TMCBLOG.com – Setelah dua pekan berturut-turut membalap di sirkuit Red Bull Ring, akhir pekan ini rombongan MotoGP akan singgah di sirkuit Silverstone, Inggris. Terletak di pedesaan Inggris yang indah di selatan Birmingham antara kota Towcester dan Brackley di Northamptonshire. Silverstone pertama kali digunakan untuk balapan pada bulan September 1947 ketika sekelompok teman mengadakan balapan dadakan di sana. Sirkuit 5,9km (3,666 mil) ini merupakan sirkuit terpanjang dan salah satu yang tercepat di kalender MotoGP.

Karena pandemi, balapan pad atahun 2020 dibatalkan, jadi kunjungan tahun ini akan menjadi kunjungan kedua ke sirkuit dengan aspal barunya sejak tahun 2019, dan akan diadakan dengan full penonton yang sangat disambut setelah pelonggaran peraturan pembatasan Covid19 di Inggris baru-baru ini. Semua rekor MotoGP dibuat pada 2019 dan saat ini Marc Marquez memegang rekor laptime dengan 1:59,936 dan rekor lap sepanjang masa 1:58:168. Dengan rekor top speed 333,3 km/jam ditorehkan oleh Cal Crutchlow.

Alokasi ban untuk balapan di Silverstone akhir pekan ini akan terdiri dari kompon Michelin Power Slicks soft, medium dan hard untuk depan dan belakang. Semua opsi ban depan akan simetris, sedangkan belakang akan asimetris dengan sisi kanan yang lebih keras untuk mengatasi 10 tikungan kanan dibandingkan dengan 8 belokan kiri. Sebenarnya, tata letak sirkuit hampir simetris, tetapi karena ada lebih banyak tekanan di sisi kanan ban, karet yang lebih keras diperlukan di sana untuk memberikan performa optimal bagi pengendara.

Seperti halnya musim panas di Inggris, cuaca basah dapat diperkirakan terjadi kapan saja, sehingga berbagai ban Michelin Power Rain akan tersedia selama akhir pekan. Alokasi tersebut akan menampilkan ban depan soft dan medium simetris, dengan bagian belakang soft dan medium asimetris dengan sisi kanan yang lebih keras seperti rekan-rekan mereka yang licin.

Dari perspektif teknis, sirkuit ini tidak mudah karena memiliki kombinasi kecepatan tinggi di trek lurus dan fast corner. Dengan pemikiran ini, desainer Michelin telah bekerja keras untuk membuat ban yang dapat menahan panas yang dihasilkan oleh gesekan pada kecepatan tinggi, dan memberikan stabilitas, cengkeraman, serta kelincahan yang cukup besar yang dibutuhkan untuk menangani perubahan arah cepat yang diminta oleh pembalap.

Aksi pembalap akan dimulai pada hari Jumat 27 Agustus dengan sesi latihan bebas (FP) 1 dan 2, diikuti pada hari Sabtu latihan bebas sesi 3 dan 4, dan kualifikasi 1 dan 2. Setelah sesi Warm-up pada hari Ahad pagi, para pembalap akan mengambil tempat mereka di grid untuk memulai balapan 20 putaran pada pukul 13:00 waktu Inggris atau jam 20 WIB. | Based on Michelin Info

 

41 COMMENTS

  1. kapan ni brand cabut dari motogp wak ?

    beberapa tahun terakhir race dari pebalap dan performa motor di kacaukan oleh ban

    ane sedikit yakin para pebalap pengen komen sesuatu tentang ni brand, cm terikat kontrak.

    tahun berapa itu komen #46 dengan lantang menyebut ban japan much better dari ban sigembul ini, kenapa balik lagi ?

    Guest
    • Yoi gan..
      Kalo ga salah aleix espargaro dl jg pernah bilang jika saat cornering pake ban B masih bisa narik rem beberapa mili bar.. Tp dgn ban M itu mustahil di lakukan..

      Guest
    • Sebenernya ada andil Dorna jg, mereka minta kompon berubah2 biar yg terlalu cerdas manage ban macam Marquez ga menang mulu. Kalo insiden ban ato kompon berubah2 di taon2 awal okelah bisa dimaklumi, ini udah bertaun2 kompon berubah2 mulu dgn alasan development, mending jujur aje Dorna yg minta daripada reputasi brand ancur.

      Guest
  2. Ganti sirkuit kok ganti ban. Mbok udah soft medium hard semua sirkuit sama. Pinter2an masing2 pembalap n team milih. Kalo gini kemaren ban cacing besok ban bocel

    Guest
  3. Di era motogp pke miselin ini (mulai 2016) jumlah kejadian pmblal jungkir balikk meningkat tajam, apa dorna tidak mempertimbangkan sektor ban ini?? Mkin kesini motor motogp mkin kencang klau menggelinding dgn ban yg ***** apa gak semakin berbaya??. Vote brigestone atau pirelli dah jdi pemasok ban motogp

    Guest
  4. karakter ban di ganti setiap sirkuit supaya balapan menarik sih ok2 aj tapi kalo mulai berpengaruh ke safety pembalap sih gw ga setuju banget

    Guest
  5. liat layout silverstone, keinget insiden Hamilton nabrak Max kemaren di tikungan Copse, sampe ngancurin mobil Max

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.