TMCBLOG.com – Tiga race Pertama Musim 2021 memang cukup berat Buat Sosok Juara dunia 9 Kali GP Valentino Rossi. Namun Secara umum Di awal tahun Vale sudah bicara mengenai kemungkinan dirinya tetap membalap di MotoGP pasca 2021 d imana semuanya akan sangat bergantung pada hasil setengah Musim pertama 2021 ini. Kepada La Gazzetta dello Sport ia berbicara banyak soal masa depannya, alasan, serta Masa lalunya

T: Dua puluh enam musim banyak, banyak indah, beberapa luar biasa. Sebutkan Tiga momen yang spesial untukmu? “2001, karena itu adalah Kejuaraan Dunia 500cc terakhir dan oleh karena itu kesempatan terakhir untuk berhasil: pertarungan luar biasa sampai mati dengan Biaggi. Lalu 2004, dengan kemenangan debutnya di Welkom bersama Yamaha. Lebih indah. Dan 2008: Yang bagi banyak orang, saya sudah selesai, orang tua. Namun Sebaliknya dengan beralih ke Bridgestone (saat itu) saya mengalahkan Stoner “.

T : Sebutkan Tiga lawan yang ingin kamu tantang.Β  “Mike Hailwood, Kevin Schwantz dan Giacomo Agostini”.

T: Generasimu tidak pernah tahu pesona dan bahaya Tourist Trophy. Apakah kamu menyesal tidak pernah lari ke sana? “Saya pernah mencoba satu putaran dengan Agostini dan di lap itu saya mengerti mengapa, meski sangat berbahaya, TT sangat indah, sangat legendaris. Benar-benar menakutkan, luar biasa. Tapi tidak, saya tidak akan suka balapan di sana, itu benar-benar terlalu berbahaya. “.

Setelah itu Vale berbicara soal hubungan Asia 42 tahun dengan asa-nya tersebut : β€œPenalaran saya sangat sederhana dan bagi saya aneh bahwa beberapa orang tidak memahaminya, cara berpikir saya berbeda. Saya suka perasaan, perasaan, adrenalin yang membuat saya menang, naik podium, atau balapan yang bagus. Saya baik-baik saja akhir akhir ini. Pada akhirnya waktulah yang akan menang. Sayangnya, begitulah yang akan terjadi untuk semua orang. Tapi saya berusaha sekuat tenaga untuk membuatnya sesulit mungkin ( waktu merenggut Ke aktifannya). Itulah satu-satunya alasan saya masih balapan “

β€œApa yang hilang dari anda dengan menyerah melakukan apa yang Anda sukai akan lebih terasa dari apa yang Anda peroleh dengan menyerah ketika Anda berada di puncak karir Anda, dan Anda tidak pernah tahu apakah itu sudah berakhir.

Di 2013 – ketika saya kembali ke Yamaha – untuk semua orang, saya ini sudah tamat. Namun Sebaliknya, jika saya tidak dirampok dari kejuaraan dunia pada tahun 2015, saya akan memenangkan satu lagi, saya akan jadi (gelar) yang ke-10 dan saya akan memperpanjang kehidupan olahraga saya yang menang menjadi 6 tahun. Saya tidak ingin finis di urutan ke-12 atau ke-16, tetapi kalau saya ingin pensiun, saya sudah lakukan beberapa tahun yang lalu. Tapi saya percaya itu dan saya masih ingin mencoba ”.

T: Apa yang paling Anda sukai dari Petronas? “Saya tidak ingin meludahi piring tempat saya makan, saya juga baik-baik saja di tim pabrikan Yamaha. Tapi di Petronas sangat bagus, ada atmosfer yang hebat, banyak anak muda, tim jarak bebas. Orang Italia dan Orang Spanyol, tapi asik berada di sini. Di pagi hari saya senang masuk bengkel, ada orang yang memberikan jiwanya “.

T : Apa warisan yang akan Anda tinggalkan untuk olahraga ini? “Saya adalah pembalap MotoGP modern pertama, saya melakukan banyak hal dulu, yang telah menjadi pelajaran bagi banyak pembalap sekarang. Saya memulai dengan sangat muda, tetapi pada usia 20 tahun saya sudah berada di 500 dan jalan saya diikuti kemudian dari semua orang. Ada beberapa hal yang telah saya lakukan dan semua orang telah melihatnya. “

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Sumber : La Gazzetta dello Sport

104 COMMENTS

    • 2015 yg paling banyak pole position siapa y??
      Yang paling banyak podium 1 siapa y??
      Dan itu masih di bilang dirampok??
      Kok masih blm move on jg mbah..

      Guest
      • 2006 yg sering juara seri siapa ?.. tp juara dunia Hayden.. 2015 juara paling menjijikkan di kancah motoGP..

        Guest
        • Ya itu bagi fans kuning, kayanya orang lain justru menganggap kelakuan Rossi di tahun itu malah banyak yang menjijikan, sradak sruduk, di press conference tuduh sana sini, begitu gagal dendam sendiri. Aneh kan.

          Guest
        • Kalo bilang 2015 adalah musim paling buruk sih ,mungkin ane setuju karena banyak unsur intrik yg dilakukan banyak pihak(tanpa menyalahkan satu pihak saja)

          Tapi tidak semuanya buruk,banyak juga aksi aksi luar biasa dibeberapa seri yg tidak bisa dilupakan

          Guest
        • 2015…?? Baru ketemu orang yg ga ngaruh pakek psywar apapun, mic lawan di mic, lapangang lawan juga di lapangan
          Sepertinya beliau ga pernah berfikir dulu dia muda spt apa, ggrasak grusuk, dan dapat perlakuan spesial dr dorna, bahkam supliyer ban, dia mulai terusik sebenarnya sejak ada cs27, trus lord hohe99 dan akhirnya lawan si alien tambah ga karuan wkwkwkkwwk

          Guest
    • Rossi udah kangen cium asep knalpotnya marc marquez. Dan pengen lebih lama lagi lihat pantat marquez bergelayutan di atas motor.

      Guest
  1. apakah paduka bakal menimpali krn mbah bilang dia perampok ? atau malah bukan ditujukan sama paduka tapi sama pihak lain ?

    Guest
    • Mbah ross nganggepnya dirampok spanyol Conection. JL dan MM. Tapi patut digaris bawahi. Bahwa semenjak JL naik Yamaha. Rossi sudh sangat kesulitan mengalahkan JL. Ditambah kasus Philips Island sebelum sepang Clash. Rossi menggiring opini bahwa Mm balap hannya untuk mengganggu Dya juara dunia tahun itu. Hingga di sepang menurutku Mm emng sengaja main2 dgn rossi di race. Akibatnya rrossi marah dan terjadi lah sepang clash yg melegenda. Namun sayang data telemeetry kejadian tsb tak pernah diungkap dorna. Apakah benar ada tendangan kungfu kpd Mm ato tidak. Tpi jelas meenurut tace dorector Rossi bersalah karna mmbuat mm jatuh. Akhirnya mbah ross start dri belakang. Sbg pembalap berpengalaman harusnya mbah ross lebih dewasa meladeni The baby Allien yg berwatak sprti Joker. Gak terpengaruh micropone n psywar Seorg Vale

      Guest
      • Betul, rossi jika berpikir championship maka mengalah/menghindari duel dgn MM dan memutuskan berada dibelakang marquez saat di sepang tetap akan juara dunia waktu itu. Cmn ia termakan psywar nya sendiri sejak di Phillip island yg mempengaruhi pskiloginya membalap di sepang.

        Guest
  2. Dendam sampai ke tulang.

    Tetap ngoyo untuk lanjut di 2022, wlpn sejauh ini hasilnya sudah tidak kompetitif, okedeh.

    Guest
  3. Masih aja nganggap gelar 2015 direbut, padahal itu semua juga akibat ulahnya sendiri. Masih untung hasil balap Assen ga dicoret dan ga di diskualifikasi di Valencia. Simpelnya, Rossi memang ga pantes juara dunia 2015. Jumlah kemenangan aja dikit, yang banyak kan kontroversi dan tuduhan-tuduhannya ke rider lain.

    Guest
      • Siapa yg bela Marquez? Kalo mereka berdua dicabut ya gw bodo amat, poinnya kan Rossi melakukan out dan memanfaatkannya dgn sengaja kencang, sementara pembalap lain melambatkan motornya.

        Guest
    • @Si Akang
      Seandainya anda tau bagaimana Bar2nya Fans 46 di IG. semua statement anda bisa dibantah dengan mudah Sampe didoakan Cedera parah layaknya Marq. Ampe Shock juga kalo ketemu mereka. makanya kalo ada postingan2 tentang 46 skip2 aja. Ngeri

      Guest
  4. Ambisimu melebihi kemampuanmu !
    2015 dia yg psywar tp dia juga yg kena mental. Di phillip island dia nuduh marc bantu JL99, padahal disana marc lah yg mengalahkan JL99.
    Makin kesini, semakin dia mengungkit2 masa lalunya yg seakan “harusnya gw yg juara dunia” karena bla bla bla, makin hilang respect sm ini org

    Guest
    • Emang cuma itu yg bisa dilakukan seorang yg udah tua,mengungkit masa lalu dan mencari simpati.
      Karena dilintasan dia sudah tak bertaji

      Guest
    • Dia sendiri ngak sadar semakin banyak ngoceh tentang masa lalu,justru jadi bahan lawakan sama orangΒ² diluar sana… harusnya rossi milih diam…

      Guest
    • Andai Quarta kaya gitu mentalnya. Pasti Quarta nyebut musim lalu Juara duniqnya diraampok Valve gate. Hehehehhe. Kemenanngan 3 seri berujung pda klasemen akhir diluar 5 besar. Sdgkan Morbido 3 seri kemenangan runer up Jurdun..

      Guest
    • kaya mah bayar kursinya sendiri kaya sultan tito rabat dan karel abraham. buat nyempil di avintia aja kudu jual tim moto3 nya

      Guest
      • di mana 2 sultan itu sekarang? value dari seseorang bukan haya dari berapa banyak uang yang dia punya ✌️

        Guest
        • value? are you smoke? LOL

          ga usah bicara value deh klo mereka ga dipaksa keluar mah masih nongkrong di aviantia.

          value dia apa bagi tim nya saat ini? serius nanya.

          Guest
        • @FXR, simple bro, mereka diusir karena gak dibela sama mbah ezpeleta, gak dikasi dukungan sama ducati, nama gak menjual (beda dengan zarco contohnya), dll

          sedangkan rossi, nama masih menjual, buktinya masih bisa mengundang kontroversi (di artikel ini aja cukup bukti ya)😁

          dapet dukungan penuh mbah ezpeleta, dibelabelain mau nambah slot 1 lagi kalo rossi minat

          dikasi motor spek terbaru, padahal petronas mungkin gak terlalu butuh nama rossi, itu artinya motornya dikasi sama yamaha, bukan petronas yang bayar motor spek terbaru itu

          kamu nyadar gak ada yang aneh tahun ini, morbi cuma dapet motor tua, padahal dia pembalap yamaha terbaik tahun lalu, kamu yakin petronas gak mampu beli M1 spek terbaru? hello.. ini petronas, big oil company, saya yakin yamaha yang gak mau kasi M1 terbaru ke morbi karena takut malu kayak tahun lalu, mosok pabrikan kalah sama team satelit πŸ˜‚

          kesimpulannya, sampai saat ini nama rossi masih dinilai menguntungkan buat yamaha, (atau mungkin mbah ezpeleta yang maksa yamaha sekaligus kasi iming-iming nanti regulasi bisa diatur biar kamu untung kalo mau pelihara rossi) contoh kasus ada ban belakang yang jadi lebih ngegrip pinggirannya dan kasus valve gate yang aneh, poin pabrikan dihapus, poin pembalapnya utuh (dan masih gagal juara) πŸ˜‚

          Kalo ada yang bilang ngambil jatah pembalap muda, ya salah pembalap mudanya gak bisa kalahin rossi, coba lihat, begitu ada quartararo, yamaha gak ragu gusur posisi rossi, bahkan vinales yang angin anginan masih di team pabrikan, karena terbukti masih lebih berprestasi dari rossi

          jadi menurutmu, nama rossi udah gak ada valuenya?✌️

          Guest
        • Ga. value apanya sih buat tim petronas sendiri? selain menuhin slot tim dengan hasil yg mengecewakan. kasihan morbideli…. ga mendapatkan apa yg harusnya menjadi miliknya. mending bikin sendiri tim nya buat SUNMORIAN, kan kaya…. klo valuenya setinggi katanya pasti ada donk yg mau jadi sponsor utama agar vale bisa sunmorian. atau kalian bisa saweran buat support GOAT supaya aktif sunmorian dengan tim barunya.

          Guest
    • Kalau gresini keknya kecil deh kemungkinan mau nampung rossi,gresini aja masih cari tim lain utk bermitra jadi tim satelit.. petronas masih mantau 2 seri gp lagi kalau masih nihil jg hasil balap rossi ngalamat siapΒ² angkat kaki dari PSRT

      Guest
  5. Gapapa sih kalopun masih mau balap di MotoGP sampe tahun berapapun
    Tapi masalahnya MotoGP juga lahan uang

    Kalo memang masih keukeuh dengan keinginan membalap belilah mesin entah Yamaha atau apapun itu
    Dan buat tim sendiri, kalo ndk mampu ya VR aja pembalapnya ibarat Independen Team kayak tim Kenny Robert dulu

    Tapi boleh gak sih ?
    Toh sponsor Rossi juga punya sendiri kan ? Kasian pembalap muda tak punya tempat untuk bernaung
    Lagian gimana ya rasanya masih balap dengan lawan yang seumuran anaknya kalo VR udah nikah ?

    But, semua balik ke VR sih ane hanya berpendapat

    Guest
    • mbah ezpeleta dulu udah janji akan usahain slot tambahan di luar 24 slot reguler yang ada kalo vale mau, ya tapi kembali lagi seperti yang situ bilang, semuanya balik ke VR

      Guest
    • Ya penilaian Yamaha bahwa market share. Sponsorsip. Akan lebih banyak dgn masih adaa rossi. Dibandingkan gk ada. Yg pda intinya Yamaha ttep susah Move on dri simbah. Lihat saja ketika yg jurdun lorenzo. Malah lorenzo dibyarkann pergi ke ducati oleh yamaha. Yamaha maalah lebih milih memmpertahankan rossi yg lama puasa Gelar jurdun. Antara hutang budi. Dan gak bisa. Menciptakan sosook brand ambasador bqru bagi garpu tala. Efeknya regenerasi pembalap di motogp terkesan mandeg

      Guest
  6. 2006 mungkin kena jinx sponsor camel,setelah sebelumnya “merampok” sponsor kesayangan biaggi dgn alasan karena suka warna kuning

    Guest
  7. “Seandainya”…. lagu lama… basi lah pak tino,waktu emg ngk bisa diputar,kalau bisa diputar semua orang jg pengen bahkan yg udah matipun berharap waktu itu bisa dibalikkanπŸ˜‚πŸ˜‚,dah lah terima aja kenyataan toh yg mantik api duluan kan ente sendiri pak tino….

    Guest
  8. untung deh lu udah sadar sama kelakuan lu, sekarang dapat amnesti, setelah dinyatakan excommunicado oleh sang ajudikator πŸ˜‚

    Guest
  9. Dah koment panjang2, gak ada sara, gak ada saru, gak ada ngehujat, ilang juga, giliran komen2 mancing2 diatas malah lolos 😬😬

    Guest
  10. Haha kalau diliat statistic balap rossi menurun michelin jadi pemasok ban tunggal gp dimulai 2016.. memang iya dia ngak berkutik ama ini ban,ngak cuma dia semua rider merasakan sulitnya nebak grip michelin ini… 2007 kan sempat merengekΒ² keyamaha minta bridgestone,2008 baru dikabulkan yamaha dan juara back to back 2008-2009.. skrng ditmbah usia udah kepala 4 yg insting balapnya ngk setajam 20th lalu ngalamat susah buat bersaing dibarisan depan,udah jalan 3 seri gp skrng hasilnya makin ancurr

    Guest
  11. Justru sebaliknya. Tahun 2015 anda mencoba merampoknya, tapi tidak berhasil. Lagi pula kemenangan terbanyak 2015 di raih oleh Jorge Lorenzo 7 kemenangan.
    Wkwkwk…

    Guest
  12. harus ada orang lain yg menyadarkan Rossi, memadamkan ego nya untuk tetap membalap dengan pencapaian yg minim begini.. atau emang udah tp gak mempan2?
    blah blah blah soal merampok atau apa lah tp satu yg masih membekas sampe sekarang itu insiden sama Gibernau di Jerez 2005 tikungan terakhir, cmiiw.. maksa masuk dari dalem, itu jalur Gibernau kayak sengaja ditutup, overtake jorok, sampe Gibernau ke gravel walo masih bisa balik ke lintasan.. ini baru namanya dirampok (kemenangan Sete), tp gak ada tindakan dari race director, atau mungkin mereka pura2 gak liat karena yg melakukan adalah Rossi..
    intinya sih, mawas diri aja.. memaksakan ego dengan segala alasannya ini itu tp yg gak keliatan sama dia itu menghambat regenerasi pembalap di motogp..

    Guest
    • Maaf bro saya koreksi itu terjadi th 2004 bukan 2005,2005 itu liverinya bukan gauloises blue,tapi ulang tahun yamaha yg ke 50 dengan menggunakan livery klasik bertema Speed Block.

      Guest
      • oh iya 2004, makanya ditambahin cmiiw soalnya gak yakin tepatnya di tahun berapa.. pokoqnya motogp lovers pasti masih inget Sete nendang2 botol di podium saking keselnya, merasa dirampok..

        Guest
  13. “petronas sangat bagus, ada atmosfer yang hebat” jawabnya seraya direpresentasikan dengan hasil P12, P16, DNF.
    okelah…terserah

    Guest
  14. Sebagai fans simbah menurutku kegagalan 2015 lebih karena ulahnya sendiri sih. Andai di Sepang dia fokus fight dan gak kena penalty di race berikutnya, mungkin bakal lain ceritanya. Sejak 3 tahun terakhir pun kalau mau jujur dia sudah habis, utk ngejar podium aja susahnya setengah mati apalagi ngejar juara dunia. Istilah “no Rossi no party” sudah gak relevan lagi. Tanpa Rossi di front row pun Motogp tetep seru dan ditambah sekarang makin banyak rider muda yg skillnya jago. HariΒ² berat seorang juara itu ya ketika dia harus mengakhiri dunia yg digelutinya, entah mau sad atau happy ending. Dan Rossi kayaknya belum bisa buat menerimanya.

    Guest
    • Nah yg susah adalah kedewasaan rossi untuk berfikir bahwa masa jayanya dia sudah habis.. karna hasrat balapnya masih ada. Mngkin rasa penasaranya thdp juara dunia ke10 masih memmbara.. ya mngkin kurg bercermin aja si. Soal apa yg pernnah dya lakukan di masa lalu.. yg jelas semmenjak JL naik dikelas GP rossi sendirii sudh sanngat kesulitan untuk kembali juara Dunia..

      Guest
      • Skill berbanding terbalik dgn usia, makin tua skill makin terkikis keterbatasan fisik. Itu yg gak bisa dia hindari, mau dikasih motor paling advance pun rasanya sama aja. Memang sudah takdir seorang atlet begitu, yg bisa mengalahkan seorang juara itu ya waktu. Semua juara dan legenda ada masanya, dan bakal ada waktunya sang juara itu pergi dan muncul juaraΒ² baru.

        Guest
  15. 5 balapan awal akan dia gunakan untuk evaluasi menentukan 2022, masih kompetitif atau tidak, tp seprrtinya sudah terjawab. Tetap membalap tanpa menunggu hasil 5 balapan 😁

    Guest
    • gak bisa gitu bro, contoh ya, motormu dicuri, kamu lapor polisi, malingnya ditangkep, eh taunya motor udah dipreteli, termutilasi semua itu jadi part copotan, kamu mungkin mikir motor yang udah termutilasi itu akan lansung balik ke kamu, tapi ternyata sama polisi masih harus dijadikan barang bukti dulu, jadi masih harus diamankan πŸ˜‚

      Guest
  16. Hebat nih trik marketing wak haji dengan ngebold kalimat yang pasti mengundang komen.

    Kalimat lain mah standar aja tentang harapan kosong dan pernyataan pujian bagi tim yg “terpaksa” menampung pembalap tua.

    Your time is over, grandpa 🀣

    Guest
  17. lihat kondisi Morbidelli sekarang apa kakek ini tidak merasa bersalah atau semacamnya? πŸ€”

    yah..makin sini makin keliatan aslinya dia orang kaya apa, mungkin dulu ga terlalu terlihat karena dia memang punya prestasi dan selalu menang psy war.

    ya tpi herannya fans nya banyak dan masih percaya dia bisa menang πŸ₯±

    Guest
    • dari awal sebenarnya petronas sudah menolak, hanya saja dipaksa yahama dengan berbagai bujuk rayu, fakta betapa rumitnya negoisasi antara yahama dan petronas. Kedepannya kalo yahama masih keukeh nitip rossi, ane yakin PSYRT bakal cabut, pindah ke pabrikan lain. Fakta sejarah, dari dulu yang jadi tim satelite yahama selalu menderita. Ingat tech3 cabut karena apa?

      Guest
  18. β€œApa yang hilang dari anda dengan menyerah melakukan apa yang Anda sukai akan lebih terasa dari apa yang Anda peroleh dengan menyerah ketika Anda berada di puncak karir Anda, dan Anda tidak pernah tahu apakah itu sudah berakhir.” VR46

    Dri yg gw tangkep dri kata” itu, pas kita menyerah ya cm nyerah gitu aja nggk akan ada artinya. Tp pas lo nyerah saat lo udh bnr” berusaha, lo nggk akan merasa kehilangan, lo kayak pemenang pdhl lo kalah.

    Salut sih sm vale, jd vale tu ya capek batin cpt pikiran ama tenaga jg kan. Tp never give up dn msh punya kepercayaan. Tamparan sih buat gw yg muda tp msh bnyk ngeluhnya dan nggk percaya diri hehe.

    Guest
  19. Sampe 50 tahun saja sekalian mbah, kayak mbah russell ingal, sampe batas usia maksimal membalap, wkwkwkwk di nascar sama supercars banyak tuh.

    Guest
  20. Mbah rosidin…. pensiun aja sich Sudah habis masamu mbah. Mending ngurus bisnis dan cepat2 berumah tangga.

    Guest
  21. Kalo saya mah nunggu drama clash simbah dengan muridnya sendiri,morbideli…entah tahun ini atau tahun depan,saya yakin itu akan terjadi..ekekeke…tuebangke gak tau malu…

    Guest
  22. kadang gue bingung kenapa banyak yg menghina juara dunia berkali2 ini πŸ˜€ kalau dia masih membalap ya karena emang dia pengen dan dia bisa. so what. kalau hasil jelek ya dia juga lagi berusaha jadi lebih baik. kecuali kalau udah yang bener2 buncit terus baru deh dia akan mikir dia udah gak kompetitif. sekarang masih naik turun, kemaren sebelum crash juga pace dia bagus.

    Guest
  23. saya bisa mengerti, apalagi dia besar, terkenal dan hidup dari olahraga ini tentu dia sangat mencintai olahraga ini. dan tidak seorangpun berhak sampai dia sendiri yang merasa cukup.

    perampokan atau apapun itu yang dimaksud mbah rossi ada baiknya tidak diungkit2, the past is past, balap sajalah dan berusaha kompetitif lagi.
    BTW saya juga pernah dirampok 3ekor lovebird, 1ekor cucak rowo, 3ekor murai, sakitlah karena belinya pake uang hasil keringat belum lagi waktu dan tenaga untuk merawatnya. maksudnya ya sudahlahlah mungkin itu bukan rejeki. hehe

    Guest
  24. g rossi g markes …haternya banyak yah, pdhal mrk yg berpengaruh bngt digelaran ini…coba aja simak, pas twit kemaren…markes semua, skrg rossi semua….jorge martin, ultah taro, aleix didepan all rider dahon….dikit bngt…

    Guest
    • Krn tak ada seorangpun yang sanggup bikin semua orang menyukainya. mungkin anda juga punya haters entah tetangga ataupun rekan kerja atau seprofesi

      Guest
  25. Sebenernya ini jawaban Rossi atas pertanyaan wak haji soal bagaimana pembalap bersosial media. Rossi tidak perlu turun tangan langsung disosmed untuk menyerang siapa, cukup kasih statement waktu diwawancara. Biar pendukung fanatiknya yang berperang untuk dia di social media. Wkwkwkwk

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.