TMCBLOG.com – Balik dari Mandalika tmcblog langsung Nggak Bisa diem. Kayaknya harus ada yang dioprek dari Motor, namun tentunya Bukan Oprekan besar, cukup tipis tipis saja agar Otak Nggak beku sob . . dan Kali ini Korbannya adalah CRF150L merah yang sudah lama Ingin banget diganti Lampu sennya dengan Model LED setelah melihat CRF250 Rally yang dipkai Mas Satrio Road Captain waktu Honda Communitrip akhir pekan lalu di Pulau Lombok.

Untung saja semua bahan sudah tersedia karena saat pesan lampu Sen Buat CBR150R yang lalu kami sudah pesan Dua set ( 8 PCS Lampu sen LED ) yang artinya siap 4 Unit untuk di pasang di CRF150L. lampu Led ini terdiri dari dua bagian Holder Yakni Karet yang ada parit tempat ‘duduk ‘ Lampu dan Lubang baut serta bagian Plastiknya. Bagian karet dan Plastik ini digabung menggunakan baut plus Kecil.

Unit pertama yang dipasang adalah Di Body belakang. Proses Lepas Bodyworknya lumayan banyak, Mulai dari Lepas Braket barang dibelakang, longgarkan Penutup Body di samping tutup Aki dan Filter, lalu lanjut Buka sepansang Bodywork samping kiri dan kanan, Bongkat Jok, sampai akhirnnya Lepas Spatbor belakang yang terdiri dari dua bagian Plastik. Lumayan Keringetan

Lampu Sen Standar dilepas dengan cara melepas Pin ( tidak ada baut sama sekali ) dan lubang tempat Lampu sen tersebut digunakan sebagai Mounting dari karet. Setelah karet di selipkan ke Lubang bekas Lampu sen lama Mulailah kita menyambung antara bagian Karet sen dan bagian plastik dengan trik khusus yakni menggunakan baut 8 yang panjangnya 1,7 sampai 2 cm ditambah  ring lebar dengan diameter 2 cm. Butuh ring lebar agar bisa menahan baut menghadapi Lubang bekas Lampu sen lama yang lebar atas-bawahnya sekitar 1,5 cm.

Setelah dibaut dengan kencang, Kabel di sambungkan Ke House dari Kabel Utama Motor. Untuk Lampu Sen depan harus dilakukan Pembongkaran Braket Plat Nomor, batok Lmapu dan Kalo tmcblog termasuk melepas Spatbor depa. Prosesnya sama persis seperti emmasang lampu sen di lampu belakang termasuk menyelipkan Karet di Lobang bekat ‘seat’ dari Lampu sen lama (standar)

Tip Yang terakhir jelas adalah Penggantian dari Flasher dengan Flasher Khusus yang memiliki Variabel resistor sehingga kita bisa mengatur Arus yang dibutuhkan Untuk menyalakan Lampu Sen LED yang memiliki besar arus berbeda dibandingkan lampu sen Bohlam. Flasher ini tmcblog beli dengan Harga sekitar 8.000 rupiah di marketplace. Secara umum total butuh biaya 128 ribu rupiah belum onkos kirim dimana pengerjaan bisa dilakukan sendiri . . langkah langkah Proses pemasangan juga sudah tmcblog tayangkan secara detail di Vlog Khusus, semoga bermanfaat.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

hasilnya :

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.