TMCBLOG.com – Dalam info press release-nya AHM sudah infokan bahwa walaupun Honda PCX 160 sudah diupdate besar-besaran dengan mesin overbore dan kubikasi lebih besar, namun soal keiritan saat dipakai, ini motor masih sama-sama irit bila dibandingkan dengan PCX 150 yang mesinnya cuma 149 cc. Apa benar begitu? TMCBlog juga kepo dan kita akan coba test dengan metoda khas kami yakni “How far Can You Go with 1 L Of petrol” atau sebuah tantangan mengenai seberapa jauh bisa melaju PCX160 ini hanya dengan 1 liter bensin. Asli . . PCX 160 ini cuma TMCBlog kucurin 1 liter bensin ke tangki bbm setelah sebelumnya tentu dikosongin terlebih dahulu.

Segala koridor pengetesan dimiripkan dengan pengetesan metoda yang sama di motor-motor lain termasuk PCX150, jalur sama yakni jalan Soleh Iskandar plus masuk ke dalam kota Bogor bermacet-macet ria dengan kondisi jalan natural apa adanya, pengetest sama Taufik dengan BB 64 kg tinggi 161 cm. Proses pengetesan dilakukan antara jam 11-12 pagi dan alat ukur jarak menggunakan odometer dan tripmeter, MID fuel consumption OEM dari motor Honda PCX160 MY 2021 sendiri.

Yang pertama TMCBlog lakukan adalah mengosongkan bensin di fuel tank Honda PCX160 dengan dua kali selang (besar dan kecil) lalu di uji nyala sampai motor Honda PCX 160 mati sendiri karena kehabisan bensin yang menandakan bahwa bensin di fuel tank sudah kosong. Setelah itu ukur 250 ml (1/4 liter) Bbm Pertamax RON 92 menggunakan gelas ukur kimia yang akurat dan TMCBlog lakukan 4 kali dan tentunya dimasukkan ke fuel tank Honda PCX160.

Setelah tripmeter dan fuel consumption meter Honda PCX160 di-reset dan diabadikan tentunya. Motor pun di bawa riding harian yang bisa obat simak di Vlog dengan Jalan Soleh Iskandar menuju Parung. Lalu setelah beberapa waktu pengujian Honda PCX 160 mulai batuk-batuk dan pada satu saat benar-benar kehilangan tenaga, nggak bisa lagi mengeluarkan power ketika throttle gas dibejek. Artinya tidak ada lagi bensin yang disemprotkan ke ruang bakar dan ini lah saat yang TMCBlog diagnosa sebagai kondisi dimana bahan bakar 1 liter telah habis dipakai riding.

Yap menurut tripmeter, TMCBlog telah menyusuri jalan sejauh 53,7 km untuk menghabiskan 1.000 ml atau 1 liter bensin Pertamax RON 92. Yang artinya secara empirik Honda PCX 160 yang telah TMCBlog pakai berhasil diukur konsumsi bahan bakarnya sebesar 53,7 km/liter. Sedangkan pada saat yang bersamaan pembacaan MID dari Honda PCX160 adalah 57,9 km/liter. Ada perbedaannya yakni sekitar 4,2 km/liter untuk setiap 53,7. Atau sekitar 7,8%. Secara umum konsumsi BBM-nya bahkan lebih irit dari PCX150 yang tembus 52,8 km/liter dengan metoda yang sama  . . . Demikian hasil pengujian komsumsi BBM PCX160 ala TMCBlog sob, silahkan dikunyah-kunyah dan semoga berguna.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

55 COMMENTS

    • Yg di MID itu kan AVG alias rata-rata ya, kalau hitungannya jumlah average ya beda dong hasil perhitungannya

      Guest
    • Edun…irit banget
      3000 rupiah x 30 hari trus dikali 1 tahun trus dikali pemakaian sampe 3 tahun atau lebih 😄

      Guest
    • Tapi kayaknya lebih akurat bacaan mid deh ( motor apapun )
      Karena yang dibaca pasti jumlah suplay / debit bensin yang masuk k injektor.
      Kalau full to full kan masih ada kehilangan tak terduga dari bensin itu sendiri sebelum masuk k injektor , misal penguapan oleh hawa panas mesin atau hawa sekitar motor dan hal2 eksternsl lainnya . Kira2 gimana Wak haji ?

      Guest
      • Kalau buat harian ya lebih mendekati akurat metode wak haji, karena di kehidupan nyata itulah yang terjadi, pasti ada faktor yg menyebabkan nguapnya bbm. Tp dgn adanya mid, kita bisa lebih mudah memperkirakan kapan harus masuk pom bensin karena tangan kanan orang beda2, rata2 penggunaan bbm sedikit beda. Imo

        Guest
      • @bijak…Tp kalo bicara informasi yg dibutuhkan secara real ya yg full to full lbh akurat dong, kan kita butuh info bensin yg dihabiskan, bukan bensin real yg dibakar (saja)

        Emang yg nguap ga dibayar bensinnya mas? Hehe

        Maaf ini dr sudut pandang pemakai, bukan ilmuwan lagi lomba teknologi apa lagi sales

        Guest
        • @gilole, sepakat full to full dengan minimal 3x isi full, akan lebih yakin rata ratanya berapa km/l

          Guest
    • (Beda sesendok) X (jumlah NMAX) X (jumlah hari penggunaan(udah berapa taun tuh??) )

      Udah berapa liter bensin yg terbuang tuh??
      Belum lagi dihitung dari tipe2 motor yg lain.. dan dihitung sdh brp puluh taun juga..

      “Beda sesendok” adalah bentuk campaign yg buruk… IMO.

      Guest
    • Klo bedanya nyampe 5km per liter atau lebih ya ga sesendok. Klo asumsi NMAX 1:48 ya artinya selisih 5 km/liter, itungan kasarnya sudah hampir 1/10-nya jarak tempuh NMAX. Itung literan kasarnya ya tinggal 1/10 dari 1 liter = 100ml. Ga sesendok itu mah.. Tapi sebotol Benecol. Hehe..

      Guest
  1. Ecu pcx abs masih ngebug tuh. Programnya kurang sempurna.

    Gas motor saat standar tengah hstc masih on bikin hidup lampu engine checknya. Karena roda depan tidak jalan sedangkan roda belakang.

    Guest
    • Sedangkan roda belakang masih muter.

      Mungkin ecu menganggap ada kesalahan di sensor roda depan padahal nyatanya tidak.

      Guest
      • Di video wak haji menit 02:04 baru starter motor, lampu engine check tidak nyala.

        Menit ke 2:30 sampai akhir video lampu engine check nyala terus.

        Kemarin lihat di yutub penjelasan kenapa pcx160 abs lampu engine check nyala setelah manasin motor saat standar tengah dengan posisi hstc on.

        Katanya harus reset ke bengkel resmi buat mematikan lampu engine check.

        Guest
    • dulu motor ane kompresi uda kena 14:1 aja pake premium (jaman itu belom ada pertalite) dipakai 5taonan ga ada masalah dalemannya (emang sengaja dibongkar buat cek ulang kondisinya).

      btw kenapa MID jauh amat ya bedanya, sekalian coba dites boncengan dengan orang dewasa donk. itu jok belakang kan posisi standar tengah kayak rata horizon, gimana pas kena beban (harusnya landai ke belakang kan). apakah jadi merosot ato gimana

      Guest
  2. Wak haji kalo tes konsumsi mah tingkatan alien macam Dani Pedrosa 😁
    Punya saya aja di MID cuma 47,1km/L

    Guest
  3. kok gede banget ya selisihnya 4,2Km itu jarak yang jauh untuk mendapatkan 1 liter bensin lagi hahaa..

    Guest
  4. Kalo yg bejel gas saya gimana hasilnya ya? Belum tambah bleyer bleyer, plus ngerem sambil nge gas tipis tipis wkwkk

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.