TMCBLOG.com – Pasca keberhasilan Honda dengan transmisi kopling ganda DCT (Dual Clutch Transmission) sejak 2009 dan Yamaha menawarkan FJR1300 dengan sistem pemindahan gigi otomatis YCC-S pada awal tahun 2006, sekarang waktunya Kawasaki. Sebuah desain paten baru telah muncul yang menunjukkan bahwa Kawasaki telah memulai mengembangkan transmisi yang diubah secara elektronik yang mungkin ditujukan untuk sepeda motor model tourer.

Namun secara umum sistem yang dikembangkan oleh Kawasaki ini berbeda dengan DCT-nya Honda. Sistem Kawasaki sepertinya tetap menghadirkan pengalaman perpindahan gigi konvensional (dengan kaki kiri) bila diperlukan, namun juga menyiapkan sebuah aktuator elektronik dan sensor alih-alih hubungan fisik antara kaki kiri dan shift drum.

Terlihat hadir aktuator yang memutar shift drum pada sistem transmisi konvensional. Jadi ini tuh secara sederhana adalah sistem yang menukar tuas yang dioperasikan dengan kaki dengan tombol yang dipasang pada handlebar. Dengan hadirnya komputer antara pengendara dan sistem perpindahan gigi di transmisi akan bisa lebih memastikan Kita untuk menghindari kesalahan mendasar saat memindahkan gigi seperti slip saat menekan/mencongkel tuas, over revving/putaran berlebih, dan kesalahan waktu yang tidak tepat saat berpindah gigi.

Pada sepeda motor sport, sistem ini sepertinya dapat dikombinasi dengan sistem Quick Shifter walaupun berpotensi mengubah percepatan lebih cepat daripada yang dapat dilakukan ujung kaki kiri kita. Namun dengan menggunakan elektronik, kita dapat lebih memastikan bahwa putaran Rpm-nya cocok dengan lebih sempurna. Sebagai alternatif, sistem ini juga dapat dengan mudah dikombinasi dengan kopling otomatis untuk transmisi penuh atau semi-otomatis (model transmisi motor bebek).

Dimanakah sistem akan muncul pertama kali? Paten baru perusahaan menggunakan kerangka Ninja 1000 SX untuk mengilustrasikan idenya, tetapi bukan berarti motor jenis inilah yang pada akhirnya akan mendapatkan keuntungan dari teknologi tersebut. Namun ini sebuah clue bahwa kemungkinan besar motor jenis tourer lah yang akan dibenamkan sistem ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

19 COMMENTS

  1. Jadi cuma ganti posisi perseneling dan kopling SCS ala MV Agusta

    Kirain tinggal gas pindah sendiri otomatis

    Guest
  2. Banyak inovasi ya. Tapi baiknya kawasaki manfaatin lebih cepet momen 250 4 silinder zx25r dgn model nakednya dan lainnya sebelum sebelah semua menggebrak dgn 4 silinder 250ccnya. Ingat klo naked ambil desain z800 atau z1000 sugomi jangan z900.

    Guest
  3. Shifting elektronik itu 50:50 feelnya
    Ada rasa nyaman soft gt waktu up/down shift, tp ada jg rasa kyk was2 klo2 konslet/habis baterai/putus sumber elektrikal.
    Kalo di dunia balap pesepeda an pro baik roadbike maupun MTB sdh lama elektronik shifting
    Cm cara kerjanya wireless, kyk brand SRAM e-tap ato shimano Di2 yg harganya bikin perut mulesss
    CC ; om nugie tmcblog

    Guest
  4. Jadi ingat motor kanzen dulu pernah puya bebek yg mesin nya digantung kaya mesin metik untuk perpindahan giginya bisa pindah sendiri sesuai putaran mesin dan bisa lewat tombol di stang untuk naik turun giginya

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.