TMCBLOG.com – Alex Marquez di beberapa race MotoGP 2020 sempat menunjukan tajinya. Pengakuan dari Stefan Bradl, Alex Marquez mulai menggunakan setup yang berbeda di Seri Misano 2020. Namun Bukan berarti ia sudah mulai menggunakan setup dan Riding style RC213V seperti Layaknya Marc Marquez . . . Gaya Balap Alex Marquez itu berbeda sob dengan Marc Marquez . . Silahkan Lihat, Gaya Balap Alex Cenderung Aristokrat, Smooth, malah Mirip Gaya Untuk menaklukan Yamaha M1. Dan Ramon Aurin sendiri yang merupakan Crew Chief Alex mengiyakan perbedaan ini

Dalam satu kesempatan Aurin berkata “Alex memiliki gaya mengemudi yang berbeda dengan Marc, dan Honda mencoba beradaptasi sebanyak mungkin. Alex membutuhkan konfigurasi dan beberapa suku cadang yang untungnya bisa diberikan Honda kepadanya. ” Yap Marc Marquez Absen lama, Memang mau Nggak mau HRC harus mengalihkan segala Sumber daya dan Supportnya Ke Pembalap lain Yang punya potensi minimal mendulang point Manufaktur Buat HRC . . . Dan Omongan Ramon Aurin ini memang bisa dibuktikan, Minimal Honda menyuplai beberapa sasis yang berbeda

Gambar di atas diambil di Le Mans dan menunjukkan Frame baru Honda yang dipakai Alex. Ok, langsung saja perhatikan baik-baik rangka RC213V di atas khususnya di sekitar area pivot swingarm.

Perhatikan bagaimana lebar frame tempat poros Pivot lengan ayun berada, permukaan rangka sejajar dari depan ke belakang, tidak meruncing lebih dekat ke arah mesin. Ingatlah ini. Frame pun melengkung ke dalam dan ke bawah saat mencapai bagian perut.  Lihatlah area poros lengan ayun pada gambar berikut ini

Foto di atas Menunjukan Alex Marquez di Seri motoGP Austria 2020 . Kita dapat melihat bagaimana permukaan Frame pada bagian PIVOT Swingarm tidak rata dari depan ke belakang.  ada detail mernajam seperti ‘baji’  meruncing dari tempat titik pemasangan untuk set belakang, ke tempat poros lengan ayun berada.

Selain itu pada Frame yang dipakai di red Bull Ring di atas terlihat ada Lubang tambahan Yang juga sering terlihat di Frame RC213V Sebelum sebelum ini.

Di pertengahan race termasuk di Aragon dan Valencia, terlihat Alex Marquez menggunakan Frame yang berbeda lagi. Lubang di atas kembali Hilang, namun bentuknya tidak lagi se Masif seperti yang ia pakai di Le mans. Honda selalu mencari lebih banyak kelenturan lateral dan tampaknya Frame ini mungkin memberikan hal ini kepada pembalap. Kelenturan lateral membantu sepeda menikung lebih baik.

karena Mesin tidak boleh diutak atik, Aero Juga maka paling tidak salah satu yang bisa dikerjakan Pebrikan sekelas Honda adalah di sektor Frame dan Dari sini terlihat bahwa dengan situasi dimana Ace Rider HRC Marc Marquez absen Sosok Seperti Alex Marquez yang sebenarnya adalaah seorang Rookie Tidak berlama lama diberikan waktu adaptasi atau pengenalan terhadap Mesin. Alex harus gass Pol Riset race Pace berdasarkan karakter dari masing masing Sirkuit dan Honda secara sumber daya bisa mensupport secara cepat hal ini . . salah satunya seperti yang diperlihatkan di atas Yakni mengenai support Frame

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

27 COMMENTS

      • Lorenzo juga digituin kok, tapi cuma sebatas modif tangki, lebar jok sama triple clamp. Karena Marquez masih sering menang input ttg sasis ga dikerjain tahun itu. HRC riset sasis 2020 jg karena mereka ga mau malu Bradl sama Marquez jangkung di belakang mulu. 2019 mah bodo amat selama Marquez bantet sering menang ga akan bikin malu mau pembalap lain sunmori sama Abraham sekalipun.

        Guest
  1. itu berapa lama yah waktunya, sampe di bkin baru lagi, riset lagi, pembuatan hingga pengiriman ke sirkuit…pake jne superkilat, fedex si tom hanks
    sendiri yg ngirim apa fwd…

    Guest
  2. Jadi inget simoncelli, pas naik rcv pertama kali kaya motor mainan karena tinggi badannya diatas pembalap normal. Padahal saat itu statusnya hanya di tim satelit, sama Herce langsung disuruh ke jepang buat fitting rcv biar sesuai sama tinggi badan dia dan dia merasa nyaman.

    Guest
    • Semua pembalap satelit H selalu dapet perlakuan itu, tapi cuma sebatas fitting fairing depan sama jok. Rangka kagak.

      Guest
    • riding position(foot peg, angle handle bar, fairing ) termasuk posisi mounting si foot peg kan jg bs mengubah center of mass/ feel handling nya & fairing yg mengakomodir tinggi gedabang ny simoncelli jg ada efekny ke aerodinamika.

      Guest
  3. kita aja yang ga meratiin kayanya, mungkin aja sebenernya sasis2 itu uda pernah dipake MM, CC dan dipasangkan/ dicoba ke AM mana yang lebih cocok sama dia, yang menarik adalah footstep penempatannya bisa jauh berbeda ya, mungkin sedinamis ini ya motor2 motogp pabrikan.

    kalau non pabrikan mungkin sasis cuma 1 aja dikasinya

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.