TMCBLOG.com – Model terbaru Piaggio MP3 memulai debutnya 29 Juni 2022 di Paris, kota yang melambangkan keberhasilan skuter roda tiga pertama di dunia, yang mewakili respons terbaik dan paling nyata terhadap permintaan yang terus meningkat akan kendaraan untuk berkeliling kota dan area metropolitan yang terus berkembang dengan kenyamanan terbaik yang memiliki karakter kemudahan, kesenangan, dan keamanan.

Keberhasilan ini dapat dilihat pada lebih dari 230.000 kendaraan yang terjual dalam enam belas tahun di seluruh dunia. Selama waktu ini, MP3 selalu menjadi pemimpin yang tak terbantahkan di pasar yang diciptakannya sendiri, menunjukkan keunggulan teknologi Piaggio Group yang diterapkan pada skuter. Dianggap sebagai penghubung antara dunia mobil dan skuter dan merangkum hal hal yang terbaik dari keduanya, Piaggio MP3 kembali dengan lebih aman, lebih berteknologi tinggi, lebih mewah dan  lebih menyenangkan dari model sebelumnya.

Dibuat di pabrik Piaggio di Pontedera, Italia, model dalam jajaran Piaggio MP3 baru hadir lebih ringan, dengan kinerja lebih tinggi, dan telah dirombak secara teknis. Piaggio MP3 dilengkapi dengan mesin modern dari keluarga HPE: Piaggio MP3 400 HPE dan Piaggio MP3 400 HPE Sport berbagi varian 400 cc dengan power output maksimum lebih dari 35 Hp, sedangkan Piaggio MP3 530 HPE Exclusive memiliki fitur all new 530 HPE dengan output daya terbaik untuk kelas ini lebih dari 44 Hp.

Desain dari Piaggio MP3 sekarang tampil lebih sporty dari sebelumnya berkat tingkat penyelesaian yang unik dan perhatian terhadap detail; sistem pencahayaan LED full yang baru, desain windshield baru pelindung depan rider dari, yang dihasilkan dari penelitian ekstensif untuk memaksimalkan perlindungan terhadap udara.

Posisi berkendara sekarang lebih nyaman berkat triangulasi sadel-footpeg-stang yang diubah; kapasitas penyimpanan under seat dengan bukaan menggunakan elektronik memiliki ruang yang sanggup untuk memuat dua helm full-face. Agar tetap terdepan dalam hal keamanan, semua model dilengkapi dengan ABS dan ASR; peralatan tersebut juga mencakup sistem tanpa kunci dan panel instrumen warna maxi, dengan opsi untuk menghubungkan smartphone melalui aplikasi Piaggio MIA.

Sesuai dengan perannya sebagai inovator hebat, Piaggio MP3, versi Eksklusif 530 yang baru, adalah skuter pertama di dunia yang menampilkan ARAS Advanced Rider Assistance Systems yakni rangkaian fungsi bantuan pengendara yang inovatif berdasarkan teknologi citra radar 4D yang dikembangkan oleh Piaggio Fast Forward, anak perusahaan robotika Piaggio Group.

photo: Simon Palfrader©
editorial use only

Ini adalah pertama kalinya sensor mutakhir ini dikembangkan untuk digunakan pada skuter. Perangkat ARAS memainkan peran mendasar dalam keselamatan aktif, menjamin fungsi Blind Spot Information System (BLIS) dan Lane Change Decision Aid System (LCDAS). BLIS memberi tahu pengemudi tentang keberadaan kendaraan di titik buta kaca spion menggunakan pemberitahuan khusus pada layar TFT.

Terus memantau area belakang pada jarak hingga 30–35 meter, LCDAS juga mampu mengidentifikasi kendaraan yang mendekat dengan cepat secara lateral, menciptakan situasi risiko potensial jika terjadi perubahan jalur. Dalam situasi ini, pengemudi juga diberitahu melalui pemberitahuan khusus pada panel instrumen.

Gigi mundur adalah fitur unik lain dari Piaggio MP3 530 Exclusive dan sekarang termasuk kamera video belakang yang memungkinkan penggunaan lebih mudah dan lebih aman. Kekayaan perlengkapan standar dilengkapi dengan cruise control yang dapat diatur dengan mudah menggunakan kontrol stang elektrik baru dan tiga mode berkendara Eco, Comfort, dan Sport, yang mampu mengubah respons kontrol throttle Ride-by-Wire serta mendefinisikan kalibrasi sistem anti-selip ASR.

Taufik of Buitenzog | @tmcblog

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.