TMCBLOG.com – Punten banget Vlognya baru dirilis Karena Ada file yang kelupaan letak menyimpannya sehingga proses editing Vlog test Konsumsi bahan bakar Honda Vario 160 MY 2022 walaupun sederhana bisa delay Panjang gini. Namun Alhamdulillah, akhirnnya selesai Juga pengetesan Konsumsi bbm khas ala tmcblog ini. Vario 160 dikosongin bensin nya dulu, lalu dikocoran persis 1 Liter bensin dan dipakai sampai Mogok lagi yang merartikan Skuter Yang cc nya naik ini habis bahan bakarnya.

Odometer awal pengukuran
Trip meter awal pengukuran
Konsumsi bbm awal pengukuran

Perjalanan yang tmcblog lakukan setelah mereset trip meter ke angka Nol adalah memutari kota Bogor lanjut sempat dibawa ke pasar Ikan hias di Parung dengan Model perjalanan standar komuter Harian ala tmcblog dengan Bobot kala itu ( sebelum Puasa ramadhan )  sekitar 164 kg.

Odometer akhir pengukuran
Trip meter akhir pegukuran

Hasil yang diperoleh adalah Motor akhirnnya mogok di angka Odometer/ trip meter 52,2 km  . . itu artinya Konsumsi Bahan Bakar Vario 160 adalah 52,2 km/liter. Ketika dibandingkan dengan Meter Konsumesi bahan bakar di Panel Dashboard vario 160 sendiri tertera angka yang lebih besar yakni 55,8 km/liter atau lebih tinggi pembacaaannya sekitar 3,6 km/liter dibandingkan pengukuran menggunakan trip Meter di MID yang sama.

pengukuran akhir Konsumsi bbm oleh MID

Secara umum Dengan penambahan cc yang signifkan ditambah penambahan lebar ‘Pintu masuk’ dalam hal ini Ukuran Klep secara total dari Vario 160 yang diperluas menjadi dua pasang In Dan ex . . Dengan metoda pengukuran yang berbeda ( yakni dengan Full to Full ) dulu tmcblog pernah ukur konsumsi bbm Vario 150 hasilnya 65,07 km/liter

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

42 COMMENTS

  1. Yg saya suka dr dashboardnya itu ada meter konsumsi bbm realtime (meskipun mungkin g akurat)
    Tapi paling nda bisa untuk melatih tangan, bagaimana biar bisa irit

    • Saya pake yg vario 125 baru 8 bulan gak pernah dapat segitu baik pake pertamax atau pertalite di spidometer.. Paling cuma 59km/liter itu kali jalanan datar gak macet.. Kalo di buat pulang kampung ke ungaran lewat jalur semarang dapat 45km/ liter.. Di banding aerox 155 yg cuma dapat 40km/liter ya iritn ini

    • Jupe burhan saya masih dapet 46 km/l pakai pertalite, sehari pp 50km abis ongkos 8.400, kalau ini pakai pertamax berarti per hari butuh ongkos 12.000.

  2. memang ada pengaruhnya efek penggunaan kompresi tinggi 12 : 1, teori yg mengatakan kompresi tinggi bikin irit BBM memang ada benarnya

    • Makin gede kompresi, torsi juga makin gede. Ga perlu buka gas dalam2 motor udah laju. Mau contoh lain ada tuh mesin diesel, mesin ini kompresinya bisa 17 : 1 atau lebih, makanya mesin macam gini biasa dipakai di kendaraan buat angkut yang berat-berat atau buat medan berat macam SUV, truk, traktor, atau bus.

  3. irit cuma musti dikasih minum ron diatas 95,
    kompresinya membuat lumayan menguras kocek disaat harga minyak dunia naik, dikasih ron 90 waswas ambrol mesin

  4. Wak haji TMC emang mantapp… pinterr bawa motor buat irit bbm wlopun cc lebih gede, saya yg make New vario125 aja cmn dpt 52kmpl koq… padahal sdh kalem makenya.. jalanan jg lumayan lancaarr…

  5. Brarti relatif mirip2 motor sekarang lah ga beda jauh,saya pernah pake Aerox juga di rentang 50-54 jalan Pantura ramai lancar pas lebaran dulu,lari antara 60-80,barti mungkin sedikit irit Aerox kalo melihat baratnya n bodi yg lebih bongsor.

  6. Kompressi tinggi :
    Bobot lebih ringan
    btw materialnya gimana ya..di FB banyak drama tuh sama posisi mounting sama ESAPnya–yg kokn katanya lebih ringan tapi ngga lebih kuat..
    mungkin nerox lebih berat krn materialnya kali ya lebih mumpuni

  7. Adanya nmax sama pcx 160 , jd menurut saya mesin pcx 160 yg se dna varia 160 itu agak kopong powernya dibanding nmax. Lebih fun naik nmax ,torsi merata ,kapanpun siap diajak buat nyalip,mungkin efek vva emang g bohong nafas lebih panjang pula. Tapi konsekuensinya memang pcx keliatan telak lebih irit , itu kalo dipakai betot2an gas semaunya g mikir irit2an lo ya.

  8. Udah pernah nyoba Vario 160 ini, harus diakui tarikannya mantap sih, akselerasinya bagus banget dan sangat irit, agak heran juga kok bisa seirit ini…
    Kalau soal top speed saya gak tau, gak berani lebih dari 80km/jam naik motor..

  9. Bacaan 55.8 km/lt itu bukannya average wak? Dimana bacaan sblmnya ikut dirata2kan. Mungkin sebaiknya direset jg wak AVG nya.
    CMIIW

  10. Kalo metode empty to empty gini ketauan. Motor ini realnya lebih boros dari mid. Nmax realnya lebih irit dari mid.. sesuai pengetesan wak Haji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here