TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui, Motor full fairing supersport kelas Menengah khususnya untuk konsumsi konsumen yang bisa Legal dipakai di jalan telah mengalami shifting dari awalnya sepakat di kubikasi 600 cc empat silinder segaris menjadi model model yang lebih beragam seperti kehadiran Aprilia RS660 dan Yamaha R7 yang menggunakan mesin twin. Dan kabat erakhir, Suzuki pun dirumorkan akan ikut serta di segmen ini.

Suzuki GSX-R660, di desain oleh oleh desainer Obderan Bezzi, sebuah hasil olah digital imajinasi dari sosok Calon Supersport baru Suzuki yang bisa disiapkan untuk pengguna sim A2 di eropa. GSX-660 RR ini dirumorkan akan memanfaatkan mesin V-Twin 90º dua silinder saat ini dibenamkan pada seri Suzuki SV 650 di mana untuk setup performa, makaa mesin bisa dikail hingga menyentuh power maksimum 95 hp, namun tetap bisa dilimitasi untuk memfasilitasi homologasi dan pembatasan SIM di bawahnya menjadi 47 hp untuk rider pemula.

Part lain yang digunakan, seperti juga pada RS 660 atau Yamaha R7, hadir suspensi depan KYB USD41 mm yang dapat disetel sepenuhnya dan kaliper Monoblock radial Brembo , dan tentunya Sasis twin spar alumunium yang jenlas berbeda dengan jenis Trellis tubular yang digunakan oleh Suzuki di SV 650.

Secara estetika, Perkiraan bentuknya  seperti terinspirasi langsung oleh Motor MotoGP GSX-RR termasuk kehadiran sepasang winglet di kiri dan kanan fairing untuk memberikan efek downforce yang lebih besar pada roda depan. . . Secara konsep sih udah Oke banget, beda sama yang lain karena pakai Mesin V-twin, Yang patut ditunggu adalah, apakah Suzuki benar benar akan melakukan mewujudkannya ? . . Menurutmu Gimana sob ?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

39 COMMENTS

  1. Thumbnailnya bikin ngiler, cakep bgt, emang menurut saya suzuki punya motor tercakep digrid motoGP ,jika desain dicaplok untuk massolroduction,tnggal dikasih lampu seperti diatas cakep bingit

    Guest
    • GSV250 kali bakal lebih rame… pakai meain Yousung dengan adaptasi liquid cooller… rasanya bukan mustahil bagi suzuki… ini kalau mau nyebur bener ke pasar sim A pemula di eropa dan sim C di Indonesia maupun Asia Timur
      tapi kalau mau nyungsep ya pakai saja gsx 250 versi china ataupun india

      Guest
    • Ya emang udah pasti suzuki ikutan turun bikin pure product lah. Secara market nya dia di amerika untuk kelas ini besar banget.
      Liat tuh ama superbike di kelas twin. Suzuki sama yamaha saling rebutan posisi pertama. Dan skrg masuk aprilia pake pure produk rs 660 nya. Sedangkan yamaha dan suzuki masih mengandalkan motor modifikasian dari mt07 dan sv650. Ya ga mungkin banget suzuki ga develop secara langsung pas ngeliat yamaha pun develop langsung untuk kelas ini.

      Guest
  2. Saya rasa kalo suzuki meninggalkan desain untuk market india,pakai desainer yang sekelas dengan gsx650 ini lalu buat skutik sekelas nmax, setidaknya bisa menguasai 30% pangsa pasar Indonesia dalam 5 tahun kedepan,

    Guest
    • Waktu tornado lagi cakep-cakepnya, sementara Honda jualan astrea grand dan Yamaha dg Force1 dan Alfa aja, Suzuki 20 persen aja susah.

      Terus pas ada shogun dan satria, tetap susah.

      Kenapa ya?

      Apa krn kebanyakan main dealer di suatu daerah adalah usaha keluarga? Jadinya gak bisa berkembang?

      Guest
    • Ya kaya motor2 gp250 jaman dulu, kalo ditelanjangin seramping gp125 tapi dipakein baju yg lebar. Sv650 aja motornya paling kecil pas dipake balap twincup tapi dipakein fairing 4 silinder jadi ga terlalu keliatan ramping.

      @otomascot kayanya dia ga ada bahas motogp deh

      Guest
    • Tomat
      Apa karena angka di tiap kelas maka masing2 konfigurasi mesin ngikut?

      Mo Gp 4 cyl
      Moto2 2 cyl aka twin
      Moto 3 3 cyl.
      Lawakan anda sungguh lucu Wkwk

      Guest
    • Kalo aja dorna nurutin konsep ktm buat kelas moto2 yaitu 2 silinder 500cc, produk massal 2 silinder bakalan keangkat dikit derajatnya dan jauh dari kesan segmen lemah syahwat. Tapi ya resikonya balapan prototipe jadi mahal dan output power cuma setara gp250 jaman dulu yg cuma kisaran 90-110 daya kuda, secara prinsip dorna ga banget karena mereka mau moto2 dimensi, bobot dan power mirip motogp, padahal secara marketing bagus banget apalagi sejak kategori supersport hidup segan mati tak mau.

      Coba deh liat komentar diatas, mesin kategori lemah syahwat aja masih ada yg hubung2in dgn balapan prototipe. Yg sangat mengisyaratkan bahwa marketing di balap prototipe itu josss, sama kaya jaman produk massal motor 2 tak jaya dulu. Padahal 100 dayakuda kalo bobotnya ga sampe 120kg jg bakal sekenceng motor 150 dayakuda yg berbobot kisaran 160kg (moto2) ato 170kg (wss), artinya mesin lemah syahwat sekalipun kalo udah dipaksa balapan dan pake race spec ya jadi senjata ampuh jg.

      Guest
    • Masih ada ya yg pemikiran nya macem lo.. mesin lemah syahwat? Karna 2 silinder? Yaampun.. segitu rendah nya sdm sales di Indonesia ttg motor.
      Tau nya motor yg bertenaga cuma 4 cylinder? Hahaha ini ngomong ky gitu biar bisa makan atau gimana?
      Liat tuh zx 4cyl dgn 250cc, perasaan lebih lemah syahwat di banding ktm 390 dgn 1 cylinder nya.
      Zx cuma ngang ngung ngang ngung macem tawon. Di gas pol lari nya segitu2 aja. Nanjak pun rpm tinggi tapi speed segitu2 aja. Ky gitu ga lemah syahwat?
      Miris liat komentator Indonesia. Masih ada aja yg mendewakan 4cyl walaupun dengan pengetahuan 0 besar di kepala nya

      Guest
  3. klo engine V-twin, kayanya sih tipis kemungkinan realisasinya…secara, roadmap product list suzuki justru bakalan banyak pake engine inline ke depannya…IMHO

    Guest
    • Jangan salah. Suzuki cinta bgt sama line up mesin ini. Dan cuma mesin ini yg produk nya di pakai ke brand lain/multi brand. Mulai dari cagiva untuk raptor 650 dan 1000. Fischer mrx650. Hyosung gt650. Dan masih ada lagi brand2 in house yg pake mesin ini buat produk mereka.
      Dan jangan lupa, potensi yg di hasilkan dr mesin ini cukup buat narik market di benua amerika lewat event bergengsi disana Ama Superbike di kelas Twin nya.
      Suzuki selalu berebut sama yamaha utk podium pertama. Dan tahun ini ketambahan aprilia lewat produk pure mereka yaitu rs660.
      Malah suzuki ga ada rencana ataupun desain khusus untuk inline yg akan di cangkokin ke sportbike entry level mereka berkaca di kelas 250 ataupun 500-600cc

      Guest
  4. Hmm, Ngomongin dua silinder suzuki, jadi inget suzuki recursion, twin silinder turbo intercooler. Kalo jadi pake mesin ini, wah, bakal jadi primadona baru nih

    Guest
  5. Kalo jadi kenyataan, namanya bakal GSV-R650 deh kayanya. Tapi kalo soal desain bakal mirip sama GSX-RR gw sangat ragu karena Suzuki ini pabrikan yg terkenal males desain, mereka lebih suka desain corporate contohnya gsx series dari 1000cc sampe 125cc desainnya mirip semua. Mungkin bakalan pake desain motogp asal gsxr1000 udah copy fairing gsxrr

    Guest
  6. Juara MotoAmerica Twins Cup tahun lalu dan pemimpin klasemen tahun ini kan Suzuki SV650 yang dikasih fairing. Tinggal dimodif sedikit jadi deh GSX660 versi produksi massal.

    Guest
  7. Kecil kemungkinan bakal terwujud,Suzuki kebanyakan mikir mikir

    Begitu brojol produk baru ternyata malah nyasar ke segmen lain

    Guest
  8. Gambarnya terlalu…Mengkhayal…
    tapi sudah dielu”kan (lihatkoment) kayak
    sudah ngalahin RS660/R7
    Nguihihihihi…

    Guest
  9. Lah kan rumornya SV650 mau di suntik mati di ganti 2 silinder inline, bisa jadi teknologi crossplane GSX RR diturunkan juga. Dulu juga ada kan paten 2 silinder entah buat 250 atau 400, bisa jadi 1 basis biar irit cost, bisa reborn TL1000 juga sekalian walaupun bukan mesin V.
    GSX R600 dan 1000 gen 1 aja dulu berbasis GSX R750.

    Guest
  10. boleh juga, cuma namanya jangan GSX tapi GSV, ato menghidupkan lagi nama TL, jadi namanya TL660R seperti jaman TL1000R yang legendaris dulu

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.