TMCBLOG.com – Iseng tmcblog coba ngecek harga Honda Scoopy Second dipasaran Online Motor Bekas . . weleh Harga untuk Model 2018 yang notabenennya sudah Mulai memasuki usia 4 Tahun masih di angka 17,5 Juta rupiah ke atas, sementara untuk 2020 di angka 18 Jutaan, 2021 di 19 Jutaan dan seterusnya . . ini tuh nggak Jauh dari angka OTR Scoopy baru yang diangka 21 Jutaan . . Angka Scoopy bekas ini rata rata Naik 1 jutaan dibandingkan 2 bulan yang lalu . . kenapa yah ? dan Menariknya Ini tuh Bukan terjadi bukan hanya ke Scoopy, Beat dan Bahkan Beberapa Unit Non Honda . .

Kepo dong, Iseng tmcblog coba diskusi dengan manager salah satu Diler Di Bogor Yakni Sanprima. Pak David Tjandra GM Sanprima Santosa Mengiyakan fenomena yang sempat tmcblog ceritakan ke Beliau. Bahkan menurut info yang beliau peroleh dari rekan rekan finance Company bahkan sekarang ini Motor kayak Spacy dan Vario 110 second saja Cepat Ludes jika sudah stock . .

AHM Konfirmasi sebab tersendatnya Distribusi Sepeda Motor Ke Konsumen

Menurut beliau Fenomena ini juga memang ada kaitannya dengan Permasalahan produksi dan distribusi yang saat ini sedang menimpa Astra Honda Motor secara umum yakni tersendatnya supply Chip Semikonduktor yang menjadi Part penting di beberapa Part Motor seperti lampu LED, Dashboard, ECU/ECM, dan rangkaian rangkaian elektronik lainnya.

Sebagai Contohnya saja, di Tingkat Diler Honda Sanprima Bogor saja Penurunan Jumlah Produk yang disuplay ke Diler Bisa turun sampai 70% atau hanya bisa di supply sebanyak 30% dari Jumlah Normal yang biasannya diserap Oleh Konsumen yang membeli motor baru di Sanprima setiap Bulannya.

yes secara umum saat saat ini adalah Saat ter-tepat jika memang mau Berniat menjual Motor bekas Karena valuenya sedang tinggi, Walaupun secara umum sulit juga Untuk mendapatkan Gantinya kembali hehehe. Namun menurut Pak David berdasarkan pertemuan sebelumnya Pihak Honda, Main diler yang disampaikan ke Diler, Kondisi ini diharapkan Mulai bisa berangsur Normal di bulan Juni ini dan diperkirakan akan 100% Normal pada Bulan Juli 2023 2022 nanti.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

38 COMMENTS

    • Kalo scoopy mah setau saya harga secondnya emang paling tinggi dibanding motor lain. Paling beda lah, ga tau kenapa

    • Rusia mulai membatasi pasokan neon, argon, helium, dan gas inert lainnya ke pasar luar negeri.
      Gas-gas tersebut merupakan kebutuhan untuk produksi semikonduktor pembuatan mikrochip.
      Rusia dan ukraina merupakan penyumbang 60% neon dunia.
      Ukraina sudah stop produksi duluan.

  1. gara2 pandemi membuat permintaan chipset/semikonduktor membludak krn orang2 sewaktu pandemi semakin banyak membutuhkan hape dan laptop utk WFH atau belajar daring dan pabrik chipset kewalahan utk bisa keep up, belum lagi masalah supply chain yg sampe skrg masih belum selesai semenjak kapal Evergreen nyangkut di terusan suez lalu diperparah dgn lockdown-nya bbrp negara hingga membuat kontainer pada nyangkut di pelabuhan2 alhasil terjadi kelangkaan kontainer, lalu ada berita pabrik chipset di Jepang yg kebakaran waktu itu,
    dan skrg ekonomi mulai berjalan normal kembali dan orang2 mulai ada rezeki utk beli kendaraan baru alhasil permintaan mulai meningkat lagi tapi masalah chipset belum terselesaikan,

  2. itu harga skopi udah kayak motor gress yg masih 0 KM aja

    adeess,nex,dan Mio z seken bilek : “My time has come!”

  3. kira kira apa ya solusi pabrikan mengatasi hal ini?
    serem juga mau ganti hp udah mulai banyak trouble tapi takut harga beli nya naik tanpa kabar
    anyway tetep bersyukur punya motor yg sekarang bisa dipake, diluar sana banyak yg pengen punya tapi terkendala inden panjang

    • Nunggu keputusan dari produsen chip semikonduktor yg berada di India dan Tiongkok.

      Untuk rival nya cuman satu yg terkendala sama chip semikonduktor nya yaitu Aerox

      • Chip semikonduktor masih bisa mensuplay, cuma tidak bisa semaksimal, utk Honda Motor Genio, Vario 160, Vario 125, PCX masih jika berjalan, utk beat dan Scoopy tertatih-tatih….. Ini Yamaha tertolong produksi nya sedikit. Bukan motor saja, Pajero sudah membukukan minus produksi 1500 unit, Fortuner terkendala Controller dr china yg tidak datang, HRV pun sama chip spedo, bahkan Elektronik AC TV pun demikian. Dan bukan di Indonesia saja, seluruh Dunia, Asia Khususnya.

  4. seluruh elektronik tersendat. dan calon terkerek naik tinggi
    terus ga turun lagi deh. wkwkwkwkwkk
    kalo begini terus alamat stagnan ekonomi di urusan teknologi.
    paling larinya ke hobby mekanikal/ travel

  5. imbasnya memang banyak yg fanatikan si merah, terpaksa pindah haluan ke si biru, eh betah juga pake si biru akhirnya (cerita dari konsumen2 yg beli dari gue) bahkan old Nmax + old Aerox di Jogja gila2an, sejak awal tahun 2022 sebelum ada krisis microchip sudah pada naek, sekarang olx Nmax tahun tertua 2015 pun masi bisa laku di 20 – 21an, old Aerox tahun tertua 2017 juga di angka yang sama, padahal tahun 2021 dulu, old Nmax sudah ada yang di angka 18an

  6. Maaf wak, istilah terkoreksi itu artinya justru menurun.. Biasa dipake di dunia ekonomi seperti indeks harga saham, kurs, suku bunga dll..

    Lebih tepat pake kata : melambung, melesat

  7. Sett dah, nyesel ane jual Aerox S ABS Keyless 2019 Black Doff bulan 3 kmarin cuma 20 juta 😡😡

  8. Welcome New era e-Bike… Yg mau jual silahkan jual mumpung masih tinggi dan akan terus digorenng dengan renyah…

  9. Pasang harga sama dengan harga motor baru juga GPP…
    Yg penting ada yang beli wkwkwk.
    Soal mau beli motor baru, memang udah susah kalo mau cash apalagi untuk jenis Vario 160.
    Kecuali beli kredit…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here