TMCBLOG.com – Awalnya Honda di tahun 2019 sempat menampilkan salah satu motor konsep yang desainnya mirip motor Sport-Adventure. Mereka menamakan konsep ini sebagai Honda CB4 Concept dan menggunakan basis mesin 4 silinder segaris 650 cc yang dipakai di CB650. Desain motor konsep ini cukup menyita perhatian dan di kemudian hari oleh beberapa media di Jepang diketahui bahwa hadir sinyalemen bahwa konsep ini akan direalisasikan namun dengan mesin yang berbeda.

Yes alih-alih mesin 4 silinder segaris, Honda sempat dirumorkan tahun lalu akan menghadirkan motor sport-adventure baru dengan nama Honda CB1100X dengan mesin basis adventure yang saat ini dikenal luas sebagai dapur pacu dari Africa Twin. Selain karena memang didesain buat adventure touring, mesin dua silinder ini terkenal ringkas dan ringan, yang menonjolkan desain kepala silinder Unicam yang kokoh untuk menjaganya tetap kecil namun menawarkan sebaran torsi yang luas dan kinerja yang lebih dari cukup untuk sebuah adventure bike.

Dan akhirnya akhir-akhir ini, sinyalemen pembenaman mesin Africa Twin ke model mesin baru ini terlihat semakin nyata. Pertama setelah melihat Rebel 1100 yang juga memakai mesin yang sama dan kedua adalah setelah hadir sinyal yang lebih terarah dimana Honda diketahui baru baru ini saja menurut CycleWorld ketahuan mendaftarkan trade-mark NT1100 di lembaga paten.

Yap besar kemungkinan sosok sport adventure baru yang terdiferensiasi dengan Africa Twin yang berwajah rally memang akan dinamakan Honda NT1100. Jika kita flashback sedikit di masa lampau, Honda pernah merilis motor dengan nama NT700 Deauville dan bentuknya memang bergaya sport adventure dengan body dan tongkrongan yang tegap dan tinggi, namun tetap gagah dan punya garis desain berbeda dengan desain rally dari Africa Twin. Kalau begini sih memang bisa jadi desain CB1100X yang telah di desain oleh AutoBy diatas akan dinamakan Honda NT1100 dan akan menjadi varian turunan berikutnya yang menggunakan mesin twin Unicam 1100 cc dari Africa Twin |

Taufik of BuitenZorg | IG @tmcblog

 

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.