TMCBLOG.com – Seperti yang sudah kita bicarakan di artikel sebelumnya, Yamaha factory MotoGP team membawa beberapa Part Baru terutama yang berhubungan dengan aerodinamika dan Fairing. Kali ini terlihat Motor Yamaha M1 Fabio Quartararo memperoleh update baru di bagian Spatbor depannya yang sangat panjang dan terlihat ramping.

Menariknya, tidak terlihat lagi ada bagian spatbor ini yang menutupi bagian atas ban depan, sebuah ide yang pernah kita lihat sebelumnya ketika KTM meluncurkan Sparbor serupa yang berbeda tahun lalu yang semuanya berkaitan dengan menjaga suhu ban depan tetap rendah.

Kita bisa lihat area spatbor dari KTM RC16 besutan Brad Binder di atas dimana spatbor yang dikembangkan KTM musim lalu terlihat mirip dengan yang baru saja dipakai Yamaha, namun Yamaha tampak jauh lebih fokus pada bonus lain yakni aerodinamikannya.

Spatbor baru yang menjalani debutnya pada hari ketiga test Qatar kemarin ini sebenarnya adalah bagian dari Shock Breaker Ohlins baru juga. Penutup Shock dengan bentuk aero yang membulat seperti egg-shape sudah pernah terlihat sebelumnya. Ducati sudah sering menggunakannya dengan tujuan untuk ‘menghaluskan’ udara di sekitar suspensi sehingga bisa lebih efesien, teratur dan halus saat menerpa radiator.

Manfaatnya adalah pendinginan yang lebih baik dan kecepatan tertinggi yang mungkin lebih baik karena menjaga udara bertekanan lebih tinggi serta lebih terkondisi dari efek turbulensi yang biasannya dihasilkan ketika udara ‘bertabrakan’ dengan benda dengan bentuk tidak aerodinamis. Alhasil diharapkan Motor bisa sehingga bergerak lebih cepat. Detail Kecil aero ini bisa menjadi contoh betapa Pabrikan bermain hal hal detail untuk mendapatkan keuntungan marjinal di top speed.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

11 COMMENTS

  1. Udh mah air ram dirubah yg tadinya keren sekarang jadi kayak mulut emot pogchamp,sekarang spakbor malah kayak Maxi scooter Taiwan

    Guest
  2. Sebagaian terlihat berlebihan namun hasil riset dan estetika kadang ga sejalan.
    Kapan2 coba deh pas debriev sama pembalap,tanya siapa saja yg suka fan tidak dengan banyaknya perangkat tambahan baik fairing dan sebagainya

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.