TMCBLOG.com -Seperti Kita ketahui bersama pada produk Honda CB150R StreetFire MY2021 sepertinya selain fokus di penampilan yang lebih besar, Muscle dan kekar, Honda/ AHM juga fokus di handling dan Oleh sebab itu Kita bisa lihat bahwa pada generasi terbaru dari Honda CB150R StreetFire ini Honda membenamkan jenis setang yang benar benar serius. Mulai dari Riser yang cukup Tinggi dengan Damper karet Mirip Honda Win sampai Setang jenis FATBAR . . .

Riser setang yang cukup tinggi ditambah ketinggian dari setang fatbar berkontribusi menambah tinggi handlebar dari Honda CB150R SF 2021 menjadi kira kira Naik sekitar 4 cm-an dibanding dengan generasi CB150R SF sebelumnya. Nggak hanya Lebih ringgi, Kontur dari setang yang super baplang juga berkontribusi pada lebih lebarnya spek motor sehingga nambah kiri dan kanan masing masing sekitar 4 cm-an juga dibandingkan Generasi sebelumnya . .

Perubahan raiser dan setang ini saja pada dasarnya sudah merubah segitiga ergonomi dari CB150R SF secara signifikan menjadi lebih beraura turing dimana letak salah satu dari Tiga Komponen ergonomi yakni tangan jadi lebih tinggi dan lebar sehingga diperkirakan handling jadi lebih relax namun tetap Aware. Selain ergonomi pada artikel ini kita juga akan membahas mengenai Setang Jenis fatbarnya itu sendiri

Awalnya dikira Setang Honda CB150R StreetFire baru akan sama sepeti Setang Beat street atau setang Old CB150R atau bahkan setang CRF150L dimana Diameter pipa setang dari ujung ke ujung akan selalu konsisten sekitar 22 mm. Dengan Diameter Pipa yang konsisten dari ujung ke ujung sebesar 22 mm maka tingkat kekuatan dan Fleksibilitas dari setang pun pada dasarnya boleh dibilang merata dari ujung ke ujung. Oleh karena itu pada bagian di atas Clip-On Riser pada Setang CRF150R hadir ” bar tambahan ” Untuk penguat bagian tengah . . .

Sekarang Kita Lihat setang Honda CB150R Streetfire MY2021 terbaru . . . Tidak ada bar tengah yang melintang seperti di CRF150L kan ? . . yes Itu karena Konsep desainnya adlaah FATBAR atau boleh dibilang Mengikuti/ terinspirasi dari Desain FATBAR yang dipatenkan Oleh Brand Setang Renthal.

Pada dasarnya pada saat pendesainan Setang ini, Renthal ingin membuat sebuah setang yang bagian tengahnya Memiliki kekuatan sementara bagian Sisi samping kanan dan Kiri masih memiliki Fleksibilitas yang dibutuhkan Untuk Motor motor jenis Dual Purpose. Sehingga akhirnnya Hadir desain dimana pada bagian tengah terlihat lebih ‘ Gendut ‘ dibandingkan bagian sisi samping kanan dan kiri.

 

Mengenai Setang jenis fatbar di CB150R tmcblog lupa ukur diameter tengahnya, apakah 36 atau 28, namun Fatbar 36 terkenal karena Bagian tengah memiliki diameter 36 mm sementara bagian sisi samping kanan dan Kiri tetap mempertahankan diameter pipa standar 22 mm . . jadi begitu bro serba serbi mengenai setang jenis fatbar atau yang bentuknya Mirip FATBAR tersebut, silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

31 COMMENTS

    • Pengalaman pakai stang sangat lebar waktu manuper belok patah-patah akan sulit untuk yg jangkauan tanganya pendek, karena saat berbelok sampai mentok posisi pegangan yg jauh (klo belok kiri tangan kiri, klo belok kanan tangan kanan) jadi sulit dijangkau (lebih jauh). Saya pribadi stang motor paling pas itu stang ninja R yang lama, orang banyak bilang tinggi 1/4 dari standar, padahal stang ini standar ninja R lama

      Guest
      • @novi cute
        satu lagi saat nyalip di sempitnya jalan macet, stang lebar jd petaka. udh susah nyalip malah dipaksa takutnya kegores… stang new CB generasi 2 yg bagus. warna hitam, sedikit lebih tinggi dan lebarnya masih standaran pass

        Guest
  1. Ya biar enak bin nyaman ergo nya buat riding lama, ga pake penguat tengah yang dilapisi pelindung dagu biar ga dikira stang nya CRF dong

    Guest
  2. raiser nya bisa di PnP kan di CRF 150 ga wakaji kira2 ??? mendingan pake raiser CBSF dari pada tumpuk raiser buat pake stang fatbar di CRF jd tinggi + bisa pasang stang fatbar kaya KLX BF

    Guest
      • bung firman bisa bilang begitu? apakah anda ahli material metal? sudah meneliti stang KLX & CBSF? atau terlibat di produksi keduanya dan tahu semua uneur2 dari mereka? ah tidaknbung firman, sayabrasa hanya asumsi anda saja dan bahkan anda lihatbaslinya pun belom.. cihuiiiiii

        Guest
  3. Yamaha punya matic urban (Mio) dan trail ala ala (X-ride), Honda bikin Beat ditrondolin.
    Yamaha punya cruiser/touring (Viksen) dan roadster (MT-15), Honda bikin CB versi stang baplang.

    Jawaban sederhana dari Honda, andai saja Honda lebih totalitas. Ya tp gimana, marketshare udah hampir 75% ngapain repot2 ya.

    Guest
  4. Bukan sentang nya yg kenapa wak, tapi itu desain raisernya aduh kok cungkring gitu ya? Kenapa ga dibikin sedikit tebal gitu biar kelihatan estetikanya

    Guest
    • Iya,ujungnya yg nyambung ke segitiga malah mengecil bikin ilfeel,kalo dr ujung ke ujung tetep tebel sih masih lumayan kelihatan kokoh lah

      Guest
  5. Stang fatbar di bodi motor yg normal?? Maksudnya bodi tangki tetap panjang, ga sependek xabre/MT/CRF

    Guest
  6. Jadi inget artikel yg ngebahas tonjolan dileher knalpot waktu cbsf baru keluar “too good to be true”

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.