TMCBLOG.com – Sudah hampir 50 tahun sejak Yamaha memenangkan Kejuaraan Motocross Dunia pertamanya dan tahun 2022 ini mereka memperkenalkan Jagian baru Kelas Primer Motocross dengan Menghadirkan Yamaha YZ450F yang serba Baru. Untuk tahun 2023 Yamaha telah memfokuskan perhatiannya pada pengembangan mesin motocross YZ450F baru yang lebih ringan, lebih cepat dan lebih mudah dikendarai. Jadi apa Saja yang baru di All new Yamaha YZ450F MY2023 ?

Mesin baru yang lebih ringan dan lebih bertenaga serta sasis ringan yang baru dikembangkan dan bodywork ergonomis baru, Model 2023 YZ450F merupakan langkah maju yang besar untuk mesin motorcross andalan Yamaha ini. Alih-alih memperkenalkan teknologi baru demi teknologi, para desainer Yamaha telah mengutamakan pengendara dan mengikuti pendekatan yang berpusat pada pengendara.

Hasilnya adalah motor motocross yang sangat kompetitif yang cepat dan juga menyenangkan untuk dikendarai di setiap jenis trek. Mesin baru ini Menghasilkan tenaga 5% lebih banyak di seluruh rentang dan beratnya hanya 109 kg dengan tangki bahan bakar penuh.

Untuk tahun 2023, Yamaha YZ450F telah mengalami desain ulang total, dengan setiap komponen ditinjau dan dianalisis, menjadikan Model 2023 ini mengalami perubahan paling signifikan pada mesin sejak tata letak REVERSE head diperkenalkan pada tahun 2010 Dengan intake hadap depan dan knalpot keluar belakang.

Piston yang dirancang baru, serta bodi silinder yang lebih ringan yang meningkatkan Power dan karakter riding. Untuk mengakomodasi peningkatan Limit putaran mesin sebanyak 500rpm, engine baru dilengkapi dengan rantai cam berpresisi tinggi dan gesekan rendah. Kruk-As dan Konrod didesain ulang, dan plain bearing hadir menggantikan roller bearing sebelumnya. Balancer barunya memiliki poros penyeimbang berongga baru dan desain yang lebih ringan.

Untuk tahun YZ450F 2023, desain intake hadap depan yang berefisiensi tinggi ditingkatkan lebih lanjut dengan port intake yang dibentuk ulang dengan saluran yang lebih lurus ke kepala silinder dan penggunaan katup IN berbahan titanium dengan diameter 39mm yang lebih besar yang meningkatkan volume asupan udara sebesar 9% pada pengangkatan katup maksimum.

Untuk melengkapi tata letak intake yang ditingkatkan, bentuk port knalpot juga direvisi untuk memberikan koneksi yang lebih mulus ke knalpot.

Ada jalur pemasukan udara ( air Intake) berdesain baru, dengan udara segar sekarang disalurkan melalui ruang antara tangki bahan bakar, rangka, jok, dan panel samping. Aliran udara desain ini membantu mencegah air, debu, dan lumpur masuk ke kotak udara, dan menghasilkan bobot yang lebih ringan dan bentuk yang lebih ramping pada bodywork Motor.

Model 2023 juga dilengkapi dengan desain kotak udara yang sangat efisien yang menciptakan pusaran sehingga debu dipisahkan dari udara yang masuk oleh gaya sentrifugal sebelum memasuki filter tiga dimensi putaran baru.

Mengikuti pendekatan pengendara-sentris perusahaan, para insinyur  mendesain ulang rangka twinspart aluminium untuk memberikan nuansa yang lebih ringan, meningkatkan kelincahan, dan meningkatkan stabilitas. YZ450F dilengkapi dengan bodywork ‘Horizontal Movement’ yang benar-benar baru. Setiap panel eksterior didesain ulang, dan hasilnya adalah bodi yang lebih ramping dan lebih ringkas dengan hasil akhir yang mulus dan bulat memberikan peningkatan kelincahan untuk pemindahan bobot bodi yang cepat.

Segitiga Ergonomi pengendara telah diubah untuk mencapai posisi berkendara yang ideal untuk berbagai fisik. Ketinggian kursi bertambah 5 mm dan memiliki permukaan yang jauh lebih rata. Peningkatan lainnya adalah profil sisi kiri dan kanan kursi yang lebih membulat, membuat gerakan tubuh ke samping lebih mudah dan nyaman.

Pijakan kaki kini diposisikan 5mm lebih rendah, memberikan peningkatan total ruang kaki 10mm untuk mengakomodasi pengendara yang lebih besar, dan setang 4 posisi yang dapat disesuaikan dipindahkan untuk memberikan posisi berkendara yang lebih alami.

Untuk Suspensi KYB,  Katup suspensi depan dan belakang KYB untuk YZ450F diperbarui dilengkapi dengan pengatur peredam kompresi yang dapat disetel dengan tangan. Pengendara sekarang dapat mengakses informasi dan rekomendasi yang jelas tentang pengaturan suspensi melalui aplikasi Power Tuner di ponsel cerdas mereka, tanpa harus menebak-nebak penyesuaian.

YZ450F 2023 juga memperoleh update Terbaru sistem Traction Control. Sistem kontrol elektronik ini menawarkan dua tingkat bantuan serta fungsi OFF. Sistem Kontrol Traksi YZ450F yang baru juga bisa dikendalikan melalui aplikasi Power Tuner, memungkinkan pengendara untuk memilih tingkat intervensi yang mereka inginkan agar sesuai dengan kondisi trek, perubahan cuaca, dan tingkat keterampilan.

Desainer Yamaha mencoba untuk menjadikan YZ450F baru salah satu mesin paling ringan di kategorinya. Pompa bahan bakar, kotak udara, dan pemandu rantai baru memberikan kontribusi signifikan terhadap bobot yang lebih rendah dan membantu memusatkan massa untuk meningkatkan kelincahan sasis. . Bahkan bagian terkecil – termasuk kabel throttle, sakelar stang, dan impeller pompa air – telah didesain ulang untuk menurunkan bobot menjadi hanya 109 kg basah – Pengurangan 2,3 kg dari Generasi sebelumnya.

Secara umum Highlite keterbaruan dari YZ450F 2023 adalah sebagai berikut :

  1. Mesin 450cc baru yang lebih ringan, lebih ramping, dan lebih ringkas
  2. Peningkatan daya linier di semua kecepatan engine, dan batas putaran 500rpm lebih tinggi
  3. Peningkatan kapasitas asupan udara dengan katup masuk 39mm
  4. Transmisi 5-percepatan yang direvisi dan kopling ringan baru
  5. Sistem dry sump Baru
  6. 2,3 kg pengurangan berat sepeda secara keseluruhan menjadi 109 kg basah dengan tangki bahan bakar penuh
  7. Rangka balok aluminium bilateral yang didesain ulang dengan keseimbangan kekakuan yang direvisi
  8. Garpu depan dan katup internal shock belakang yang diperbarui
    Penyetel redaman kompresi garpu depan yang dapat disesuaikan dengan tangan baru
  9. Bodywork yang lebih ramping dan ringkas untuk meningkatkan kelincahan pengendara
  10. Kursi yang lebih rata dan sempit untuk kebebasan bergerak yang lebih besar
  11. Sistem Kontrol Traksi 3-mode yang dapat disesuaikan baru
    Sistem Kontrol Peluncuran yang Diperbarui
  12. Aplikasi Power Tuner baru yang lebih intuitif dengan Penyetelan Cepat
  13. Fitur pengatur waktu putaran baru

 

17 COMMENTS

    • Dijual umum. Klo buat MXGP basicnya mirip tapi biasanya pabrikan bikin prototipe. Ya mirip2 lah ama KTM RC250R jualan umum ama KTM moto3. Bedanya di MXGP lu tetep bisa kompetitif seandainya beli motor sendiri secara privat, bahkan sering ada wildcard yg make se250 2 tak dan masuk qualy jg. MXGP secara regulasi lebih bebas, longgar, dan ga jelimet kaya regulasi bikinan Dorna.

      • Keren juga ya,wah kalo ada dana berarti masyarakat bisa beli motor spek pabrikan 😁😁,sayang balap motorcross kalah tenar sm balap aspal,padahal ridernya lebih gagah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.