M1 2020

TMCBLOG.com -Di artikel ini sobat sekalian bisa melihat dengan jelas gambaran Yamaha YZR-M1 MY2020 besutan duo Maverick Vinales dan Valentino Rossi, baik full bike walaupun versi yang sudah dipreteli beberapa detailnya seperti front fairing dan juga side fairing-nya.

M1 2020
M1 2020

Jika dilihat dari paparan kanan dan kiri dari mesin sepertinya secara bentuk dan platform, TMCBlog tidak terlalu dapat melihat perbedaaan walaupun sangat mungkin jeroannya lah yang berbeda. Sementara pada sasis terlihat ada perbedaan yang lumayan antara spek 2019 dengan spek 2020 khususnya pada daerah mounting penggantung mesin.

M1 2019
M1 2019

Takahiro Summi dalam penjelasannya kepada jurnalis Jepang -Akira Nichimura- mengatakan mengenai M1 2020; Kami telah membaik saat bertarung mendemonstrasikan kekuatan dengan menyeimbangkan peningkatan tenaga mesin dan penanganan drivability yang merupakan poin bagus Yamaha. Meskipun tenaga telah meningkat jika dibandingkan dengan tenaga relatif dengan pabrikan saingan, saya rasa kami belum bisa. Kami tidak memperbaikinya karena kami kekurangan tenaga.

Gap pada kecepatan maksimum masih besar, tetapi saya masih merasa bahwa perbedaannya semakin dekat bergantung pada jenis sirkuit, dan menurut saya arahnya sudah benar. Mudah untuk mengatakan dan sulit dilakukan untuk meningkatkan performa secara keseluruhan dengan tetap menjaga kekuatan sebagai faktor yang menyebabkan ketidakstabilan.”

Yamaha M1 2020
Yamaha M1 2019

Ada dua tuas di sebelah kiri handlebar Yamaha M1 2020 ini. Salah satu adalah kopling dan satu lagi masing dalam perdebatan antara rem belakang atau tuas pengoperasian (secara hidrolis – mekanis) Shape Shifter yang sekaligus dipakai sebagai Holeshot Device.

Takahiro Sumi sangat tertutup mengenai part ini. Tidak banyak yang bisa ia jelaskan ketika ditanya apakah holeshot device Yamaha M1 berlaku di suspensi depan atau belakang. Ini adalah item pengembangan musim ini (2021), jadi saya tidak bisa memberitahumu detailnya mengenai Ada di depan atau belakang.”

Musim 2021 ini secara umum Yamaha akan menggunakan basis mesin yang sama dengan mesin yang ada dalam foto-foto di atas sehingga logis kali ini Takahiro Summi masih belum berani banyak bercerita mengenai mesin dan parts di balik fairing ini. Namun memang pada daerah handlebar dan daerah suspensi belakang terlihat ‘lebih ramai’ pada model 2020 dibandingkan model 2019. Silahkan sobat sekalian simak foto-foto lainnya di galeri bawah ini . . Semoga berguna.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

43 COMMENTS

  1. mantap euuyy. Jeroannya beda jauh ma R1M.

    BTW Masih Penasaran dengan New RC16 MY2020 dibongkar gini. kira2 Wak Haji dapet Pic nya gak ya? Mudah2an nanti dapet dan di Share. hehehe (terlalu ngarep)

    Guest
  2. saya penasaran dari dulu
    itu yg dekat spidometer yg di kasih kaya hand band itu apa sih?
    terus fungsinya apa y?

    itu kabel warna hijau kanan kiri itu jalur minyak rem atau apa y?

    kan sasis 2020 ada las-lasannya dekat pivot,
    bedanya yg murni tanpa las-lasan dan dengan adanya las-lasan apa y? lebih lentur yang mana y? kepo

    Guest
    • Buat nutupin brake fluid master cylinder mungkin biar cairannya gak kena cahaya matahari langsung dan kalo kena impact masih ada redaman sedikit

      Kalo gak salah punya Rossi/rins ya lupa pernah ada Marshal yg mengutil pas ditinggal selebrasi

      Guest
  3. Bentuknya yg paling bagus M1 2007-2010
    tp kalo livery M1 tim factory yg paling bgs kayaknya yg 200011 200017 200018 😍
    🤣🤣🤣🤣

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.