TMCBLOG.com – Penampakan gambar dari video dari produk Suzuki V-Strom SX semenjak kemarin sudah hadir dari negara India sana. Logis karena basis pengembangan mesin V-Strom SX sendiri yang menggunakan mesin berteknologi Suzuki Oil Cooling System (SOCS) sebenarnya bukan mesin yang baru baru banget, yes mesin dari Gixxer SF250 yang sudah terlebih dahulu diproduksi di India. . . Yang bikin mengejutkan adalah dengan mesin yang sama dan mesin yang banyak menuai kritikan saat dibenamkan pada Gixxer SF 250, justru banyak dianggap lebih pas jika diletakkan sebagai dapur pacu untuk V-Strom SX ini.

Spek performa crankshaft yang menghasilkan power maksimum 26,5 ps pada 9.300 rpm dan torsi maksimum 22,2 Nm pada 7.300 rpm terasa sudah cukup buat menjadi sumber tenaga utama dari calon motor touring adventure ini. Memang sih terlihat tak sebesar power maksimum dari Versys X 250 yang diatas 30-an horsepower, namun jika disimak spek keluaran torsi maksimum dari mesin V-Strom SX ini malah besar dan diperoleh pada rpm atau putaran mesin yang cukup rendah.

Sasis V-strom SX

Jika berandai andai, maka diperkirakan motor ini akan punya feel jambakan lebih terasa di akselerasi awal yang bahkan bisa lebih terasa jika rasio final gear diperingan lagi dengan memainkan jumlah mata pada sprocket.

V-Strom 1050

V-strom 250 ‘twin’

Soal tampilan? Weh, jujur bahkan TMCBlog bilang hanya minus pada suspensi depan yang masih teleskopik konvensional, V-Strom SX ini punya tampang dan tongkrongan jauh lebih mirip varian flagship V-Strom 1050 dibanding siblingnya V-Strom 250 yang menggunakan mesin twin SOHC. Cek aja tiga foto di atas deh. Pokoknya soal penampakan, kurangnya V-Strom SX hanyalah detail braket untuk sepasang side box/pannier yang tak ada pada produk tersebut.

Dan satu lagi kejutan yang dihadirkan oelh Suzuki di produk V-Strom SX dan praktis membuat hampir semua penggemar touring adventure ‘meleleh’ adalah hadirnya fungsi navigasi Turn-b-Turn pada dashboard-nya. Wahhh . .

BTW dari hembusan berita burung via komunitas & die harder Suzuki, hadir informasi yang menyatakan bahwa dalam waktu yang tidak lama lagi model ini akan masuk ke persiapan uji tipe Kementrian Perindustrian RI sebagai langkah awal persiapan untuk dijual di Indonesia. Kapan hadir? Yaaa kita bisa tracing sih sob, sekitar 2-3 bulan proses uji tipe.  Kemungkinan besar akan hadir di semester/paruh kedua tahun 2022 ini atau tidak paling cepat pertengahan 2022. Wiiihh auto nabung dong?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

26 COMMENTS

  1. langsung produksi lokal aja dimari,wong line up produksi di pabriknya jg ga banyak aja kok, sekaligus biar harganya lebih kompetitif

    kalo test the water dgn CBU dulu,kasihan yg beli CBU kecele kalo pas sukses dan dilokalkan harganya anjlok,iya kalo gagal sih enak dimereka karena motornya jadi eksklusif

    tapi masa berharap bakal gagal sih

  2. kalo kaki kaki dan mesin pake GSX R150, kondom tangki agak tinggi,moncong diperpendek udah jadi katana Ale Ale loh

  3. bagus sih, tapi kenapa ga buat juga yg 150cc nya ??? ayolah Suzuki, line produksi Bandit yg nganggur bisa digantikan dgn V-Strom 150,,

  4. nah ini desainnya udah mulai keluar dari pakem jadul suzuki yg bulet2. Kalo di lokalkan lebih baik sih ini, siapa tau harganya bisa si mepetin sama CB150x. Kan Suzuki biasanya ngasih harga yg value for money nya baik. V-Strom 150? mungkin aja sih, cm mau ga Suzuki nya?

  5. Nah selanjutnya request ke Suzuki Motorcycle India bikin trail dan supermoto mesin Gixxer 155, desain contek DR200S aja dan gak usah USD (rusak bikin puasa wkwkwkw)

  6. ganti pakai mesin bandit… biar nambah nampol dengan penyesuaian power dan torsi di rpm bawah kalau bisa

  7. Wah kemaren dah hepi2.
    Giliran skrg sadar kalo bukan yg v strom mesin inazuma.
    Wkwkwkwkwk salah satu impian punya vstrom knalpot dobel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.