TMCBLOG.com – Yamaha Exciter 135 generasi terbaru/reborn terungkap di Malaysia: Kepala mirip dengan Exciter 150, bagian ekor mirip Exciter 155, disinyalir akan menggunakan mesin dengan Electronic Fuel Injection.

Setelah meluncurkan Y16ZR, Yamaha terus mengembangkan model 135LC (Exciter atau di Indoneisa dikenal dengan Jupiter MX 135) di Malaysia. Berbeda dengan pasar Indonesia yang telah menyuntik mati Jupiter MX 135, negara-negara seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina masih mendistribusikan motor 135 cc secara paralel dengan versi 150 cc dan 155 cc.

Baru-baru ini, hadir foto spyshot di Malaysia menangkap gambar Yamaha 135LC 2022 saat dalam proses pengujian di negara bagian Selangor. Menurut media lokal, 135LC generasi ke-8 akan diluncurkan pada kuartal pertama dan kedua tahun 2022. Pada generasi baru, 135LC akan benar-benar berubah dalam desain dan akan mengakhiri desain lama yang telah digunakan selama 10 tahun terakhir, yakni sejak tahun 2011.

Dilihat secara horizontal, 135LC 2022 tidak terlalu berbeda dengan desain sebelumnya dari Jupiter MX 135 yang tetap dipertahankan. Perubahan datang dari desain bagian depan dan belakang motor. Di bagian depan hadir sistem lampu utama comotan dari Exciter 150 dengan pemosisian dirancang lebih menyudut lancip. Sementara desain frontcowl/tebeng yang cukup mirip dengan model lama.

Bagian belakang Yamaha 135LC 2022 sepertinya cukup terinspirasi dari Exciter 155 dengan desain lampu belakang yang rapi dan lampu sein yang terpisah. Kedua cluster lampu depan/belakang model LED, yang merupakan peningkatan yang berharga dibandingkan dengan lampu halogen di masa lalu. Namun jika dilihat ukuran bannya tidak terlalu lebar.

Perlengkapan yang paling menarik pada Yamaha 135LC 2022 adalah dashboard digital yang sepertinya akan benar-benar mirip dengan dua model lama Exciter/MX King 150 dan Exciter 155. Sementara velg 5 palang yang sudah dikenal telah diubah menjadi velg 6 palang yang mirip dengan model 2 tak Z125. Rem belakang juga sudah di-upgrade menjadi rem cakram.

Dari segi performa, Jupiter MX 135 baru ini masih menggunakan mesin satu silinder 135 cc yang disandingkan dengan girbok 4 percepatan seperti model saat ini. Motor ini tidak menggunakan transmisi kopling manual seperti Exciter 150 atau Exciter 155, masih semi otomatis. Menurut beberapa sumber, mesin 135 cc ini akan diupgrade menjadi electronic fuel injection, tidak lagi menggunakan karburator. Hmmm, apakah menarik jika dirilis juga di Indonesia nih?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

42 COMMENTS

        • Bener. Jaman itu tinggal gedein seher ama klep udah saingan ama shogun 110. Saat supra pusing gimana cara geser boring krn mepet tusuk sate dan sasis yg ga stabil mau digimanain jg, kecuali pake sasis crypton tapi regulasi saat itu yg wajib std cuma nomor rangka jadi banyak yg lakuin itu dan ga dianggap curang.

          Guest
        • @akang
          eh tapi ya bukanya mesin z1 gak jelek jelek amat ya lur..
          di oprek dikit udah lumayan tenaganya.
          saya pake soalnya,ya meskipun cuman di porting doang sih haha

          Guest
        • Yg bikin Z1 terasa enak selain injeksi ya over stroke, makanya oprek dikit kerasa jengat. Tapi kalo buat balap beneran ya cukup bikin botak mekaniknya, gimana cara mesin dgn stroke hampir 6 cm bisa bekitir tinggi dan nyampe bracket 25dk tanpa melintirin kruk as ato lecetin piston/boring dgn biaya under 50 jeti wkwkwk

          Guest
    • wah, jangan sih klo mesin z1 discontinue..
      up ke 54mm aja bisa ngalahin vario spek 58 sama 60 padahal girset masih std (13-41).

      Guest
  1. First Article 2021 bahas Exciter155vva aka Mx Kingvva. First Article 2022 Bahas Jupiter MX135 reborn. Suatu kebetulan bahas Jupi MX Series dipembukaan tahun dalam 2 tahun ini

    Guest
    • Secara teori, motor yang pake transmisi CVT emang lebih boros ketimbang yang semi otomatis rotari. Soalnya yang CVT rpm mesin banyak meraungnya (baca : mbeerrrr….)

      Guest
    • Percaya…
      Dgn catatan lari yang tdk lebih dari 70kpj dan pinter mainin gas (akselerasi super halus dan tidak stop and go)

      Pengalaman pake Tiger STD jarak tempuh 330 km habis 8 liter (+/- 41 Km/L) dengan tipikal memperkosa mesin tanpa ampun…

      Sementara dengan perlakuan yang sama pake MX 135 2006 standar (karbu skep bukan vakum)
      Untuk jarak tempuh 330 km habis 13 liter (+/- 25 Km/L)

      Tapi memang kesan akselerasi keluar tikungan atau sehabis pengereman enak MX OLD (karbu skep bukan vakum).

      Guest
  2. Cakep nih dari depan dan belakang.
    Ban nya aja yang kurang lebar menurut saya.
    Di ASEAN kayak nya pengguna motor matik terbanyak di Indonesia.
    Padahal Motor bebek perawatan nya lebih murah dan bisa buat kerja keras

    Guest
    • Sebagian dari masyarakat +62 maunya yg ptaktis & ngga mau repot pindah persneling di kemacetan. Padahal ada harga yg harus dibayar demi sebuah kepraktisan, perawatan yg lbh ribet, ongkos servis relatif lbh mahal, parts fast moving yg lbh cepat ganti dsb. Masalahnya ngga semua org mau meluangkan waktu dan uang utk halΒ² tsb. Sekalinya dibawa ke bengkel pas kondisi udah rusak, trus nyalahin motornya bosok & ngga awet

      Guest
  3. dulu kan njmx135 50C1 2011 di sini ada dua versi :

    4 speed kopling semi otomatis rem belakang tromol.

    5 speed kopling manual rem belakang cakram (pertama kali motor buatan yimm pake cakram belakang).

    dimana vixion saat itu masih tromol rem belakangnya.

    Guest
  4. Mantap… jadi injeksi akan jd nilai plus motor ini…
    Soalnya sy punya NJMX kopling otomatis 2011… sekelas bebek dah paling nyaman lah.. bbm jg irit buat kerja PP msh dpt 50km/ltr.. selevel ama vario125 sy jg..
    tarikan mak nyuss.. body juga kokoh sd skrg dah 130rb km mesin masih blm pernah servis besar
    Cmn klo bs tangki bensin dibuat 5 liter lah.. biar makin gak sering masuk pom bensin

    Guest
    • Saya juga masih pelihara yg 2006 tapi sudah versi siluman dengan knalpot standar. Pokoknya bener2 siluman deh. Hehehehe…

      Guest
  5. kalau desainnya ok dan harganya masuk boleh lah buat gantiin Jupiter Z1 saya wkwkw..
    mau ganti matic males,pasaran dan perawatan ribet

    Guest
  6. aku punya njmx 5speed, shock blkg ganti variasi mx king ukuran 210mm, stelan keras, motor jd tinggi dan gk jedag jedug lagi pas boncengan atau bawa beban berat.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.