TMCBLOG.com – Dari situs paten Eropa, kepergok bahwa PT. Tarakusuma yang merupakan perusahaan produsen helm merek KYT, INK plus juga pemegang share helm Suomy, baru saja mendaftarkan satu desain helm full face double visor baru. Boleh dibilang saat ini KYT sendiri memiliki satu helm double visor bagus yang ada di pasaran domestik Indonesia. Namanya NFR dan secara umum ada sedikit banyak detail desain helm yang dipatenkan yang memiliki kesamaan detail dengan NFR.

Kesamaan pertama jelaslah platform helm double visornya itu dan platform helm full face dengan spoiler (air diffuser) di belakang tentunya. Namun ada beberapa detail yang menurut TMCBlog cukup berbeda dibandingkan dengan NFR seperti bentuk inlet dari ventilasi udara di bagian atas yang sangat berbeda dengan NFR, lalu tentunya bagian chin atau dagu yang dibuat lebih menonjol secara 3D.

Selain itu kita bisa lihat visor dari detail helm KYT yang dihadirkan ini menggunakan sistem pengunci visornya berada pada posisi tengah, sementara NFR berada di bagian kiri dari visor. Lalu desain visor dari calon helm full face terbaru KYT ini juga ada kemiripan dengan KYT TT Course dimana ada tear drop pada bagian samping kanan dan kirinya, namun kena penambahan sedikit bidang visor di atas kanan dan kirinya juga. Memberikan kesan penampang visor yang lebih luas.

Perbedaan selanjutnya yang cukup signifikan adalah hadirnya air diffuser/spoiler dibagian belakang helm yang secara umum memiliki dimensi lebih panjang ketimbang milik NFR. Dan jika kita lihat pada dua gambar yang dibandingkan di atas terlihat memang secara umum desain dari helm KYT yang baru didesain ini lebih modern dan lebih sharp/tajam. Mengikuti trend desain dari helm saat ini.

Sobat juga bisa lihat dari gambar di atas bahwa mekanisme buka/tutup inner visor dilakukan menggunakan satu knob/tuas yang digeser dan terletak dibagian bawah sebelah kiri dari helm. Sementara belum ada tanggapan apapun dari PT. Tarakusuma mengenai desain helm baru yang bocor ini. Namun kalo boleh nebak bisa jadi ini adalah generasi lanjutan dari KYT NFR . . atau sementara kita sebut saja NFR 2.0 . . Kalau menurutmu apa sob ?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

26 COMMENTS

  1. Helm dengan mekanisme double visor gini suka gampang dol/ rusak gak sih?
    Pengen visor yang mencegah silau waktu siang tapi kalo pake yang smoke begitu dipake malem jadi gelap visibility nya, pake visor bening siangnya kesilauan.

    Guest
    • Ane pernah pasang warna light smoke malah burem, pandangan jadi ga jelas. Jadinya dicopot lagi.
      Munkin ane dipasangin yang kualitasnya jelek

      Guest
  2. Cikal bakal helm ghaib dan harganya jd gorengan bakul helm … Dan bang jago yg jual seken nya diatas harga baru …

    Guest
    • Wkwk bener, saya dulu beli mds super pro di harga 350rb,skrg di online shop kok paling murah 425rb,bahkan sampe lebih dari 500rb

      Guest
  3. rebadge suomy stellar kah? soalnya desain visor nya lebih landai di bagian pengait nya, kalo nfr kan lebih tajem belokan nya kalo suomy stellar lebih landai jadi bentuk visor nya lebih lurus alias lebih nyatu
    walau diawal sih saya pikirnya ttc versi double visor tapi waktu liat lebih lama jd inget suomy stellar dengan beberapa perubahan

    Guest
  4. merk ini overrated sebenernya, ane punya berbagai merk. kualitas sama aja.
    nyari yang harga normal malah susah kalo merk ini. gara2 overrated nya itu.
    mohon maaf bagi anda2 fan berat merk ini. kenyataan nya begitu.

    pengalaman pribadi : gegara diracuni kalo merk ini lebih dari merk lain. nyari kemana2 ga dapet harga normal, sampe akhirnya datang ke pusat sparepart motor di jakarta yang calonya narik2 padahal belom lepas helm baru dapet harga cuma sedikit diatas harga normal tapi itu pun ditipu karyawan yang jual padahal harga list itu harga normal.
    dipake 2 tahun = sama aja sama merk2 lain yang harga lebih hemat.

    Guest
    • yup, helm overrated yg alhamdulillah nyelametin dari 2x kecelakaan yg lumayan bikin muka ancur.
      alhamdulillah cuma mampu kebeli yg rc7, dan menikmatinya sampe sekarang.. 😀

      Guest
  5. Semoga Ada warna polos silver GLOSSY, jarang banget Ada warna silver,
    bolak balik item, putih, merah, gumetal, bosan

    Guest
  6. calon helm laris manis dan jadi buruan penggemarnya

    asal jangan goib aja barang nya (jarang ready kl ada harganya dah pada di markup)

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.