TMCBLOG.com – Svartpilen dan Vitpilen didesain oleh Husqvarna dengan berbagai common parts dengan pabrikan KTM sebagai varian model yang memiliki pangsa pasar dan stersendiri sekaligus berusaha berbeda dengan sibling mereka di KTM dengan uniknya karakter desain mereka. Nah baru-baru ini di Eropa, Husqvarna terlihat sudah mulai melakukan test jalanan dari prototipe Svartpilen baru yang secara ciri-ciri fisik banyak banget perubahannya dibandingkan dengan Svartpilen series yang saat ini beredar.

Sobat sekalian bisa melihat dua gambar di atas di mana yang bawah adalah prototipe calon Svarpilen baru. Beberapa elemen gaya utama dari motor aslinya tetap ada, style mangkok sup dari lampu depan. Bagian sisi samping dari fuel tank sekarang jauh lebih maju dari sebelumnya, membentuk semacam shroud. Terlihat juga cover radiator yang lebih besar dengan tambahan panel plastik di bagian sampingya. Seperti pada Svartpilen current, rak dipasang di atas tangki untuk membawa barang bawaan (mounting tank bag), tetapi didesain ulang untuk diintegrasikan dengan model bodywork baru.

Pada proto calon Svartpilen ini jelas banget subframe hampir seluruhnya bebas dari bodywork atau bergaya exoskeleton. Dan pada unit prototipe ini spatbor dan plat nopol didesain konvensional menyambung ke subframe tidak seperti Svartpilen saat ini yang menggunakan semacam mud-guard terpisah yang berhubungan dengan swingarm.

Walau jenisnya masih berupa desain teralis baja, desain sasis dari prototipe ini sepenuhnya telah didesain ulang dan berbeda dibandingkan dengan model saat ini, dan di belakangnya tergantung swingarm dengan model upper-brace. Kalau sudah upper-brace begini, suspensi belakang dipastikan berbeda. Sementara pada bagian depan, unit prototipe ini menggunakan suspensi upside down merk WP suspension tipe Apex dipadu dengan kaliper rem ByBre dengan braket tipe radial-mounting dan memiliki desain yang berbeda.

Mengenai daur pacu, terlihat prototipe ini menggendong mesin silinder tunggal dengan ukuran fisik yang hampir sama persis dengan mesin berkubikasi 373cc KTM yang ada yang menggerakkan juga Svartpilen 401. Berbeda dengan Svartpilen saat ini, yang membawa knalpot cukup besar di sisi kanan, knalpot pada unit prototipe ini sepenuhnya berjenis underbelly, keluar melalui pipa pendek tepat di depan roda belakang.

Opini TMCBlog sih, prototipe Svartpilen baru ini terlihat malah lebih berdesain ‘mainstream’ alias malah mendekati desain motor kebanyakan pada umumnya. Svartpilen itu sejatinya unik dan memiliki karakter tersendiri karena desainnya yang unik seperti buritan buntung dengan mud-guard di belakang. Dan pada desain ini kedua karakter ini dihilangkan sama sekali. Tapi yaaa, baru prototipe, kali aja produksi massalnya punya desain akhir yang akan berbeda.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

14 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.