TMCBLOG.com – Honda secara umum memiliki 4 pembalap Plus 1 test Rider Resmi di MotoGP 2022. Status ke empat pembalap tersebut : 1 Pembalap sedang absen karena cidera ( Marc ) , 1 Pembalap Dipastikan Tahun depan Pindah ke Pabrikan lain ( Alex) 1 pembalap berpotensi pindah ke Pabrikan lain ( Pol ). Tinggal 1 pembalap yang bergantung performanya pada dua atau tiga balapan ke depan masih punya Potensi untuk tinggal bersama Honda di tahun depan 2023 yakni Takaaki Nakagami. Logika ini mungkin yang bisa dikunyah kunyah Outsider kayak kita untuk menjawab Kenapa di Silverstone adalah takaaki Nakagami yang memperoleh banyak Update pada sepeda motornya Baik sasis, Aero fairing dan bagian lain seperti swingarm. Berdasarkan beberapa sumber termasuk motogp.com, Via artikel ini ita akan coba kupas satu per satu apa saja keterbaruan yang diperoleh Nakagami.

Sebelum kita melihat update yang disupply HRC kepada Taka yang terlihat akhir pekan ini. Via Gambar di atas, sekilas kita mencoba dulu melihat kembali ke motor pada test Sepang 2022 yang merupakan Rujukan awal  RC213V standar yang telah dia gunakan sepanjang musim ini.

Update utama pada sasis pada 2022 ini yang perlu diperhatikan adalah area pemotongan ( cut out ) besar ke arah atas pada bagian atas ( No 1)  dan bawah dekat Pivot swingarm di bentangan sasis utama dekat headstock ( No 2 & 3).

Terlihat Honda berupaya mencari grip ban belakang yang lebih banyak dan feel menikung yang lebih baik. Oleh sebab itu perubahan dan evolusi terus berlangsung pada Taka dan terakhir hadir di Silverstone seperti yang terlihat pada gambar berikut ini

Nah terlihat pada gambar di atas Honda memberikan beberapa update pada empat titik :

Jika sobat Lihat di bagian pertama ujung atas Bentangan sasis dekat headstock bagian cut-out besar telah diisi dan bisa dibilang Hilang pada update sasis terbaru.

  1. Kita bisa melihat las horizontal melengkung besar pada bentangan sasis utama sedikit berubah. Pengelasannya masih sama tetapi jika kita melihat kembali ke gambar sebelumnya, kita akan melihat bahwa sasis asli memiliki ‘lipatan/lengkungan ‘ yang berbeda ( garus putus putus pada gambar ) . Pada sasis baru, lipatan/ lengkungan itu pindah agak lebih ke depan
  2. Perubahan lainnya adalah poros swingarm. Pada sasis baru yang tampak lebih tinggi, Honda menawarkan opsi penyesuaian posisi penempatan swingarm lebih banyak ke arah vertikal, atas dan ke bawah.
  3. Pada motor baru, fairing samping sekarang memiliki dua lubang Ventilasi pembuangan panas : di bagian bawah dan satu lagi di atasnya. Desain asli Fairing hanya memiliki dua lubang pembuangan yang diposisikan di bagian bawah bersebelahan.
  4. Honda menemukan sepanjang paruh pertama Musim 2022 bahwa para pengendara sering merasa kaki mereka terganggu oleh udara panas yang berasal dari radiator dan mesin, tampaknya Honda telah mendesain ulang ini untuk aliran udara dan pendinginan yang lebih baik. Mereka juga telah memotong sebagian besar fairing samping dan sekarang mengekspos bagian kopling lebih banyak, memungkinkan udara panas dari kopling keluar lebih optimal.

Di Silverstone terlihat juga bahwa Honda  memperlihatkan hasil pengembangan dari spoiler swingarm baru. Kami pertama kali terlihat di Tes Catalan. Terlihat pada Swingarm RC213V Nakagami, spoiler/ sendok swingarm tersebut hanya memiliki satu bilah wing dan berpotensi menawarkan downforce di roda belakang.

Melihat bahwa saat ini Honda sedang berjuang untuk mencari grip belakang yang hilang, masuk akal bahwa pengembangan ini Juga muncul ditengah Pionir partnya sendiri yakni Ducati malah sudah mulai meninggalkannya.

Perubahan terakhir pada motor baru Taka terlihat lebih baik dari arah depan. Gambar di atas memperlihatkan bentuk intake udara 2022 Awal / Original ( No 6) yang dikombinasi dengan desain baru paket aero dan fairing depan ( No 5 ). Di Silverstone, semua ini sudah cukup signifikan berubah dan hadir baru buat Taka seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut ini :

Mengenai Homologasi baru desain winglet utama ( No 5) bukanlah hal yang benar benar Baru di sini, kita telah sama sama melihat sayap ini sebelumnya karena Pol Espargaro dan Alex Marquez telah menjalankannya tahun ini dan berbasiskan desainn tahun 2021.

Jerez test 2021

Yang menarik lainnya adalah bentuk desain air intake ( No 6 )  dan bentuk fairing depan secara keseluruhan. bentuknya mirip banget aliasa hampir identik dengan Desain pada prototipe asli Honda 2022 di Tes Misano 2021 walau tetap ada kemungkinan bahwa Honda telah membuat beberapa penyesuaian kecil dan memperbaruinya untuk motor Taka di Silverstone 2022.

Impresi awal Taka terhdap psegala perubahan ini di awal race weekend Silverstone adalah dia merasa keseimbangan motornya lebih baik dan menawarkan cengkeraman/ grip ban belakang yang lebih baik. Jika itu adalah feel sebenarnya yang dihasilkan jelas adalah kabar baik bagi Hondadan bisa jadi langkah pertama Honda menemukan untuk survive di sisa 9 balapan 2022 ini – Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

28 COMMENTS

  1. Selama ridernya masih B aja mau digimanain jg hasilnya bakal gitu doang. RC213V motor non konsesi, artinya klo udh salah bikin mesin dan fairing sedari awal mustahil bisa merubah karakter dgn drastis. Update sasis ato aero cuma sedikit perbaiki kesalahan awal tapi ga serta merta perubahannya akan drastis dari motor medioker kaya KTM jaman Pol Espargaro sebelum kedatengan Pedross jadi motor papan atas lagi kaya RC213V sedia kala. Kecuali masuk konsesi yg bisa rubah mesin secara radikal dalam itungan minggu, contohnya Aprilia pake rider open mic aja bisa betengger di posisi 2 klasemen sementara.

  2. Intinya perlu rider karakter alien untuk taklukin honda Rcv ini..mirip yamaha skrg cm fq20 yg bisa , nggu mm93 baru karakter rcv keluar ugal2lan

  3. Sekali- kali si iker locuona dikasih kesempatan nyoba.kali aja cocok.doi dan suka motor yg agak2 sleding roda belakangnya.

  4. Kerja terusss seakan akan ga kenal lelah.. pengembangan terus seakan2 gak akan pernah kehabisan modal.. enaknya punya perusahaan besar…

  5. kalo denger2 sekilas dr komentator MotoGP kemaren, Pol udah dikonfirmasi sama bos KTM gabung ke Tech3, skrg HRC lagi ngelobi Mir yg kyknya sedikit alot dalam negosiasi,

  6. side fairing balik ke tahun tahun sebelumnya yg menawarkan ventilasi yg lebih banyak,

    front fairing jg ga terlalu gepeng,balik lagi agak menggembung

    secara estetika agak sedikit terobati lah

    semoga knalpot undertail jg balik ke tengah,sukur sukur balik ke bentuk rc211v yg ujungnya ada 2 sudut lancip

    • ente mw cari dukungan perkara kiblatnya ke M1, tapi di komen yg bilang kalau itu mirip rs cube 2004. gimana si

    • Kalo RS Cube lebih masuk akal, krn bentuknya emang mengarah kesana ketimbang M1. Nah pertanyaannya, M1 2004 bahkan masih begaya R6 tuh ram airnya. Berarti klo dibilang contek mencontek, Honda ama Yamaha sama2 nyontek RS Cube dong? Bedanya Yamaha dibantetin bukan jadi pola V tapi M.

      Tapi teteup, mau ngeyel persis M1, lah M1 sendiri ga pernah bikin pola V, yg versi dowernya aja tetep pola M cuma dipanjangin. Ga ada M1 MY berapapun yg ‘persis’ ama ram air diatas.

    • Langsung dilarang kalo yamama, inovasinya buat mecah genangan air. Giliran ducita dengan alasan aerodinamika acc 🤣

      • Ralat ducaty alasannya mendinginkan ban. Makanya acc.

        Kalo alasan aero itu punya H, ditolak mentah-mentah. Gak lama H ngajuin lagi dgn alasan untuk dinginin ban, eladalah di acc. Pdhl gak beda 🤦🏻‍♂️

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here