TMCBLOG.com – Suzuki telah merilis video teaser baru hari ini (28 Januari). Secara global terlihat pabrikan berlambang huruf S ini bersiap untuk mengungkapkan model baru pertamanya tahun ini, yakni update terbaru motor misterius yang disinyalir kuat merupakan update serba baru dari Suzuki Hayabusa. Terlihat sekelebatan motor berlari di trek dengan lampu besar dan lebar dengan detail DRL kanan dan kiri yang secara bentuk memang mendekati desain unik khas Hayabusa.

Dari gambar kedua mungkin bentuk Hayabusa bisa terlihat lebih dekat. Hadir dengan dual exhaust kanan dan kiri. Desain tebeng fairing depan besar dan posisi ergonomi yang tidak terlalu membungkuk menandakan setang akan kembali berada di atas Yoke yang merupakan ciri-ciri dari Hayabusa kembali.

Desain panelmeter-nya mayoritas menggunakan model dengan bentuk cluster bulat bulat yang lebih ‘retro’. Terlihat jelas redline sentuh 11 ribu Rpm dengan kecepatan di 10 ribu Rpm pada gear 6 sentuh 180 Mph (~290 km/jam). Dengan Rpm tersisa maka diyakini top speed dari Hayabusa 2021 akan bisa tembus lebih dari 290 km/jam.

Dari cluster Dashboardnya ini juga bisa dilihat bahwa ada beberapa strategi elektronik seperti pengaturan Mapping Power (PW), Traction Control (TC), Quick Shifter (QS), LF (ini apaan yah ?) dan bahkan derajat kemiringan pun sepertinya punya indikatornya juga baik miring rebah kanan maupun miring rebah kiri. . . . WOW.

Ada tulisan SDSM pada dashboard yang merupakan kepanjangan dari Suzuki Diagnostic System Mobile. Hmm sepertinya Hayabusa baru akan punya interkonektifitasan ke gawai nih guna memantau kondisi mesin dan elektrikal-nya. Peluncuran resmi produk baru ini baru akan berlangsung langsung pada 5 Februari 2021 pukul 7:00 CET mendatang di platform Suzuki Motorcycle Global Salon yang baru.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

35 COMMENTS

    • Ingin motor touring mengarah ke goldwing tapi bisa lari kayak gsx-r1000. Dulu pernah baca di forum, yang beli hayabusa itu bapak2 yang gak suka superbike modern karena bentuknya makin ramping dan gak cocok sama mereka yang sudah kembung😂

      Guest
    • Dijual speed sama kenyamanannya, belum pernah bawa, tapi kayaknya ridingbmalem pun anget gak kedinginan karna fairing gedenya, apalagi mesin pemasak biji nya wkwk

      Guest
    • g Apple to Apple sih om
      pesaingnya bimota Tessi yg juga pakai mesin h2r (Yo dawg banget sih) 😒

      lebih tepatnya pasarnya beririsan (cmiiw)
      pesaing dekatnya y zx14r yg belum lama discontinue dan pembunuh black bird

      Guest
  1. pembunuh motor idola ane nih (CBR XX aka black bird)
    coba aja ngondah g memenuhi gantlemen agreement (yg jelas2 di langgar pabrikan lain, terutama pabrikan Jepang), ane yakin, kelas ini bakal rame kalau ngondah ikutan, wong sebelum discontinue ada paten next black bird.
    mungkin kl ngondah dh menang di semua disiplin balap (MotoGP, WSBK, EWC, Dakar, F1, dll) pasti ngondah bakal mempertimbangkan untuk meneruskan persaingan di kelas hyperbike, soalnya kalau masih belum menang dan dominan, ane rasa uang RnD nya g bakal keluar buat motor yang aneh-aneh, ditambah dh mw beralih ke EV, makin g mungkin lagi bakal ada next black bird.
    Hats off dh buat uzuzki yg masih gerilya di kelas hyperbike sendirian di antara komrad nya yg pada discontinue produknya saat produk EV mw lahir.

    Guest
    • Zaman sekarang kompetitornya si busa siapa ya ? Kenapa “superbike” dengan power 200hp+ dimana bahkan udah jauh diatas hayabusa nggak masuk kelas hyperbike ? Trus kenapa motor yg kapasitas mesinnya diatas 999cc kayak Ducati V4 dan Aprilia RSV4 bukan hyperbike ? Sebenarnya hyperbike itu apa ?

      Guest
    • @Akira

      walau sama tapi beda x om pendekatannya, lebih ke touring oriented
      stangnya aja di atas yoke mereka (zx14r dkk) cmiiw
      rsv n v4s kan lebih ke superbike dari pada hyperbike buktinya mereka pernah punya untuk homologasi WSBK
      sedangkan zx14r dkk g ada

      soal CC mang dulu segitu
      sekarang dh lebih dari 1400 om

      Guest
      • Gitu ya om saya kira kayak di mobil gitu pembagiannya, berdasarkan output power, di R4 udah sampai megacar di motor malah dilarang sampai hyperbike..

        Guest
  2. LF mungkin Left Forward, penyerang kiri. Biasanya ditemenin RF dan dibelakang keduanya ada AM, attacking midfielder.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.