TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui dari artikel tmcblog sebelumnya, BMW pada seri Ke lima WSBK 2022 di Donington akhir pekan ini mencoba Part baru yang pada sesi Hari Jumat FP1 dan FP2 di pakai Oleh Scott redding dan Loris Baz pada BMW M1000RR mereka. Awalnya Part ini diketahui adalah Swingarm baru Buatan Kalex Engineering, amun ternyata nggak hanya itu sob, Redding mengaku ia juga memperoleh Setang Clipon baru dan Jiga Footpeg baru untuk menunjang dan mengoreksi ergonomis balapnya di atas Motor M series BMW ini.

Pada akhirnnya Scott Berhasil mengakhiri hari Jumat kemarin di Posisi 3 Kombinasi FP1 dan FP2 dengan Jarak 0,582 detik dari Jonathan Rea yang memimpin Timesheet dan hanya 0,031 detik dari Juara Bertahan Toprak. “Saya pikir kami telah membuat beberapa langkah besar bersama BMW untuk membawanya lebih dekat ke depan. Stang yang berbeda, lengan ayun yang berbeda, pijakan kaki yang berbeda.

Dengan beberapa Perubahan ‘ hardware ‘ ini Scott merasa bahwa membalap bersama konfigurasi BMW M1000R seperti ini membuatnya bisa Lebih mendekati gaya Balapnya ” Saya merasa bahwa ini motor saya banget dan membuat saya bisa membalap dengan pikiran yang lebih jernih tentang cara melaju cepat. Ini adalah sebuah peningkatan, itu pasti.

Tapi ini masih awal dari evolusi bagi saya. Saya pernah bekerja dengan Kalex sebelumnya; mereka sangat bagus secara teknis dan cara yang sangat baik untuk mencapai tujuan dan mereka memahami itu dari sudut pandang pengendara. Akan ada lebih banyak lagi yang akan datang, yang sangat bagus dan menjadi bagian dari teka-teki. Kami memiliki banyak hal yang kami coba paksakan dan kerjakan. Perlahan-lahan kita mulai melihat sesuatu datang.”

Lebih jauh dan teknis, Redding menjelaskan di mana khususnya swingrm kalex baru ini menawarkan peningkatan kinerja: “grip [di sisi] tepi [ban] lebih baik yang merupakan hal negatif yang sangat besar bagi kami sebelumnya dengan lengan ayun lama, sekarang jauh lebih baik di area ini. Pengereman terasa sedikit lebih baik, kelincahan sedikit lebih baik… Saya hanya merasa kami membutuhkan lebih banyak cengkeraman berkendara. Itu sebabnya saya mengatakan bahwa ini adalah awal yang baik, tetapi kami membutuhkan lebih banyak; itu mungkin perubahan terbesar yang kami buat sejauh ini dan itu memberi saya kepercayaan diri ketika saya  membalap”

Redding kemudian berbicara tentang cara kerja swingarm “Saat Anda miring rebah di tikungan, suspensi tidak lagi berfungsi. Itu sebabnya kelenturan lengan ayun, sasis, roda dll semuanya berperan. Itu mempengaruhi pengereman dan mengangkat sepeda, karena gaya melewatinya. Jadi, lengan ayun adalah bagian besar dan itulah mengapa Anda melihat pabrikan di semua cabang olahraga mengubah lengan ayun. Anda dapat menemukan banyak hal, tetapi ini bukan tentang mencapai tujuan dengannya, ini tentang perasaan pengendara. Jadi, Anda perlu menemukan sesuatu yang baik untuk semua orang dan bukan hanya satu pengendara. Misalnya, Tom [ Sykes] tahun lalu, gayanya benar-benar berbeda dengan saya ”

Senada dengan Redding,  Loris Baz Juga ikut mengapresiasi Part baru ini: “Segera, saya merasa lebih baik. Menyerap bumpy lebih baik, Grip batas tepi lebih baik. Ini masalah perasaan untuk pengendara dan itu adalah yang paling penting. Jika Anda merasa nyaman di atas motor, Anda dapat melakukan ekstra push dan melakukan hal-hal yang tidak dapat Anda lakukan jika Anda tidak memiliki perasaan itu. Anda perlu memberikan perasaan kepada pengendara dan itulah yang dilakukan oleh lengan ayun ini, baik untuk Scott dan saya sendiri sedikit lebih merasakan, sedikit lebih cengkeraman, dan lebih banyak [ kemampuan untuk] berbelok. Langkah yang bagus ke arah yang benar.”

Berbicara tentang upgrade selama wawancara FP1, Direktur BMW Motorrad Motorsport Marc Bongers berbicara tentang upgrade: “Seperti biasa, ada harapan ketika Anda membawa suku cadang baru. Kami telah merevisi beberapa kekakuan pada swingarm yang merupakan proses biasa. Saat ini, Scott Redding dan Loris Baz yang menjalankannya; kami memiliki ketersediaan terbatas. Kami mengujinya beberapa pekan yang lalu, tapi sayangnya tesnya dipersingkat, jadi kami harus mengumpulkan lebih banyak umpan balik di sini, lebih banyak lap. Sejauh ini positif.”

Dan Marc Bongers mencoba menjawab apakah untuk masa depan Swingarm Kalex ini akan disupplay untuk keempat M1000RR di Grid WSBK  “Kami diizinkan melakukan dua pembaruan melalui peraturan. Bergantung pada umpan balik, kami mungkin masih membuat beberapa modifikasi lebih lanjut. Yang pasti, yang terbaru di Magny-Cours kami ingin memastikan semua orang memiliki pembaruan ini.” | Based on BMW Info

16 COMMENTS

  1. Salah satu rider bongsor, tapi dah banyak icip2 waktu di motogp. Dari gresini, vds, pramac, sampe aprilia generasi old. Moto2 jg dah icip kalex ama suter. Di wsbk jg dah icip2 2 motor, emang jiwa petualang nih orang wkwkwk

    • Yg ga bisa dibeli secara wajar itu cuma motor motogp ama gp250 generasi terakhir, klopun ada cuma mentok harus tandatangan pernyataan cuma ditaruh di ruang tamu. Ajang laen bisa lu beli asal ada duitnya. Motor Toprac 2021 aja udh dibeli ama salah satu wildcard Donington minggu ini buat balap di BSB 2022.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.