TMCBLOG.com – Pada tahun 2012, Dorna memutuskan untuk memperkenalkan kategori CRT dalam MotoGP untuk memberikan kesempatan kepada tim swasta untuk berpartisipasi dalam kategori ini tanpa harus menyewa atau membeli sepeda motor pabrikan yang sangat mahal (2,2 Juta Euro pertahun Saat itu ). Syarat CRTs aat itu adalah adalah mesin yang digunakan tidak boleh milik merek mana pun dari MSMA (Motorcycle Sport Manufactures Association), yang terdiri dari Yamaha, Honda, dan Ducati. Oleh karena itu hadir mesin mesin eksotik dari Kawasaki ZX10RR dan BMW S1000RR

 

Model CRT diberi slot 12 mesin, 6 mesin lebih banyak dari tim Pabrikan MotoGP, dan dengan kapasitas bahan bakar 24 liter, 3L lebih banyak dari prototipe resmi MotoGP. Semua ini hanya berlangsung selama 2 tahun, CRT akhirnya berkembang pada tahun 2014 menjadi kelas Open di mana tim satelit dapat membeli mesin resmi dari pabrik dan memasangnya pada sasis pihak ketiga sperti Suter, Kalex, atau FTR.

7 tahun setelah menghilangnya kategori CRT, salah satu sepeda motor yang ikut serta dalam kejuaraan saat itu kini terpantau dijual, khususnya BMW Suter yang sempat dikemudikan Danilo Petrucci untuk tim Came Ioda Racing Project. Prestasi Petrux dengan Motor ini pada 2013, 26 poin dan posisi ke-17.

Sepeda motor ini menggunakan oleh mesin Pabrik S1000RR asli yang awalnya memiliki tenaga sekitar 240 hp, tetapi sekarang telah diturunkan ( de-tuned) menjadi 218 hp. Sasis adalah karya Suter (MMX1), termasuk halnya swingarm underbrace belakang.

Mengenai suspensi, Suspensi depan Fork Öhlins yang dikembangkan ohlins untuk musim MotoGP 2013, serta kaliper radial Brembo GP yang menjepit rotor cakram baja. Motor ini juga dilengkapi Velg magnesium OZ (sepasang aluminium cadangan yang disediakan), start elektrik, blipper dan oil pan BMW Factory, bersama dengan dua fairing kit.

Buat yang ingin kembali ke tahun-tahun itu dan merasakan hal yang sama dengan Danilo Petrucci, tetap masih ada kesempatan untuk melakukannya dengan cara mengakuisisi BMW CRT Suter ini dan membayar maharnya yang seharga € 45.000 masih Nego kata penjualnya. Selain itu, yang tak kalah pentingnya, penjual menyatakan bahwa kurang dari 300 kilometer yang lalu mesin ini mengalami revisi menyeluruh di mana antara lain dilakukan penggantian Con-rod dan piston. Tertarik ?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

13 COMMENTS

  1. koreksi masbro. syarat CRT itu mesin masspro dituning bebas, gak masalah merk apa. itu gresini pake mesin fireblade utk michel pirro…

    Guest
    • ternyata masih ada lagi Suter MMX1 yg masih exist ya 😍 selama ini yg aku tau cuma 2 unit, MMX1 forward racing di swiss ex colin edwards dan MMX1 biru ex petrux kalo gasalah di amrik….

      Guest
  2. Kalau dipakai buat tour atau harian kategori lumayan lah… tapi dibawa race motogp lagi yg ada ini motor ganggu banget,speed dan akselarasinya jauh kali lah dari motogp,pernah dlu kalau ngak.salah rossi jengkel ama tim CRT ini katanya itu motor cuma ganggu racing line aja jika sudah tinggal 1 lap..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.