TMCBLOG.com – Di Vietnam, Honda resmi memperkenalkan Honda Winner X 150 MY 2022 sepekan yang lalu. Hadir dengan platform fisik yang mirip dibandingkan gen lama dengan menghadirkan headlamp LED di tebeng depan, jika dilihat secara detail, sebenarnya banyak detail yang sudah sangat berubah dibandingkan dengan model tahun sebelumnya.

New 2022 Honda Winner X
2021 Honda Winner X

Sobat bisa melihat perbandingan antara Winner X sebelumnya dan Winner X 150 MY 2022 bagian body-nya. Bisa dibilang Winner X MY2022 telah mengupdate seluruh desain eksterior, memberikan kesan lebih ramping dan sporty. Winner X 150 masih mempertahankan tata letak lampu utama ganda yang disetel rendah di front cowl, namun terlihat garis-garisnya dirancang lebih kaku dan lebih kompak. Sepasang lampu sein dipasang permanen di bagian sisi samping depan side fairing.

Side fairing kedua sisi diratakan, menambahkan ventilasi udara baru. Selain efek estetika, celah ventilasi udara ini juga memiliki fungsi untuk pembuangan panas mesin. Body belakang juga baru dan didesain lebih rapi dari generasi yang lama. Di bagian belakang, lampu stop dan grip pegangan yang bisa dilepas masih didesain mirip dengan yang lama bahkan lampu sen belakang pun masih sama.

Salah satu peningkatan paling menonjol dari Winner X MY 2022 adalah pembenaman fitur sistem Keyless/ smartkey. Hal ini menjadi keuntungan bagi Winner X yang terus berupaya untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya atas rivalnya Yamaha Exciter 155.

Selain itu juga, Honda memberikan tambahan port pengisian USB di bagian tebeng kiri yang dirasa cukup berguna untuk mengisi ulang daya ponsel atau perangkat elektronik lainnya. Knalpot Winner X 2022 memiliki desain yang sama dengan yang lama, namun dengan finishing warna hitam. Bagian dalamnya diberitakan berubah untuk mengikuti regulasi emisi gas buang di negara Vietnam.

Detail Winner X 2022 lainnya tidak banyak berbeda dibandingkan dengan yang gen lama. Winner X 2022 dilengkapi dengan sistem lampu full-LED, jam digital, rem ABS Single Channel. Dashboard telah sedikit didesain ulang sehingga membuat permukaannya terlihat lebih leluasa.

Velg masih bertipe multi-spoke berbentuk Y, berukuran 17 inci. Dari segi performa, Winner X 2022 di Vietnam yang menggunakan mesin satu silinder berkapasitas 150 cc DOHC 6 percepatan manual dapat menghasilkan power maksimum 15,4 Hp @ 9.000 Rpm dan torsi maksimum 13,5 Nm @ 6.500 Rpm. Kalau sudah cakep begini apa mungkin menggantikan keberadaan Honda Supra GTR di Indonesia tahun 2022 nanti sob?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Sumber : autopro

Spesifikasi Honda Winner X 2022

Jenis MesinPGM-FI, 4 tak, DOHC, 1 silinder, LC
Tenaga Maksimum11,5 kW @ 9000 rpm
Sistem TransmisiManual, 6 percepatan
Kapasitas Oli Mesin1,1 liter saat mengganti oli
1,3 liter saat bongkar mesin
Konsumsi Bahan Bakar1,99 liter per 100 km
Tipe TransmisiMekanis
Sistem StarterElektrik
Kapasitas Mesin149,1 cc
Diameter x Langkah Piston57,3 mm x 57,8 mm
Rasio Kompresi11,3 : 1
RangkaUnderbone
Ukuran Ban Depan90/80 – 17 M/C 46P
Ukuran Ban Belakang120/70 – 17 M/C 58P
Suspensi DepanPeredam kejut hidrolik teleskopik
Suspensi BelakangPegas silinder tunggal
Berat Sepeda Motor122 kg
Panjang Keseluruhan2019 mm
Lebar Keseluruhan727 mm
Tinggi Keseluruhan1104 mm
Jarak Sumbu Roda1278 mm
Tinggi Tempat Duduk795 mm
Jarak Terendah ke Tanah151 mm
Kapasitas Tangki Bensin4,5 liter

 

40 COMMENTS

  1. jujur modelnya bagus, tapi motor bebek dgn lampu di tebeng punya sejarah kurang bagus di Indonesia,, tapi ga tau juga ya, sekarang mindset masyarakat mungkin udah berubah,

  2. dipake buat desain airblade boljug,kalo bebek udah makin mati kutu dimari percuma
    kecuali yg model trail buat orang2 yg tinggal dipelosok

  3. Pada bilang pasarnya udah abis, ya emang sih. Pembelinya rata2 bocil penggemar road race, sisanya anak warna warni lebih pilih matic ato sport yg dikasih ban cacing pilok2 pake warna mural.

    • buak @Akang sendiri kalau umur 20 an mending melihara Mx king/Supra gtr atau mending aerox/vario 150?
      scr perawatan juga gimana tuh?

      • secara akomodasi unggul matic, secara kemudahan perawatan dan kehandalan dalam menerjang medan yg bebek jelas lebih unggul, walaupun mesin sama2 pake radiator, tapi merawat matic itu rasanya seperti memelihara dua mesin dalam satu sepeda motor yg tidak bisa diabaikan salah satunya.

      • Gw karena penggemar motor berpersneleng pilih mx king sih. Soal perawatan jg gampang dibanding matic. Ganti rante, kampas kopling, kuras radiator, dll bisa sendiri dirumah. Matic jg bisa sih tapi harus buka cover mesin dan banyak bonglahan body, makan waktu lumayan jg ga cocok utk yg suka oprek sendiri. Konsumsi bbm jg mau gimanapun marketingnya, tetep matic pada kodratnya lebih boros bensin dibanding manual krn putaran roda belakang ga pernah bener2 seirama ama putaran mesin, ada peran kopling kering, roller, cvt dll yg bikin mesin meraung bukan pada kecepatanya.

  4. jujur desainnya kurang,antara bingung ngikut desain vario atau mau pakai garis desain cb150r(bagian belakang).
    gado gado dah jadinya…
    tetep mx king paling cakep sih buat motor bebek sekarang,cuman agak bulky doang

  5. Mungkin keluar dari topik pembahasan.

    Trans7 dapat hak siar wsbk juga untuk tahun 2022 ini.

    Semoga pembawa acaranya berbeda dengan motogp.

  6. boleh juga nih, sy juga user gtr150, mulai bosan sama model yang belum pernah ganti, orang2 juga pada suka touring, biasanya bebek sport pada dimodif ringan buat touring

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here