TMCBLOG.com – Baik Joan Mir dan Fabio Quartararo baru satu kali Meraih gelar Juara Dunia . . namun begitu Keduanya masih berusia Muda dan Ada kemungkinan tahun tahun kedepan Meraih titel Tersebut dan masih berpotensi bisa meraihnya secara berturut turut. Pembalap Seperti Les Graham yang merupakan Juara Grand Prix Kelas Primer pertama yang meraih titel dengan AJS tahun 1949, atau Alex Criville, Kevin Schwants, Nicky Hayden adalah daftar beberapa Pembalap yang tidak mampu mengulang raihan setelah meraih Titel Juara dunia. Lalu setelah itu Siapa yang sanggup mempertahankan gelar Juara setelah tahun pertama Meraih titel juara Dunia ? Berikut ini adalah daftarnya menurut riset yang dikumpulkan Oleh motosan.

2 Kali

 

Phil Read , Photo : Yamaha

Pembalap yang berhasil meraih gelar Juara dunia sebanyak dua kali berturut-turut minimal ada tiga kasus. Yang pertama adalah Phil Read 1973 dan 1974. Lalu setelah itu pada tahun 1976 dan 1977 hadir orang Inggris lainnya  – Barry Sheene yang mencapai tonggak sejarah yang sama, diatas Suzuki.

Eddie Lawson

Setelah itu? ada Eddie Lawson. Pembalap ini memenangkan gelar bersama Yamaha pada 1988 dan mempertahankannya pada 1989 dengan Honda! Lawson adalah Kasus pertama dalam sejarah dimana dua gelar berturut-turut di kategori premier diraih oleh Pembalap yang sama namun dengan dua merek berbeda.

3 Kali

Geoff Duke

Pembalap yang berhasil meraih gelar Juara dunia sebanyak tiga kali berturut-turut . Yang pertama adalah Geoff Duke yang memenangkan mahkota berturut-turut antara tahun 1953 dan 1955 dengan Gilera. lalu ada John Surtees yang memiliki dominasinya total antara tahun 1958 dan 1960. Saking bosannya dengan kemenangan Surtess pergi ke Formula 1.

Setelah itu ada Kenny Roberts Sr, yang sebagai rookie menjadi juara pada tahun 1978, mampu mempertahankan gelar tersebut untuk dua musim lagi. Setelah pensiun dari kompetisi, King Kenny membentuk timnya, di mana muridnya yang paling menonjol adalah Wayne Rainey, yang juga memenangkan Kejuaraan Dunia 500cc bersama Yamaha secara berturut-turut antara tahun 1990 dan 1992.

4 Kali

Mike Hailwood

Pembalap yang berhasil meraih gelar Juara dunia sebanyak empat kali berturut-turut . Yang pertama adalah Mike Hailwood dengan MV Agusta Meraih titel Juara dunia antara 1962 dan 1965, menjadi yang pertama dalam sejarah untuk melakukannya.

Juara Dunia lain yang mampu memenangkan empat gelar berturut-turut adalah Marc Marquez dimana rekor terbaiknya di Gelar Piala Dunia berturut-turut adalah dari 2016 hingga 2019.

5 Kali

Jeremy Burgess

Pembalap yang berhasil meraih gelar Juara dunia sebanyak lima kali berturut-turut . Doohan dan Rossi adalah dua nama ang mernorehkan prestasi ini. Mick Doohan, berhasil pulih dari cedera yang sangat serius di Assen ’92 untuk mengalahkan semua orang dengan Honda NSR-nya antara tahun 1994 dan 1998.

Dengan pensiunnya Doohan pada tahun 1999, Valentino Rossi mewarisi sepeda motor dan peralatan teknis pada tahun 2000. Dari tahun 2001 Valentino Rossi mendapatkan lima gelar Juara dunia secara berurutan. Vale Menambahkan Rekor Dengan tambahan kesulitan menjadi juara 500cc terakhir, Juara dunia pertama di kelas MotoGP dan meraihnya dengan dua merek berbeda, Honda dan Yamaha.

7 Kali

Pembalap yang berhasil meraih gelar Juara dunia sebanyak tujuh kali berturut-turut.  Giacomo Agostini memiliki rekam jejak terluas dalam sejarah Piala Dunia. Dengan MV Agusta ia mengalami dominasi terbesar yang pernah dikenal antara tahun 1966 dan 1972. Ia memenangkan 7 kejuaraan dunia 500cc secara bertutur turut di mana ia praktis memenangkan semua balapan di mana ia ambil bagian. | Based on Motosan Article

27 COMMENTS

    • Dari semua legend tersebut….
      Yang sering menjadi acuan perbandingan adalah Giacomo Agostini, Mick Doohan, Valentino Rossi lalu Marc Marquez.
      Wajar saja, mereka juara balap dengan cara begitu mendominasi kejuaraan dan balapan.

      Dan era Valentino Rossi aktif balapan beririsan dengan era Marc Marquez, yakni selama 9 tahun.

      Guest
  1. IMO, Rossi yg paling “berkesan” krn ada catatan2 sejarah dan rekor yg sulit dan mustahil di capai dibelakang gelar berturut-turut nya itu,

    Guest
    • kalo mbah Ago palingan hanya sulit utk matahkan rekor jurdunnya (justru malah rekor yg paling susah dikalahkan), sama juga mustahil mengulang catatan sejarah doi di era sekarang dimana saat itu balapan masih pake helm open face plus goggles, rem tromol depan belakang, 😅

      Guest
    • top dalam arti apa dulu nih, kalo top dia memang ngetop, buktinya selalu disebut sama kalian. Kalo soal prestasi sih emang minim.

      Guest
  2. OOT boleh ya wak.
    KTM si petruk mogok wak. Sedih bener liat dia sedih. Padahal dia lagi fight di posisi 5 besar.

    Guest
  3. 2 generasi motor berbeda, 2 pabrikan motor, 5 kali berturut-turut. sangat sulit dipecahkan hampir tidak mungkin

    Guest
  4. Rekor rossi yg ga mungkin bisa di kejar pembalap era modern sekarang.
    Rossi balap juara kelas primer lintas mesin.

    Guest
  5. Mbah ago dan mv agusta si founding father dari italia emang gak ada obeng rekornya. Andai loncin mau kucurin dana buat mv agusta balik lagi ke motogp mungkin seru kali ya pake livery legend merah silvernya. Jgn kek merk sebelah jurdun baru sekali, ikut motogp baru di era 4 tak ngaku2 founding father

    Guest
  6. Ya makanya juga ditulis “minimal” artinya ad lebih dr itu

    Dan kalau gak diambil terbanyak, capek yang nulis om 🤣

    Kaya kasus markes 2x berturut2 ga cuma 13-14, tapi 16-17, 17-18, 18-19
    Juga kaya rossi dll, apa lagi ago, 2x berturut2nya banyak…

    Guest
  7. tadinya kepikiran kok banyak amat rekor agos itin, hebat amat, tapi ternyata dulu bisa ikut balap di 2 kelas berbeda jadi ada wajarnya bisa banyak gitu, dan pastinya sulit dikejar..

    kalau mang oci ga pindah kekejar ga ya? tapi kalau ga pindah, ga ada rekor 5x berturut di 2 pabrikan.

    kalau markis roma debut di satelit bisa menang ga ya, kalau menang jadi ada kesan 4 kali berturut dari satelit hingga pabrikan

    kalau miramen, quartarotaro, bahagia, dkk menuju cerita baru.

    Guest
  8. Vale yang paling hebat, bisa 5x berturut2 dengan type (2tak & 4tak) dan merk motor berbeda (H & Y) lainnya cuma bisa dengan 1 merk doang ato jumlahnya kurang dari 5x

    Guest
  9. Ago adlh pembuka sejarah pmblap yg bisa juara dunia dengan dua jenis motor berbeda motor 4tak mv agusta dan motor 2tak ymha yg keduanya sama2 500cc, agostini juga pmblap pertama yg jurdun dgn motor 2tak mengalahkan dominasi motor 4takny mv agusta

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.