TMCBLOG.com – Yamaha Motor secara global baru saja merilis generasi terbaru dari produk sport heritage mereka yakni All New XSR900 MY2022 dengan segala update dan keterbaruannya dibandingkan dengan generasi sebelumnya dari XSR900 yang mulai  dijual semenjak 2016. Nah apa saja yang baru dari All New Yamaha XSR900 MY2022 ini?

Fitur trbaru utama pada All New XSR900 2022 ini adalah adalah penggunaan sasis Deltabox aluminium kompak dan ringan yang semuanya baru dan diproduksi menggunakan proses manufaktur terbaru yakni teknologi Controlled Filling yang secara akurat mengontrol sejumlah faktor termasuk vakum cetakan, suhu, dan kecepatan injeksi leburan alumunium untuk menjadikannya salah satu sasis perimeter frame dengan desain tertipis, teringan, dan paling ringkas di kelasnya.

Kekakuan longitudinal, lateral dan torsional semuanya meningkat secara signifikan, menghasilkan stabilitas di jalur lurus yang lebih baik tanpa mempengaruhi kelincahan. Headstock terletak 30 mm lebih rendah dari model sebelumnya untuk meningkatkan perasaan saat menikung. Ini juga memungkinkan setang dipasang lebih rendah untuk memberikan ergonimi riding dari XSR900 yang lebih agresif. Faktanya terdapat pengurangan 14% dalam inersia di sekitar sumbu stang/kemudi dibandingkan dengan model sebelumnya – memungkinkan pengendara untuk menikung dengan cepat, secara akurat dan semakin percaya diri.

Rangka menggunakan bagian dengan ketebalan yang berbeda sehingga tingkat kekakuan dirancang agar sesuai dengan berbagai beban yang dialami di area tertentu. Ketebalan dinding bervariasi dari 1,7 mm pada bagian tertipisnya hingga 3,5 mm pada bagian tertebal, dan “kekakuan yang disetel” ini mentransmisikan feel dan umpan balik yang sangat baik kepada pengendara, menjadikan XSR900 memilili karakter handling yang sporty dan responsif.

Stabilitas pengendalian di jalur lurus/straight juga ditingkatkan dengan hadirnya swingarm aluminium berpenampang kotak yang 55 mm lebih panjang dari model sebelumnya dan subframe model khusus yang semuanya baru.

Tangki bahan bakar XSR900 terinspirasi oleh desain pada motor balap Grand Prix era 80-an Yamaha, dan dilengkapi intake udara di bagian depan yang tidak hanya membantu meningkatkan efisiensi mesin, tetapi juga mentransmisikan suara raungan intake yang kuat kepada pengendara pada kecepatan yang lebih tinggi. Desain seat/joknya juga baru yang terinspirasi dengan desain motor balap Yamaha era 80-an dengan desain lampu rem tersembunyi di bawah jok, keren sekali nih.

Untuk model tahun 2022, Yamaha XSR900 menggunakan dapur pacu mesin Crossplane 3 silinder segaris (CP3) berkapasitas 889cc yang lebih besar dan lebih bertenaga dibanding generasi sebelumnya, yang sanggup menghasilkan torsi linier yang lebih kuat untuk akselerasi yang luar biasa. Dibandingkan dengan mesin sebelumnya, unit baru ini memiliki piston dengan stroke 3 mm lebih panjang untuk memberikan tambahan kubikasi 43cc, dan hampir semua komponen internal utama telah didesain ulang dan diringankan untuk menjadikan ini salah satu mesin terkuat di kelasnya.

Piston yang lebih ringan berkontribusi terhadap bobot mesin yang lebih rendah – 300 gram lebih rendah dari sebelumnya – dan perubahan kubikasi memberikan peningkatan tenaga sebesar 4PS hingga total power maksimum yang dihasilkan menyentuh 87,5 kW (119 PS) pada 10.000 Rpm. Torsi yang dihasilkan oleh mesin ini lebih signifikan – sudah terkenal dengan output yang kuat dan linier – meningkat secara signifikan menjadi 93,0 Nm (9,5 kgf-m). Ini menunjukkan peningkatan torsi sebesar 6%, dan dicapai hanya pada 7.000 Rpm – angka yang 1.500 Rpm lebih rendah dari model sebelumnya.

Secara umum All New Yamaha XSR900 terbaru MY2022 ini didesain oleh Yamaha untuk lebih berasa kesan retronya dan juga sekaligus lebih powerful dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hmm YIMM bakalan masukin nggak yah ke sini?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

31 COMMENTS

  1. “Dilengkapi intake udara di bagian depan yang tidak hanya membantu meningkatkan efisiensi mesin, tetapi juga mentransmisikan suara raungan intake yang kuat kepada pengendara pada kecepatan yang lebih tinggi.”

    Akhirnya diturunkan juga ke sepeda motor acoustic sound creation dari Yamaha di intake Lexus LFA dulu. 🙂

    Editor
  2. keren lihat perbandingan sasis twin spar 80an dengan xsr900. jauh lebih ringan ddan tipis, namun jauh lebih advance

    Guest
  3. Air intake nya dibuat seakustik mungkin biar raungan crossplane makin merdu seperti vokal nya Adele? btw spion e huaaapik…

    Guest
  4. Ga terlalu exited sih,CBR dan CB near square udah menyematkan drum acoustic/cajon malahan,bahkan ada bonus tamborin/marakas kalo rantenya kendor

    Guest
  5. Ga terlalu excited sih,CBR dan CB near square udah menyematkan drum acoustic/cajon malahan,bahkan ada bonus tamborin/marakas kalo rantenya kendor

    Guest
  6. In terms of looks masih bagus yang lama minus led headlamp aja. ini terlalu dipaksakan menurut saya karena dengan lebih ke sport, baiknya tetap classic aja joknya. speedometer juga yang dulunya bulat jadi terlalu modern. Namun secara package pastinya lebih baik dari presecessor sudah QS, CC, RM, TC. Tinggal tunggu R9 untuk pure sportnya. Overall designer Yamaha saat ini sepertinya bukan selera saya.

    Guest
  7. Efek orang Prancis jadi jurdun…Grafis Cristian Sarron pun dipake..
    overall keren sih lebih minimalis
    diliat dari sasinya kok kepikiran akan jadi R9 ya?

    Guest
    • Dari nama yg dipatenin sih emg udah ada nama R8 ama R9, feeling gw Yamaha bakal bikin 3 silinder 750cc buat spek balap pengganti R6 dan 3 silinder 900cc buat harian kaya R7 current yg cuma sarungin motor naked. Tapi kayanya masih lama, versi balapnya tunggu R6 bonyok dikamplengin Ducati V2 ama Triumph speed triple sarungan yg power standarnya udah setara motor wss full spek dan versi hariannya tunggu R7 waktunya major change, jadi sekitar 3-5 taon lagi.

      Guest
  8. Bakal sekeren apa ya yzf R9 nanti, secara sasis new mt09 yg sekarang aja udah berubah total termasuk engine yg naik kubikasi
    Denger denger R7 di eropa sana laris manis

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.