TMCBLOG.com – Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Valentino Rossi yang kini berusia 42 tahun menyatakan pensiun dari MotoGP di bulan Agustus 2021 lalu, sementara pembalap dari disiplin jenis balap MXGP -Antonio Cairoli menyatakan akan pensiun di usia 36 tahun pada bulan September 2021 kemarin. Keduanya bersahabat, sama sama asal Italia dan sama sama peraih 9 kali juara dunia Grand Prix. Terlihat bukan sesuatu yang kebetulan, namun Antonio Cairoli mengaku nggak janjian pensiun bareng dengan Rossi.

Cairoli sepanjang karir Grand Prix-nya berhasil memenangkan MX2 dua kali, lima MX1 dan dua MXGP. Sementara Valentino Rossi sepanjang karirnya berhasil menjuarai satu kali GP125, satu kali GP250, satu kali GP500 dan 6 kali MotoGP.

Ketika ditanya apakah dia telah berbicara dengan Rossi tentang tekadnya untuk berhenti balapan, pembalap asal Sisilia ini menjawab kepada Marca; “Ya, ini sebuah kebetulan yang luar biasa. Kami tidak pernah memikirkan pensiun, kami tidak pernah membicarakannya, itu datang begitu saja. Dalam olahraga motor sangat penting untuk sehat dan kuat.” kata Cairolli.

“Sulit ketika kita menjadi lebih tua dalam olahraga ini, karena saya bersaing dengan pembalap yang 15 tahun lebih muda dari saya, dan itu hal yang sangat sulit, dalam kondisi ini untuk pulih, terutama di kejuaraan dunia seperti ini, di mana semua pembalap sangat bersemangat dan dekat. Road race pun jelas sulit, (namun) lebih mudah daripada motorcross untuk stamina fisik/tubuh, jadi adalah sebuah kebetulan kami pensiun pada tahun yang sama.”

Bagi Cairoli, Valentino Rossi adalah sosok yang berjasa mempromosikan motorsport di tengah hingar bingar level hegemoni sepak bola, khususnya di negara Italia. “Semua orang tahu Rossi di motorsport, dia salah satu yang terhebat, dia juga untuk olahraga Italia, dia membawa olahraga ini ke level yang sangat tinggi. Sepak bola adalah hal terpenting di mana-mana. Dan motorsport adalah bagian kecil, tapi saya yakin dia membantu memenangkan lebih banyak penggemar. Semua orang mengenalnya, bahkan di luar olahraga ini,” ujarnya.

Bicara mengenai akhir pekan ini, Valentino Rossi akan menjalani balapan yang mungkin paling emosional, balapan terakhir Grand Prix-nya di sirkuit di mana ia pertama kali menggunakan motor balap yang proper, sirkuit Misano.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

10 COMMENTS

  1. Antonio cairoli kykny fans gitaris fingerstyle mas alipbata dengerin petikan lagu godfather sambil ngopi d sicilia..hehehe
    Melenceng dikit wak..?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.