TMCBLOG.com – Di race 1 WSBK Argentina yang berlangsung di sirkuit San Juan Villicium kedua pembalap Kawasaki Racing Team menggunakan livery khusus yang berbeda dengan livery balap resmi yang mereka gunakan di tahun ini. Jonathan Rea menggunakan Kawasaki Ninja ZX-10RR dengan livery grafis tricolor hijau putih biru yang merupakan replika grafis dari Kawasaki ZXR750 yang beken di tahun 1990. Sementara Alex Lowes menggunakan grafis Ninja GPZ900R dengan kombinasi hitam dan merah plus stripe putih.

Perusahaan Kawasaki didirikan 15 Oktober 1896 oleh Shozo Kawasaki. Shozo Kawasaki sendiri yang lahir pada tahun 1836, terlibat dengan industri kelautan sejak usia muda dan mengakreditasi kelangsungan hidupnya untuk modernisasi kapal. Hal ini menyebabkan keputusan untuk menciptakan inovasi teknologi untuk industri perkapalan Jepang.

Pada tahun 1886, Shozo Kawasaki memindahkan bisnis dari Tokyo ke Hyogo sejalan dengan penggantian nama menjadi Kawasaki Dockyard. Perusahaan baru ini langsung go public sebagai Kawasaki Dockyard Co., Ltd ketika permintaan kapal meningkat selama perang Tiongkok-Jepang tahun 1894 dimana Kojiro Matsukata diumumkan sebagai presiden pertama perusahaan.

Setelah membuka pabrik baru pada tahun 1906, Kawasaki mulai melakukan diversifikasi produknya. Mereka mulai memproduksi suku cadang untuk industri kereta api, otomotif, dan pesawat terbang pada akhir perang dunia 1. Setelah perang, bersama dengan perjanjian pembatasan senjata sekutu pada tahun 1912, Kawasaki menghadapi penurunan besar dalam pembuatan kapal.

Pada akhir 1947 atau pasca perang dunia kedua, pemerintah kekaisaran Jepang memperkenalkan agenda pembuatan kapal baru dan memberi Kawasaki kesempatan memulihkan perusahaan dan pada 1950-an, Jepang memimpin sebagai pembuat kapal terbesar di dunia dengan kawasaki menjadi salah satu variabel penting di dalamnya.

Mengenai diversifikasi ke industri sepeda motor diawali dengan aksi Kawasaki Aircraft yang membeli pabrikan sepeda motor asli Jepang yang sedang sakit kala itu, Meguro Manufacturing dan dengan Meguro-lah Kawasaki Aircraft  memproduksi sepeda motor juga dengan nama Meguro.

Beberapa sepeda motor awal menampilkan lambang dengan “Kawasaki Aircraft” di tangki bahan bakar. Setelah itu lahirlah Meguro K1 – yang merupakan salinan BSA A7 500 cc bermesin vertikal kembar, W1 yang merupakan cikal bakal penamaan motor W series sampai saat ini, K2 yang sukses dan masih banyak lagi.

Perjalanan Kawasaki terus menerus hadir sampai akhirnya tahun 2021 tepatnya 1 Oktober 2021 ini secara resmi kawasaki membentuk perusahaan khusus yang memproduksi sepeda motor, terpisah dari Kawasaki Heavy Industry, yakni Kawasaki Motors dan membawa lambang/logo perusahaan baru yakni Kawasaki River.

Untuk merayakan peluncuran ulang tahun ke 125 Kawasaki, pembentukan Kawasaki Motors Ltd dan penggunaan logo River Mark di seluruh dunia lah akhirnya Jonathan Rea, Alex Lowes dan seluruh Kawasaki Racing Team menghadirkan grafis replika dua model ikonik yang mewakili kisah heritage Kawasaki.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

14 COMMENTS

  1. Yg dipake rea sih gak asing, cuma yg dipake alex masih asing diliat. Malah diinstagram dibilang kaya livery ktm wkwk. Itu difoto studio mah kaya oren hitam yak warnanya

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.