TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui bahwa Toprak Razgatlioglu telah melakukan test pertamanya dengan Yamaha M1 protoptipe MotoGP di sirkuit Aragon. Tidak ada data official, namun berita tak resmi alias rumor mengatakan bahwa laptimenya hanya sedikit di bawah Cal Crutchlow yang memiliki pengalaman jauh lebih banyak darinya di atas MotoGP. Tahun 2023 tentu tak ada slot kosong baginya di MotoGP terutama dari jalur Yamaha, namun begitu Toprak masih memendam keinginan naik ke MotoGP walaupun akhirnya baru-baru ini pembalap Ducati Aruba.it -Alvaro Bautista- secara terang-terangan menyarankan Toprak agar berfikir dua kali soal pindah ke MotoGP.

Bautista memberikan analisanya berdasarkan gaya balap Toprak; “Toprak memiliki gaya berkendara yang sangat agresif yang memberikan banyak tekanan pada ban dan jika dia masuk ke MotoGP dia pasti tidak akan bisa memanfaatkannya. Saya akan berpikir dua kali tentang itu, karena masuk ke MotoGP adalah risiko.” kata pemenang balapan 22 kali di motosprint itu.

“Ada banyak pembalap cepat di sana dan baik ban maupun motor memainkan peran penting. Melihat Yamaha hanya Fabio Quartararo yang tampaknya bisa cepat – dan gayanya benar-benar berbeda dari Toprak. Jika saya Razgatlioglu, saya akan berpikir dua atau tiga kali. Karena jika Anda membuat kesalahan di tahun pertama, anda memiliki tujuh pembalap muda yang ingin menggantikan anda dan yang mungkin disukai oleh pabrikan karena harganya tentu lebih murah.”

Bautista sendiri mencoba berkaca pada dirinya sendiri dan mencoba menjelaskan apabila kesempatan seperti itu hadir datang ke dirinya kembali. “Saya pasti akan senang jika saya bisa menguji Desmosedici, namun jika anda meminta saya untuk kembali ke kejuaraan lain, saya akan memikirkannya untuk waktu yang lama sebelum saya bisa menjawab.” Jadi secara umum Bautista mencoba menganalisa bahwa gaya berkendara yang paling pas untuk menaklukan Yamaha M1 saat ini adalah gaya berkendara yang dipakai oleh Quartararo sedangkan Toprak memiliki gaya balap yang berbeda. Gimana Toprak, masih kepo sama MotoGP?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

34 COMMENTS

  1. Sebagai pembalap hampir alien yang terbuang, ane percaya
    Intinya mau ngomong gini, ente saingan ama ane aja bisa sekebon kok mau masuk Motobiji

    • Hanya kasih tahu BRo , ketika Bautista di Honda kenapa namanya tenggelam di laut hitam ??

      Namamu boleh FBS ,FBH ,FBY ,sejati, tetapi dlm Menganalisa suatu hal Anda harus berimbang, motor ya di pakai Bautista itu Ducati motor terkencang di Grid , jd aspek kenapa dia kencang salah satu nya motor, sedang Yamaha top Speed kalah Dr kawsaki, Honda, Ducati , tapi thn 21 juara. Untuk jd juara butuh skill rider yg di imbangi dgn motor .

      • Rangkum,,ente bikin pernyataan yg bilang speed Yamaha kalah BLA BLA,,,masalah skill jelas Bautista diatas Toprak karena udh di moto GP dan sering hasilnya oke,,skrg gw tanya,klo emang Ducati sesuperior itu knp slain Bautista JD remahan peyek doang di WSBK,,emang dikira balapan lurus doang,,1lagi Ducati itu susah ditekak tekuknya kaya yamaha,Bautista bisa karena skill dia mumpuni

    • Tiga bocah kemarin sore mau jadi SJW di warung ini
      Jelas2 Batistuta bisa bawa CBR masuk podium
      Toprak levelnya masih belum nyentuh Batistuta
      Gw pensboy kok disuruh analisis berimbang
      Situ sehat?
      Kalau mau analisis jujur ya liat komen Si Akang
      Bukan liat komen pensboy

  2. padahal kata Morbi gaya berkendara Quartararo itu udah agresif loh, dan Morbi bilang gaya berkendara dia ga cocok dgn M1 yg skrg,,

  3. Lebih baik gagal tp telah mencoba JD ga penasaran,apalagi seorang pembalap harus punya jiwa petualang n berani ambil resiko apalagi kalo di kasih kesempatan,tp sekedar saran kelas MotoGP kliatannya akan lebih bagus ambil dri kelas Moto2,biasanya cepet adaptasinya.

  4. yah kalo dia hanya sekedar pengen coba kompetisi doang ya gpp ikut motogp, tapi kalo di seriusin ( target jurdun ) gak cocok dia di motogp, selain gaya agresifnya postur badan dia terlalu tinggi

    mending ambil wildcard dulu targetin poin bisa gaknya dia

  5. Stoprak mah agresif banget.. kata paul denning, sampe r1 direinforced bagian depannya karena sering hardbraking..

  6. Kalo saran ane mending coba dulu motogp..jgn dengerin bau2,kesempatan itu tidak dtg 2x,.sukses bisa perpanjang kalo nggk bisa balik wsbk dgn talentanya gk susah dpt team
    Rea juga ksh saran ke toprak buat naik motogp

  7. Apa gw bilang kemaren, Toprac ampe ga dipake di Suzuka 8 hours jg karena boros ban. Di wsbk ketutup ama ban Pirelli yg susah abis, di motogp gabisa seenak jidat narik tuas rem sambil stoppie wkwkkwk

    Mentega CS udh ga muncul semalem krn malu ama hasil Yamaha, ini di artikel wsbk jg dibuat kicep jg.

  8. Saya kira tidak semua pembalap riding dgn gaya alaminya, dan ada juga pembalap yg sangat cepat beradaptasi sehingga dapat riding semua jenis motor secara natural.
    Dlm hal ini toprak termasuk yg cepat beradaptasi.
    Dan saya kira dia tidak akan terlalu buruk di tahun pertama dgn M1, dan akan berprogres di tahun2 berikutnya.

  9. Bautista nyelam sambil minum air, ngasi saran aketoprak sambil minta dikasi kesempatan bawa desmo (lagi) juga 🤣

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.