnya zarco ??
    Ini kedua kalinya ada isu yamaha mau pake mesin yg lebih “tua”
    Dulu pas zarco pake motor bekas lorenzo dan bisa merangsek barisan podium, sementara 2 pembalap pabrikan bersusah payah masuk 5 besar. Ada niatan mau pake M1 lama kaya zarco buat 2 pembalap pabrikannya si upin sama ipin.
    Wkwkwk

  7. Sederhananya membutuhkan waktu lama agar engine dan system sepeda motor bisa bagus.
    Spesifikasi 2019 kan banyak data dari seri 2019…

    Mengembangkan power dan speed engine sesuai permintaan tanpa diimbangi system secara utuh di Sepeda Motor hasilnya tidak signifikan..

  8. pengembangan sejak 2016 sampe sekarang bner2 jalan ditempat. ga punya ace rider yg bisa jadi acuan, ridernya ga bisa kasih feedback, ga punya test rider yg bagus, masalah motor yg ga selesai sejak penyeragaman ECU sampe mau pake mesin yg lebih tua.

    klo saya ga boleh bilang ini adalah jalan mundur, saya mau bilang M1 udah mentok atau obsolete.

    • kalo menurut ane inline itu uda mentok,
      seiring perkembangan teknologi rem, downforce, ban

      mesin tipe inline ga akan bisa menggapai apa yang mesin V punya.
      karena apa? gap di tikungan makin tipis karena pengereman bisa jauh lebih dekat daripada jaman dulu.

      nikung lebar dan panjang terhitung jari dilihat dari performa mesin inline yang ga bisa apa2 di banyak tikungan stop and go.
      bahkan uniknya di aragon yang mana tikungan akhir merupakan kekuatan inline bisa bisanya hampir semua inline dibantai V di tikungan.

      ingat. di tikungan bukan di top end setelah straight mau belok

      • kita ga bisa katakan inline itu udah mentok sebagai sebuah konfigurasi, itu hanya karakteristik dari mesin itu sendiri. yg menjadi pembeda antara inline dan V adalah inovasi atau tech yg berada didalamnya dan secanggih apa mesin tersebut sehingga mampu bersaing serta kompetitif. hanya saja suzuki punya sesuatu yg yamaha ga miliki sehingga mampu bersaing dan tampil konsisten performanya.

  9. Mereka aja bingung mau pake test rider siapa. Dari situ aja udah jelas kalau emang manajemennya lebih amburadul drpd Duketek.

  10. Itu klo proses segel mesin apa tidak dcek secara printilan ya Wak?
    Misal dcek bobot/material klep satu satu
    Dcek bobot kruk as satu satu dr ketujuh mesinnya??
    Atau gmn sih caranya biar memastikan ketujuh mesin itu sama plek ketiplek luar dalem

    • ya di cek printilan seharusnya, namun ada dua jenis homologasi terutama saat pendemiini, bahkan ada yang Virtual, namun tettap ada cek fisik kayak di samsat sih, dalam hal ini bongkar mesin

  11. bisalah, cuma problemnya saya rasa sm aja dr awal vina dan magneti mareli masuk yaitu (less grip). perubahan mesin gak mungkin bakal terlalu ekstrem. Dr jaman rossi dan lorenzo test rider semua dr jepang dan transisi test rider jepang ke eropa IMO => gagal.

  12. Ini posisi YFR sekarang lebih mirip Williams ya menurut saya, YFR semenjak ditinggalkan empu nya terus diganti Arima (yg pernah bilang siapa dulu ?)
    Jadi memble. Bahkan masalahnya terus serupa tiap tahunnya

    • gak bisa karena M1 2015 gak ada di List 2020
      Lagi pula M1 2015 itu Buat Bridgestone, pasti ancur ancuran dipakai buat Michelin, bakalan Tambah berantakan.

      ini jelas pertanyaan yang sepertinya ngetest yah 😀

    • Kebantai rival rivalnya dong, H, D, bahkan suzuki skrg sudah lebih cepat drpd mereka di taun 2015 (ssg bahkan masih tahap awal awal buat bbrp pabrikan di tahun ini, masih ada gap performa yg lumayan untuk ssg)

  13. Kebantai rival rivalnya dong, H, D, bahkan suzuki skrg sudah lebih cepat drpd mereka di taun 2015 (ssg bahkan masih tahap awal awal buat bbrp pabrikan di tahun ini, masih ada gap performa yg lumayan untuk ssg)

  14. bagusnya setiap pabrikan turun dengan spek mesin ditahun dimana yg menurut mereka terbaik

    jadi bisa belang belang itu, yamaha bisa jdi pke M1 2015 atau sebelumnya, ducati bisa pke spek dibawah 2019, klo honda bebas mw pakai yg mana kan juara berturut turut?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here