TMCBLOG.com – Sebelum race weekend MotoGP Qatar dimulai, Pabrikan semua mendaftarkan Beberapa hal yang harus di homologasikan termasuk Mesin dan Aero-body yang termasuk fairing dan part part aerodinamika seperti wingler, side pod dan Lain lain. Sama seperti tahun tahun lalu, Dalam satu Musim per-Pembalap diperbolehkan meng-homologasikan 1 desain Aerobody yang terdiri dari Main-Aerobody, Front Fender dan Bagian Swing arm. Dan Setiap pembalap pun memiliki Maksimal satu kali kesempatan Lagi untuk mendaftarkan desain Aerobody lagi sepanjang Musim berjalan. Nah Aerobody apa yang sudah didaftarkan oleh Para pembalap motoGP 2022. berikut ini tmcblog coba share ke seobat seklaian beberapa catatan berdasarkan apa yang diulas di motoGP.com.

Sepanjang dua hari eprtama MotoGP Qatar 2022, dua pebalap Repsol Honda menjalankan variasi paket aero mereka yang sedikit berbeda. Marc Marquez telah memilih untuk hanya menggunakan set winglet utama teratas. Marc secara terbuka mengakui bahwa dia belum memutuskan pengaturan aero mana yang akan dijalankan. Marc masih ragu-ragu karena menambahkan lebih banyak downforce dapat membuatnya lebih sulit untuk mengubah arah dan untuk Marc, dengan kondisi fisiknya yang masih belum 100%, mengurangi effort fisik adalah sebuah strategi tersendiri.

Sementara itu Pol Espargaro telah memilih untuk menggunakan downforce tambahan dari Sidepod karena tampaknya dia menyukai bobot tambahan dan stabilitas yang mereka berikan. namun ini bukan berarti Marc Tidak menghomologasikan Sidepod . . SidePod bisa saja sudah dihomologasikan, namun ia copot.

Selama di KTM, Miguel Oliveira terlihat menjalankan aero yang berbeda dengan tiga KTM lainnya. Lihatlah sayap di sisi kiri Motor. Kita dapat melihat bahwa tepi belakangnya tidak full menempel pada fairing depan, meninggalkan celah.

Selain itu, tepi belakang yang sama memiliki liukan tajam sepanjang areanya dan juga berputar ke atas. Oliveira adalah satu-satunya pengendara KTM yang menjalankan paket aero ini, dengan tiga pembalap lainnya menggunakan sayap yang lebih besar dengan luas permukaan yang lebih besar.

Kita bisa melihat aero winglet yang digunakan oleh Brad Binder. Perhatikan bahwa celahnya tidak hadir ada dan sekarang sayapnya rata dengan tepi fairing depan. Ada beberapa perbedaan halus lainnya juga, seperti tepi belakang elemen atas yang memiliki step kecil ( gunley Flap ) di dalamnya yang tidak ada pada aero yang dimiliki Oliveira

Bisa jadi Paket aero ini menciptakan lebih banyak downforce, jadi mungkin Oliveria tidak menjalankan ini karena alasan yang sama dengan Marc Marquez, bahwa dia tidak menyukai perasaan downforce yang begitu besar dan lebih memilih untuk sedikit lebih ringan di bagian depan untuk membantu perubahan arah.

Kasus KTM ini sedikit agak berbeda dengan kasus Honda Walaupun mungkin tujuannya mungkin Mirip yakni agar Downforcenya tidak etrlalu besar agar lebih tidak effort saat berpindah arah. namun Karena dari bentuk terlihat winglet RC-16 Oliveira sangat berbeda dari Binder, Maka dipastikan spek Homologasinya juga berbeda diantara keduanya. Dan hal ini masih diperbolehkan Oleh regulasi.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

9 COMMENTS

  1. Kapan winglet dihapus dari moto gp.cuma merusak tampilan motor saja.kangen motor2 moto gp era ECU in house.bisa diterapin di motor harian.

    • padahal kalo kena badan jg kayaknya tetep terasa sakit loh, walopun katanya bahannya lentur

      jadi inget Aleix kena tenggor Marquez 2 kali langsung K.O ga lanjut balap,walopun kurang tau dia ketunjel winglet apa stang motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.