TMCBLOG.com – Tahun 2022 nanti Ducati adalah pabrikan dengan line-up pembalap MotoGP paling banyak yakni sebanyak 8 pembalap yang tergabung dalam 4 team. Secara umum dalam satu musim setiap pabrikan diperbolehkan mendaftarkan/menghomologasikan 3 kenis sepeda motor yang biasanya berupa motor spesifikasi (spek) terbaru, spek tahun lalu dan spek dua tahun yang lalu. Di tahun tahun yang lalu, Ducati pernah memberikan layanan kepada tim-timnya dengan tiga perbedaan spesifikasi ini. Namun diperkirakan untuk tahun 2022 tidak begitu lagi.

Yes, walaupun Ducati masih diperbolehkan mendaftarkan sampai 3 spek dari mesin, namun untuk musim 2022 nanti disinyalir hanya akan ada dua spek dari mesin yang akan didistribusikan ke pembalap pembalap mereka baik pembalap pabrikan maupun rookie. Spek mesin Ducati yang akan didistribusikan tahun 2022 nanti adalah spek Ducati Desmosedici GP22 dan Desmosedici GP21. GP22 adalah spek terbaru sementara GP21 adalah motor spek terkini yang sejatinya dipakai oleh Bagnaia dan Miller tahun 2021 ini.

Secara umum, selain Bastianini, semua pembalap Ducati tahun 2022 yang akan menggunakan GP21 adalah pembalap pembalap rookie seperti Marco Bezzechi dan Fabio Digianantonio. Bastianini mungkin adalah satu-satunya non-rookie yang menggunakan GP21 tahun depan.

Ke lima pembalap lain Ducatinya akan menggunakan Desmosedici GP22 dengan perbedaan momen kecepatan support parts dalam koridor yang masih diperbolehkan oleh regulasi teknis seperti misalnya update sasis dan swingarm. Berikut adalah daftar perkiraan pembalap Ducati tahun 2022 beserta mesin yang berpotensi mereka pakai.

Tim pabrikan Ducati: Francesco Bagnaia – GP22
Tim pabrikan Ducati: Jack Miller – GP22
Pramac-Ducati: Jorge Martin – GP22
Pramac-Ducati: Johann Zarco – GP22
VR46-Ducati: Luca Marini – GP22
VR46-Ducati: Marco Bezzecchi – GP21
Gresini-Ducati: Enea Bastianini – GP21
Gresini-Ducati: Fabio di Giannantonio – GP21

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

31 COMMENTS

  1. Motor yg ketuker nih.kasusnya bastianini udah mirip kasusnya morbindeli.pebalap yg punya prestasi lebih bagus dapet motor yg lebih tua.tapi kalo uang yg bicara bisa beda cerita.

    Guest
    • Lebih parah menurutku, soalny kasus morbi kontrak d buat sblm musim 2020 berjalan jdi patokanny musim 2019 yg memang morbi lh pmlap ymha pling buruk. Sedang kn kasus enea kan mau dilhat dari tahun brpapun tetap lebih baik dari luca marini, tpi aplh saya kkn juga ada dlm olahraga dan sponsor juga sangat pengaruh

      Guest
    • sama kasusnya seperti markes jangkung yg dikasih motor paling mutakhir dengan hasil jauh lebih parah dari rookie seperti bastianini dan jorge martin. ternyata kkn juga ada dalam olahraga

      Guest
      • Ya beda,satu nunggang hodna satunya Ducati,ga bisa Apple to Apple

        “Tapi kan yg paling mutakhir,dan kemarin dapat double podium”
        Ya berarti motornya bosok ga dapat update yg paling paling mutakhir,yg difokuskan dapat pengembangan masih RHT

        Guest
      • loh bukannya motor juara, buktinya kemarin P1-P2. apalagi pembalapnya pernah podium. sayang hasilnya tidak sesuai.

        beruntung nama belakangnya m

        Guest
    • lucu, mereka kan beda tim.. ya wajar treatment nya beda,, kecuali Enea sm marini 1 tim lgi tapi yg dapet gp22 marini baru deh duit yg bicara.. Enea kan setim SM digia besok..

      Guest
  2. Berharap yg terbaik lh buat enea dan mudah2an jdi pelecut baginya untuk membuktikan bahwa dia bisa. Mudahnya bisa jdi ducati terbaik kedua minimal thun depan. Desmo gp21 juga bagus kok dan gak sellu motor terbaru lebih baik dari motor sblmmny

    Guest
  3. Ini timnya Rossi, masa ngasih ade sendiri GP21. Biarpun nyatanya prestasi B aja tapi teteup kasih GP22, uang bicara bossss. Sultan backmaker aje bisa digusur.

    Guest
  4. Mangkanya gais.. sebelum riding, sering2 ganti oli pake federal, kampas rem nya aspira aja, ngudut bold dulu, dan yang terpenting minum Antangin

    Biar Bastianini dapet gp22 ?

    Guest
  5. Wkwkwk malah berharap enea kabur terus minimal sering menang atau naik podium deh dipabrikan barunya.
    Biar ducait mikir gitu atau ada rasa penyesalan kwkwk

    Guest
    • Ya Carlo penat mau ngajak Bastianini kawin lari dengan sapa?? Aprilia? Gusur Pebalap terhebat Aleix Espargaro gitu?

      Guest
  6. Meskipun sama² suka ancur pas race, setidaknya si Alex punya trofi jurdun kelas capung, nah si Luca ini yg bener² kursi hibah, tanpa nama si kakak, jelas madesu ?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.