TMCBLOG.com – Fabio Quartararo meraih posisi start terdepan pada race MotoGP Portimao Portugal 2021 setelah meraih Pole Possition kemarin di sesi Kualfikasi. Dan ini adalah untuk pertama kalinya lagi Untuk Fabio sejak Aragon GP tahun 2020 lalu dan yang ke-11 kalinya secara keseluruhan di kelas utama, 1 angka kurang dari rekan setimnya Maverick Viñales dan Johnny Cecotto.

Pada 10 Pole Possition sebelumnya, Fabio Quartararo naik podium enam kali, termasuk dua Raihan kemenangan. Kedua kemenangannya yang diperoleh dari posisi Pole adalah di double header Jerez tahun lalu (Spanyol dan Andalucia). Selain itu, Pole bagi Quartararo merupakan yang pertama lagi bagi Yamaha sejak Franco Morbidelli di GP Valencia tahun 2020 lalu. Pembalap Yamaha mengincar kemenangan tiga balapan pembuka musim ini untuk pertama kalinya sejak 2010.

Alex Rins menempati posisi start kedua dan hadir sebagai pembalap Suzuki dengan posisi terdepan, Rahan ini menyamai hasil kualifikasi terbaiknya di MotoGP Valencia 2018 dan Eropa 2020 ketika ia menyelesaikan kedua balapan di posisi kedua. Ini Posisi start barisan depan kelimanya di kelas primer setelah seri Valencia 2018, Assen 2019, dan Teruel dan Eropa tahun lalu.

Johann Zarco Start dari Posisi ke ketiga dan merupakan sebagai pebalap terdepan Ducati. Ini adalah Start dari baris (row) terdepan back-to-back pertamanya sejak 2018 (Jepang / Australia / Malaysia). Zarco Juga memiliki potensi meraih tiga podium MotoGP berturut-turut untuk pertama kalinya. Bersama Fabio Quartararo dan Johann Zarco, ini kali pertama ada dua pembalap Prancis di barisan depan sejak Brno tahun 2020 lalu (juga bersama Quartararo dan Zarco).

Posisi keempat hadir Jack Miller, yang finis di posisi kedua di Portugal tahun 2020 lalu setelah start dari urutan ketiga di grid. Secara umum ini adalah catatan Start Miller  dari dua baris terdepan depan untuk kali keenam berturut-turut.

Franco Morbidelli Meraih hasil kualifikasi dengan start di posisi kelima, yang merupakan hasil kualifikasi terbaiknya sejak ia start dari urutan kedua tahun lalu di Portugal dalam perjalanannya untuk menyelesaikan balapan di urutan ketiga (podium terakhirnya).

Setelah melewati Q1 untuk kelima kalinya di MotoGP ️ (tidak termasuk Andalucia 2020), Marc Marquez, yang pulih dari cedera akhir pekan ini, start di urutan keenam yang merupakan kali pertama ia gagal lolos di barisan depan sejak ia berada di urutan ke-11 di Malaysia 2019 ( meskipun saat itu Marc finish kedua).

Aleix Espargaro Start dari posisi ketujuh dalam dua balapan berturut-turut. Dia memiliki target untuk memberi Aprilia raihan finis lima besar pertama mereka sejak diperkenalkannya MotoGP pada tahun 2002.

Luca Marini, yang finis kedua di balapan Moto2 tahun lalu di Portimao, Start dari posisi kedelapan dan menjadi sebagai rookie teratas untuk hasil kualifikasi terbaiknya di MotoGP sejauh ini. Dia berpotensi mencetak poin pertamanya di kelas primer pada saat race nanti.

Juara Dunia MotoGP 2020 Joan Mir melewati Q1 untuk ke-14 kalinya di MotoGP  dan berhasil bergabung dengan Q2 dari Q1 untuk kelima kalinya bersama dengan Catalunya dan San Marino pada 2019, serta Qatar dan Doha tahun ini. Dari tujuh podium ️ MotoGP Mir sejauh ini, empat di antaranya terjadi setelah ia gagal start dari dua baris terdepan

Pemenang balapan MotoGP Portimao tahun 2020 lalu yang saat itu dari posisi terdepan, Miguel Oliveira pada 2021 ini akan start dari posisi Kualifikasi ke-10 setelah mengalami crash di Q2. Namun, dia adalah pembalap KTM dengan posisi tertinggi, Posisi 10 besar pertama KTM dalam kualifikasi sejauh 3 seri pertama di musim ini. | Taufik of BuitenZorg – Based on MotoGP Info

40 COMMENTS

  1. Semoga Rinso bisa ngimbangin race pace nya Q1/4.
    Marc keknya tanganya blm akan tahan di race distance.

    – Rins
    – Qua
    – Bag

    Guest
    • Orang sana yaitu eropa pasti sudah selalu penuh perhitungan yang matang. Prepared simulasi n tete benge nya. Gak cuma optimist thokkk

      Guest
  2. Rins berpeluang juara disini asal jgn biarkan Quarto ngacir sendirian di depan.. Marc, finish sesuai posisi start udah bagus.. but let’s see..

    Guest
  3. kalo start Quartararo bagus niscaya ini bocah bakal touring sendirian di depan, tapi ga tau kalo dia malah pake strategi nursing the tyre, dan yg lain juga ikut2an , mungkin kejadiannya sama seperti GP Doha yg separuh balapan awal itu terlihat para rider seperti menahan utk tidak push,
    dan Marc pun mungkin akan lakukan hal yg sama demi menghemat stamina atau malah dia push di awal agar bisa kabur dan relax di sisa balapan ??

    Guest
    • klo awal2 mah susah kaburnya, apalagi Rins startnya juga bagus dan tepat dibelakang blum ketambahan zarco klo start bagus pasti paling depan.

      Guest
      • wah iya, Zarco salah satu calon yg terbaik di sirkuit ini,, apalagi startnya Ducati udh kyk roket, wkwkwk

        Guest
  4. Sepertinya Vinales makin terbenam saat start.. Ymh harus buat inovasi lain agar start ga kalah sama yang baris belakangnya..
    Jika Marekes kuat menahan beban balapan yang pajangan, dia bisa dibilang pulih total.
    Tapi tetap, Taraweh tetep yang utama..

    Guest
  5. Zarco di kasih motor Abraham yang motor tua dan ga pake seamless shift gearbox aja bisa acak2 podium, apalagi dikasih motor pabrikan. Gw ragu Mir bisa pertahanin gelar, malah bisa aja Zarco di mutasi ke pabrikan di tengah musim tuker guling sama Miller dan jadi juara dunia, kecuali kalo Ducati rela gelar impian mereka malah didapatkan tim satelit mereka.

    Guest
    • kalo sempet dituker sih keliatan bgt manajemen Ducati yg sangat tidak profesional, kecuali mmg sudah tertera di dalam klausul kontrak antara JM dgn Factory Ducati,,

      Guest
    • Tahun skrng ini penentuan jack apakah layak dipertahankan/tidak,kalau ngak capai target juara dunia siap² aja ditendang trs seat diambil alih ama jarko mungkin,bisa dilihat dlu mereka bagaimana perlakuan ducati terhadap juara 5kali sprti lorenzo,itu seorang juara loh bukan rider asal²an… kayaknya itu yg bikin enggan vinales gabung ducati,managementnya buruk gt..

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.