TMCBLOG.com – Pada gelaran MotoGP Silverstone 2022 kemarin, Dorna dan promotor lokal sirkuit telah mengumumkan jadwal MotoGP Silverstone 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 4 – 6 Agustus 2023 atau kurang lebih mirip dengan yang dilakukan tahun ini dimana mempertahankan slot pasca rehat musim panas. Namun bukan hanya itu, ada perubahan sedikit dalam hal konstruksi Lintasan balapan di mana hadir perpindahan posisi start awal dan posisi paddock.

Event MotoGp Silverstone 2023 nanti juga akan menandai kembalinya paddock MotoGP ke International Paddock dan kompleks Silverstone Wing yang ikonik untuk pertama kalinya sejak 2012. Oleh karena itu, garis start-finish akan berada di Hamilton straight, dengan tikungan Abbey yang di musim 2022 ditentukan sebagai T14, nantinya akan sebagai T1 di tahun 2023 yang akan datang.

Sejak dibuka pada tahun 2011, Silverstone Wing telah menjadi simbol dari tempat tersebut dan semakin menjadi simbol komitmen terkemuka dunia terhadap keberlanjutan sirkuit. Sebagai bagian dari kebijakan “Shift to Zero” Silverstone, trek tersebut telah memasang 1.342 buah panel surya pada atap Pusat Konferensi dan Pameran Internasional Wing. Pada fase 2 proyek ini – yang akan selesai musim gugur ini – kita akan dapat melihat total 2.764  buah panel surya yang menutupi lebih dari 5.200 m2. Selama 12 bulan ke depan, Silverstone juga akan memasang 30 stasiun pengisian kendaraan listrik di lokasi.

Semua generator di lokasi Silverstone sekarang menggunakan biofuel HVO, menghasilkan pengurangan emisi CO2 sebesar 90% dan, mulai tahun 2023, semua listrik yang dikonsumsi di lokasi akan dihasilkan dari sumber energi terbarukan. Kembalinya MotoGP ke International Paddock mulai tahun 2023 akan bertepatan dengan perubahan penting ini. Berpindah di sepanjang Hamilton Straight akan memungkinkan MotoGP untuk menggelar acara yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan karena paddock akan menggunakan lebih sedikit energi.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

12 COMMENTS

  1. Ada gambar layout sirkuitnya gak wak?
    Yg after before… Biar ada sedikit gambaran..

    Btw asik juga itu uda pasang panel Surya.
    Meanwhile di Mandalika yg negeri tropis dgn paparan sinar matahari yg melimpah ruah sepanjang tahun, kapan ya bisa menyusul?

  2. “Semua generator di lokasi Silverstone sekarang menggunakan biofuel HVO, menghasilkan pengurangan emisi CO2 sebesar 90%”

    Dibanding semua mesin ICE di Indo tautau jadi rongsok semua, sembari menunggu harga riset E vehicle yg proper buat harian pada turun. Etapi kan pemerintah butuh proyekan ya eheheh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.