TMCBLOG.com – Seperti Kita ketahui Merek Motor lama BSA (Birmingham Small Arms) memberikan kejutan baru di Acara Motorcycle Live Inggris bahwa mereka Bangkit dari ‘Kematian’ dengan varian baru BSA GoldStar 650

Gold Start 650 menggunakan mesin Big Single yang secara teknis sulit untuk bisa lolos Euro 5. Hampir semua mesin di kelas menengah ini kini sudah dilengkapi dengan mesin Twin. Namun BSA Percaya diri bahwa Mesin Satu silinder yang menghasilkan Potensi Power Maksimum 47 hp dan torsi Maksimum 40 Nm ini bisa lolos karena mereka memiliki resep di dalam Dapur pacunya . . Yakni Jenis Mesin yang dikembangkan ROTAX

Balum banyak penjelasan Mengenai Spek teknis Detail mengenai mesin ini. Namun usut punya usut, Mesin satu silinder 650 cc Rotax tersebut ternyata tidak sepenuhnya baru, melainkan memiliki masa pengembangan yang cukup lama dimulai pada 1992 di Aprilia Pegaso. Mesin Goldstar 650 yang baru adalah sebuah Iterasi modern dari mesin 652cc yang terkenal dari para insinyur Austria di Rotax.

Mesin ini memulai karirnya pada tahun 1992 di Aprilia Pegaso 650 dengan 654 cc 5 katup dan sohc . Untuk BMW F650 Funduro, itu langsung diubah menjadi empat katup dan dohc. Dulu Meisn ini hanya bisa menghasilkan Power maksimum 35 HP, sekarang 45 HP untuk BSA Goldstar.

Sementara ini kesimpulan dari Kebangkitan kembali BSA adalah Varian GoldStar 650 ini sepenuhnya dirancang oleh perusahaan Inggris  Redline Studios. Sementara insinyur dari perusahaan teknik Ricardo mengembangkan rangka Double Cradle dan Sub-frame. Sementara Mesin di bawah lisensi dari Rotax (BRP – Bombardier Recereational Products) yang pengembangan lebih lanjutnya dilakukan bersama dengan University of Graz.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

14 COMMENTS

  1. Secara teknis g lolos E5. Ya bener sih.. Yg membuatnya lolos mungkin bukan teknologinya.. Tapi kekuatan di birokrasinya.. Agar pabrikan ttp bisa jualan dan kasih devisa k negeranya.
    Xixi..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.