TMCBLOG.com – Dalam sebuah video yang dirilis Akun medsos KTM, Pabrikan Austria ini mengumumkan kehadiran Calon model sporty baru, yang disebut disebut sebagai KTM RC890 Tanggal 20 Juli 2021 mendatang. Penggunaan nomenklatur RC memberikan arti bahwa Model varian ini adlaah Model Full Fairing Sport. KTM melaporkan bahwa hanya 100 KTM RC890 yang akan dibuat secara hand Made

KTM menjanjikan performa RC890 akan seperti “Moto2”, dan Bicara soal referesnsi Moto2 artinya akan mengacu pada mesin tiga silinder Triumph yang sekarang digunakan di kelas balap ini dimana menghasilkan sekitar 140 tenaga kuda. Ini berarti bahwa mesin 890 dua silinder KTM harus memperoleh tuning khusus sehingga hadir tambahan tenaga sekitar 20 HP, Secara model mesin milik KTM saat ini memberikan hanya menghasilkan Power maksimum 121 HP.

Frame yang ditampilkan dalam teaser berjenis turbular Tralis warna jingga yang memang khas KTM banget. Jika Kita melihat lebih dekat pada video teaser KTM sangat jelas bahwa kemungkinan rangka teralis baja yang dihadirkan sangat mengambil referensi pada track bike Kramer GP2 890R ( Jika benar maka Materialnya akan Chromium-Molybdenum steel ) .

KTM menjelaskan bahwa KTM RC890 adalah model “Track Use Only”, jadi tidak ditujukan untuk penggunaan jalan umum (road-legal) . Secara umum Saat ini pabrikan sepeda motor asal Austria ini tidak memiliki banyak pilihan model sport dengan Kubikasi besar. So Dengan RC890 ini mungkin ke depan Para Pembalap KTM terutama yang berlomba ke KejuaraanGrand Prix nggak lagi harus latihan dengan Motor Motor Brand Pabrikan lain seperti yang mereka lakukan selama ini.

Taufik of BUitenZorg | @tmcblog

15 COMMENTS

  1. Apa kira2 alasan ktm tidak mau memperbanyak atau melengkapu segmen motor sport yg multi silinder 300cc keatas?? Bhkan motor ktm blum pernah ada yg 4 silinder kecuali motor prototipe nya d motogp (rc16)

    Guest
    • Pi Beirer pernah bilang, motor 1000cc 4 silinder skrg terlalu bahaya untuk awam. Jadi mereka cuma fokus buat motor besar untuk keperluan sirkuit yg jauh lebih aman. Menurut mereka.

      Guest
    • Idealismenya msh kuat. Mirip” Ducati. Dan lg segala kemampuan yg dicurahkan utk proyek GP bs dianggap sekedar perang merk, toh yg paling krusial yakni keuangan sdh didukung Red Bull..

      Guest
  2. Mungkinkh mulai tahun depan redbull dan ktm akan memperluas kerjasamanya? Soal mulai tahun depan honda udah resmi mundur dri f1 (mudah2an diakhiri dgn gelar juara), dan redbull udah membeli patent power unit honda yg mereka gunakan saat ini, selain bantuan dri mekanik yg mereka bajak dri tim mercedes, kali aja redbull juga meminta ktm untuk kerja sama mengembangkan mesin formula one

    Guest
  3. Ingat KTM motor superbike 178 hp katanya bahaya kan dagelan…πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚

    Guest
    • Karena nama RC8 udah dipake di motor lama mereka. Lagipula nama RC4 di kelas kecil aja terkesan maksa, lebih keren memang RC kemudian diikuti cc, kcuali motogp memang keren nama RC16 daripada RC999

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.