TMCBLOG.com – Sobat Sekalian, Honda PCX160 Hadir dengan luar biasa banyak keterbaruan, mesin 156,9 cc Overbore dengan piston baru, 4 Valve, tensioner pneumatik baru, Chamber pembakaran baru, sampai bentuk Businya sendiri lebih panjang dan baru jika dibandingkan dengan PCX150 generasi sebelumnya plus ketambahan Traction Control segala jadi lebih canggih  . . Namun secara umum Mesin PCX160 ini belum dijejali Mode Variable Valve Khasnya Honda Yakni VTEC. Nah di Blog Article ini sobat sekalian akan bisa simak beberapa bukti bukti Valid yang menguatkan bahwa betapa Honda sebenarnya siap benamkan teknologi VTEC di mesin PCX160 jika mereka merasa siap dan butuh untuk menghadirkannya nanti.

VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control)  jika kita lihat dari akronimnya menghadirkan timing dan tinggi bukaan valve yang bervariasi berdasarkan seperti apa profil dari Lobe Camshaft yang dipakai. . . sistemnya bisa sobat lihat di gambar animasi di atas dimana perpindahan synchronizing Pin dilakukan oleh sebuah Motor solenoid yang akan menekan Pelumas untuk menggeser pin pengikat Lobe mana di Camshaft yang mau dipilih . . Lobe profil rendah, atau lobe profil tinggi . .

Nah balik Lagi ke Mesin Honda PCX160, Via bongkar Bongkaran yang sempat dilakukan Yoyostation terlihat memang di sebelah kiri dari silinder PCX160 ada tiga tempat Nut yang belum diapa apain sob . . masih ‘ Buta ‘ . . dan menurut tmcblog nut besar adalah lobang yang menyambungkan saluran / jalur selenoid, sementara dua tempat titik buta lainnya adalah lubang tempat baut dari motor solenoid VTEC tersebut . .

Dan Jika dilihat ke bagian dalam dari silinder, Kita pun akan menemukan pula bahwa ada satu calon point jalur solenoid dari VTEC yang masih belum diapa apain alias masih buta juga . . . dari Jalur buta ini lah sistem selenoid yang akan memilih penggunaan Lobe Profil camshaft mana Yang akan dipakai

 

 

Dan edannya jika kita bandingkan dengan desain paten yang pernah dirilis Honda untuk mesin skutik 4 valve Vtech . . ternyata memang ada kesamaan platform dan posisi seperti baut mounting motor solenoid yang menggunakan 2 titik dengan bentuk yang diagonal . . . ini artinya apa ?

Secara umum Grand Strategy Awal teknis dari Desain Mesin Honda PCX160 sudah ketahuan yakni : Overbore, 4 Klep, SOHC, VTEC . . walaupun memang untuk sementara VTEC belum dikeluarkan untuk PCX160 model 2021 ini  . . . dan memang secara umum sudah banyak banget contoh yang memperlihatkan bahwa Mesin SOHC honda  yang dibenamkan VTEC . . so Akankah PCX series generasi ke depan akan menggunakan VTEC? koq tmcblog hari ini jadi lebih yakin Ya  . . entahlah, biar waktu saja yang membuktikan . .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

81 COMMENTS

  1. next facelit kayanya, sampai nmax upgragade vva+ atau power mendekati R155…

    lama2 kebaca ama wak haji neh pola permainan jepan…hahha

    Guest
    • Blm di kasih vtec aja dah heboh hahaha…
      Yg ada jangan di beli aja dulu nih PCX, tunggu versi yg VTEC nya keluar aja.
      Klo versi yg skrg laris, malah ntar gak keluar² yg vtec.. hahaha

      Guest
      • Nah ini yamaha harusnya jgn sombong, mentang2 sdh laris produknya jadi niru kebiasaan honda yg keras kepala. Release produk jgn setengah2 gitu. Nmax yg sekarang kesannya seperti keras kepala si avanza xenia, desain ga maksimal, asal hadir/kepasang. Klo sy yg beri ijin release desain nmax, itu desain knalpot, ujung buritan belakang, desain speedo dah ta coret, minta desain ulang yg cantik.

        Guest
    • Pengen cepet brojol tuh vtec?? Ayo semua pada beli namex, d jamin bakalaj cepet tuh brojolnya vtec.
      Tp klo dg PCX 160 aja udah bs ngalahin penjualan namex ya bakalan gk brojol2 tuh vtec

      Guest
  2. wak haji, kalo basis pcx160 ini kan sohc, dipake engine buat trio sportnya… bisa gak diubah ke doch… jd cb r series bakal dohc 160 overbore vtec gtu…

    Guest
      • Vtec itu nanti wajib karena peraturan gas buang yang ketat. Kayaknya bakal ada kejutan dari ahm dan hodna pusat metic pertama yang pakai vtec buat motor ekspor nya. Tau sendiri lah motor metic yg diekspor itu apa, mungkin awal tahun depan. Dan mungkin bagi pemilik pcx 160 sekarang bisa custom vtec nya

        Guest
  3. Nanggung bener,pelit khas honda, emang yahama baik hati, udah ngasih 4klep radiator dari zaman vixion, lalu variable valve dari zaman nmax pertama keluar. Yamaha gak pelit teknologi,kecuali urusan pelek. #eh

    Guest
    • Ini namanya strategi, tiap pabrikan punya senjata. Misalnya ada 3 senjata dan lawannya baru ngeluarin 1 senjata. Gak mungkin langsung dibalas dengan 3 senjata sekaligus, tp dikeluarkan senjatanya 1 persatu.

      Guest
  4. Overbore : unggul di putaran atas
    Vtec : untuk meningkatkan tenaga di putaran atas

    Kayaknya nanti suatu saat arah pengembangannya di top speed nih pcex.

    Mungkin nanti namex counter dgn all new 155cc engine yg kompresinya dinaikin, dan pada akhirnya performa tetep 11-12.

    Guest
  5. Pertanyaannya, kalaupun nnti next pcx dengan VTEC, pcx 160 yg skrg ini apakah bisa dipasangin VTEC juga wak?

    Secara dudukannya udah disediain tuh, apakah mungkin tinggal pnp ajaa?

    Guest
      • mang untuk counter pcx160 apakah nmax akan upgrade vvanya menjadi 2 atau 3 mode
        eco. dan sport yg mengatur bukaan vva dirpm² tertentu.
        yg sport akan buka vva dirpm lebih rendah
        keren kan kalo. gini tenaga bisa diatur keinginan rider😁

        Guest
        • terlalu over teknologi buat motor entry level,, pabrikan jg ogah kasih teknologi secanggih itu buat motor kecil. klo mau secanggih itu tinggal beli ADV 750, FORZA 750,VULTUS, africa twin DCT, atau Goldwing yg udah ada mode berkendaranya wkwkwk..

          menurut saya mesin combustion engine untuk motor CC kecil hanya sebatas sampai Vtec dan VVA. karena selanjutnya akan Hybrid/ EV pada waktunya dan pemerintah Indonesia dan juga negara lain jg sudah mulai melakukan agenda Kendaraan Listrik yg akan dimulai sekitar 5-8 tahun kedepan..

          Yamaha kayaknya tidak akan membuat all new combustion engine klo peta Produksi di masa depan akan menuju hybrid/EV. kayaknya akan telat klo Yamaha bikin mesin DOHC wkwkwk apalagi skrng bbrp negara udah EURO 5 menuju 6 sedangkan indonesia sudah 4 dan menuju 5.

          jgn harap matic cc kecil akan ada improve combustion engine.. paling nanti PCX akan jadi tolak Ukur Honda dalam riset hybrid dan EV untuk kapasitas motor kecil. secara Honda sudah punya PCX hybrid dan EV.. klo yamaha kayaknya jg ada cuma lupa type motornya dan tidak di jual.

          Guest
  6. Yg sekarang Mejen kayak mesin beat malahan Overbore tp Ompong seperti halnya sportnya Dohc tapi ngempos

    sedangkan Nmax udah siap dengan Kompresi tinggi dan samain cc udah cukup ninggalin sekebon lagi.

    Guest
  7. Banyak yg muji overbore ya
    Padahal untuk transmisi otomatis lebih pas disandingkan dengan mesin square atau mendekati square seperti nmax

    Mungkin mesin baru pcx ini basisnya bukan hanya untuk 160cc , tapi juga untuk mesin 250 tinggal naikan stroke

    Guest
  8. tanpa vtec top speed dicekek 117kmh. pake vtec, apa top speed nambah atau cuma nambahin akselerasinya aja tapi top speed tetep dicekek di 117kmh.

    Guest
    • Mau dibikin 20hp kalo dilimit 9rb rpm jg percuma…speed segitu aja…pdhl kalo mau dinaikin 500rpm aja 130kpj mah nyampe..

      Guest
    • Mau lepas sampe 11rb rpm..?
      Dg kompresi 12 : 1 maka wajib ganti radiator yg lebih besar lahh.

      Kompresi 12 : 1 itu puanasss buat metic masspro.

      Guest
      • panas lah klo masih pake premium / pertalite wkwkwkwk
        makana klo bisa beli motor kompresi tinggi ya beli bbm jg yg oktan tinggi.. tujuan oktan tinggi ya buat ngimbangin mesin panas wkwkwk gitu aja repot

        Guest
  9. Apa mungkin ketika riset pakai vtec performa tidak pengaruh signifikan makanya gak jadi dipakai,
    Dan perlu waktu riset ulang untuk generasi berikutnya

    Guest
  10. Lah metik 150 aja pengen kencang² buat apa kali… yg penting nyaman speed cukup. Pengen kenceng naik sport 250cc ke atas noohhh…

    Guest
    • Setuju mas bro. Penting desain oke dan nyaman, syukur kalau bisa irit dan kencang. Tapi 110kpj juga sdh lebih dr cukup. Lebih kencang tidak selalu lebih laku, contoh fino.

      Guest
  11. Nanti yg satu nambah vtec, sebelah nambah cc, dibales ini, dibales itu, gitu aja terus sampe ambrol, dasar kartel! Eh…

    Guest
  12. Wak maaf kepo..
    VTEC klo dilihat kepanjangannya (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control)  ada 2 fungsi yaa?..merubah lift (spt halnya VVA) dan timing (spt halnya VVTi)….betul begitu kah?
    Sy pernah bongkar VVTi Toyota…ada fungsi gerakan putar poros profil cam lebih maju/advanced terhadap gear penggerak shaftnya..digerakkan oleh hidrolik dg pengaturan solenoid dr ECU…kpn saatnya di RPM yg tersetting. RPM naik…udara lebih cepat dimasukkan…dan ditutup…spy tidak terlambat karena pengapian juga dimajukan timingnya…maaf kepanjangen hehehe

    Guest
    • VTEC honda mobil ada banyak jenis
      Yang banyak dikenal VTEC murni/performance ( pada mobil type R) dan VTEC economy (pertama kali diterapkan di indonesia pada civic ferio)
      VTEC performance merubah intake dan exhaust valve
      Sedangkan VTEC economy hanya intake valve

      Guest
    • Iya, 2 fungsi, untuk timing bukaan/tutup , klep nya bisa dipercepat/ diperlambat & lift , sudut bukaan klepnya bisa diperbesar juga

      Guest
  13. Sepertinya lebih cocok disebut iVTEC ketimbang VTEC. Klo g salah VTEC kurang lebih sama kaya Vanos pake oil pressure. Kalo pake selenoid kayaknya dah masuk kategori “i”.

    Guest
  14. tes topspeed standar tengah.

    otomotif : pcx160abs = maks 125 km/jam (odometer 144 km) (di jalan dapat 119 km/jam)
    kobayogas : pcx160cbs = maks 124 km/jam (odometer katanya 100 an km) (di sirkuit dapat 117 km/jam)

    akun yutub yosef widay pcx160cbs = maks 130 km/jam odometer baru 8 km alias gress dengan bensin shell v-power?

    https://www.youtube.com/watch?v=oVwOTqpmlV8

    apakah jenis bensin mempengaruhi top speed pcx160 saat standar tengah? atau memang dapat mesin bagus?

    Guest
    • mang kobay pake pertamax, standar tengah dapat 124.

      beda pcx beda limiter? atau yg dapat 130 standar tengah mesinnya bagus?

      Guest
    • Kalo emang gitu,bagus sih
      balik kayak mesin Sonic dan CS1 jadul yg walaupun SOHC tapi tenaga padat berisi

      Dibanding yg sekarang walaupun kepala silinder gede biar bodi motor terlihat padat kagak kopong tapi tenaga ngap ngapan

      Guest
  15. Wak haji,Kira2 stlh bnyk bloger yg membahas vtec ready,apakah mempengruhi orang untuk menahan memboyong pcx 160 yg ready skrg dan mnuggu versi vtecny?

    Guest
  16. Dengan adanya informasi ini bisa jadi membuat calon konsumen menahan diri untuk membeli All New PCX 160 non vtech. Drpada nasibnya nanti seperti PCX 150.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.