TMCBLOG.com – Balapan ketiga Seri MotoGP musim 2021 akan hadir akhir pekan ini di Sirkuit Internasional Algarve – Portimao Portugal. Sirkuit sepanjang 4,6 km (2,85 mil) ini memiliki sembilan tikungan kanan dan enam tikungan kiri dan tentunya straight sepanjang hampir satu kilometer. Perubahan elevasi ( ketinggian) Treknya cukup dramatis sehingga disebut oleh banyak orang sebagai ‘rollercoaster berkecepatan tinggi’. Tentu Ban adalah salah satu hal yang Krusial dalam hal ini.

Michelin akan menghadirkan Pilihan ban depan slick dengan opsi Simetris Soft dan Medium serta Hard asimetris dimana kompon yang lebih keras di sisi kanan. Alokasi Ban belakang slick akan berupa asimetris Soft, Medium dan Hard, dengan kompon yang lebih keras berada di sebelah kanan untuk mengatasi lebih banyaknya efek menikung rebah ke kanan.

Terlihat Opsi pilihan dari ban ini mirip dengan Akhir Musim 2020 yang lalu di sirkuit Yang sama. Dan ini benar banget Khusus Untuk ban depan, Namun ternyata ada sedikit perubahan penamaan Untuk Ban Belakang, perubahan itu dijelaskan Oleh Michelin di Grup Whatsaap Jurnalis MotoGP sebagai berikut :

Ban belakang Slick Medium Portimao 2020, Pada Portimao 2021 dinamakan sebagai Soft Rear Slick. Sementara itu ban belakang Hard Portimao 2020 yang merupakan ban yang paling banyak dipakai pada saat race kala itu, pada Portimao 2021 dinamakan sebagai Ban belakang Medium.

Sementara Ban belakang Hard Pada tahun 2021 ini adalah ban yang benar benar Baru dan didesain untuk persiapan race dengan kondisi yang lebih panas. Seperti kita ketahui MotoGP Finale Portimao 2020 diadakan di Awal Musim dingin sementara MotoGP Portimao 2021 diadakan pada Musim semi. Michelin memperkirakan akan terjadi kenaikan temperatur maksimum trek pada Race day dibandingkan akhir tahun lalu sehingga didesain satu pilihan Lagi yang diperkirakan Bisa mengantisipasi hal ini ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

28 COMMENTS

    • Di f1 malah sekarang sederhana banget cuma ada soft medium hard gak pake super dll,.peran ban tidak Krusial jadinya benar benar adu mesin dan strategi . Ini malah yang ribet motogp..

      Guest
  1. Hampir tiap sirkuit dibikinin ban khusus

    Kalo gini produksinya mana bisa digenjot,tim MotoGP gak akan bisa bertambah,seramai jaman dulu nih

    Guest
  2. loh kok yg pusing para komentator !?😆, bukannya klo ban nya ga konsisten justru bikin balapan tambah seru 🤣

    Guest
    • Ya ga gitu jg son. Kita pengen balapan seru yg fair, atas strategi tim, skill balap dan racikan motor masing2 team. Bukan gara beruntung ban khusus si A menang, trus di sirkuit berikutnya ban khusus lagi si B yg menang..

      Guest
  3. Jadinya semua tim sama2 buta kondisi real skrg. Suhu beda & ban baru. Poin plus buat 93? Yg pasti bakal seru

    Guest
  4. Tujuannya udah jelas biar balapan tambah seru dan ga ada dominasi motor tertentu… Bisa2nya darno aja ini sih 😁

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.