TMCBLOG.com – Beberapa hari sebelum gelaran Tokyo Motorcycle Show, Yamaha Motor tiba-tiba mengumumkan sistem pendukung kemudi “EPS” ( Electronic Power Steering ) Untuk sepeda motor Yang dimulakan pada Ujicoba Motocross. Percobaan Prototipe EPS ini akan dipasang pada YZ450FM dan YZ250F dan direncanakan untuk memperoleh berbagai data untuk mempercepat pengembangan dalam Balapan All Japan Motocross Championship

EPS ini merupakan sistem pendukung kemudi yang menggunakan teknologi sensing yang berbeda dengan power steering kendaraan roda empat. EPS Prototipe Yamaha ini menggunakan sensor torsi, teknologi magnet, dan aktuator yang menghasilkan manfaat peredam kemudi pada kecepatan tinggi dan input bantuan kemudi ( Assist) pada kecepatan rendah.

Ini berarti pengendara akan menikmati stabilitas yang lebih baik dengan berkurangnya kelelahan mengemudi pada kecepatan tinggi dan dalam kondisi trek yang kasar.  Sementara itu pada Kecepatan rendah kemudi/ setang akan diperingan Oleh EPS ini. Intervensi bantuan EPS ini memiliki keuntungan merasa benar-benar alami. Sistem magnetostrictive yang digunakan Untuk mendeteksi Torsi pada Prototipe EPS Motocross yamaha ini sebenarnya telah lama dipakai dalam mendeteksi torsi pada Produk sepeda bertenaga listrik Yamaha sebelumnya.

Ini adalah langkah pertama Yamaha memasuki area baru bantuan elektronik yang dirancang untuk meningkatkan stabilitas dan kelincahan handling sepeda motor.

Sistem Awal diujicobakan pada Motocross yang memiliki handicap berat Karena memiliki tugas Untuk Merambah Daerah Tidak rata. Kedepan Sistem ini tidak musthil hadir di jenis Sepeda Motor Yamaha Lainnya seperti Adventure, Skuter, Bahkan Sportbike yang tentunya akan di desain sesuai dengan Kebutuhan dan problem Karakter handling pada masing masing jenis sepeda Motor tersebut.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

12 COMMENTS

  1. cocok untuk jalanan bumpy dan berlubang, perlu sok depan dan handling yg oke, bisa terbantuk banget dengan EPS ini, pastinya bikin gak pegel touring

    • Motor ya butuh lah, motor balap kelas alun2 aje setangnya berat bgt kalo tangan tukang ketik suruh nekuk. Kalo ringan kaya motor emak ya bakal goyang terus itu setang tiap ngerem ato akselerasi. FYI motor motogp yg canggih aja pembalap butuh dorong setara sekian kg barbel buat belokin motor akibat selain efek kecepatan jg krn ada stabilizer. Kalo ada teknologi semacam power steering mobil di balap motor, maka pembalap yg punya badan bak binaraga ga bisa lagi punya keunggulan selain pamer otot didepan cewenya. Krn mau cungkring ato gembrot sama2 bisa nekuk setang.

  2. Makin canggih teknologi yg dilekatkan pada motor maka semakin tinggi harga motor 😌 semoga diiringi dengan besarnya kenaikan gajih kita nantinya ke depan biar bisa mengikuti kemajuan zaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.