TMCBLOG.com – Sudah semenjak tahun 2021 yang lalu terhembus kabar bahwa Honda secara global akan merilis kembali/reborn satu varian motor yang sudah lama malang melintang di otak para penggemar eksplorasi dengan sepeda motor: Honda Transalp. Honda sendiri sudah memiliki motor sejenis dengan brand Africa Twin di segmen big bike berkubikasi besar. Namun mereka sepertinya kembali memikirkan varian big bike yang memiliki karakter seperti Africa Twin namun dengan kubikasi mesin kelas menengah sehingga tidak terlalu menguras kantong baik saat membeli maupun saat operasionalnya. Singkat kata bisa bermain dalam kelas yang sama seperti Yamaha Tenere atau Aprilia Tuareg 660 misalnya.

Motor ini disinyair akan dinamakan Transalp dengan kubikasi mesin menengah dua silinder 700-an cc. Motor ini rumornya akan mulai diumumkan Honda pada gelaran EICMA Milan akhir tahun 2022 ini. Namun via Actumoto sepertinya kita sudah bisa melihat seperti apa bentuk dari Honda Transalp 700 yang akan datang ini.

Jadi menurut Actumoto, motor ini terlihat mondar-mandir di daerah pegunungan Alpen (mungkin dari sana nama Transalp: Trans-Alpine) baru baru ini dan bikin kepo salah satu fotografernya Jean-Baptiste. Nah, Jean pun langsung mengganti lensa fotonya dengan jenis lensa tele dan berhasil memperoleh beberapa foto dari motor yang memiliki bentuk tinggi besar dengan menggunakan ban dual purpose berukuran belang mirip ban di motor trail dengan ban belakang berprofil cukup lebar.

Menurut Actumoto, dengan lensa telenya, Jean yakin ia bisa melihat bahwa ada tulisan Transalp di sisi side fairing dari motor tersebut. Secara umum terlihat beberapa ciri-ciri seperti penggunaan hand guard, headlamp seperti yang dipakai di CB500X, velg jari-jari serta hadirnya bracket di bagian buritan. Akankah ini menjadi lawan berat Tenere 700 atau Tuareg 660?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

28 COMMENTS

  1. Kalo di zoom sih tulisanya TRANSALP, bukan TRANSLAP. Bener kan? Coba pantengin deh, hee..
    Mungkin maksudnya Honda Trans Alpen..

  2. Africa twin – NT1100 – Rebel 1100 – Hawk 11
    Mesin nya sama, kalo translap ini sama juga basis mesin nya, fix Honda global ngikut business plan nya Astra Honda Motor

    Cocokologi nya mesin 150cc near square AHM di 5 model motor yg berbeda juga. CB150SF, CBR150R, Sonic150, CB150X , CB150-Exmotion (Thailand)

      • Pahamin dulu komen gw , gw ga ngomongin kelas segmentasi nya tapi basis mesin yg diambil buat ni motor

        basis mesin 2 silinder Honda itu ada dari CBR500 series atau NC750X nah kalo mereka mau bikin motor dengan mempertahankan nuansa Africa twin nya, ya berarti mereka pilih mesin dari Africa twin yg di bore down.

        Mesin 2 silinder 500 dan NC itu power nya rendah dan linear tarikan tenaga nya , IMO kurang cocok buat genre yg mau diambil

  3. Ooh,spoke n ban tahu tapi knalpot tetap dibawah,jadi gak terlalu beririsan dgn NC750X atau CB500X

    dari depan kayak cbr650 nya Wak haji tapi diperkecil

  4. Kayaknya ini bakal makai mesin Unicam 750cc baru yg bakal dipakai Hornet, dari samping keliatan mesinnya lebih tegak dibanding mesin NC700

  5. Kalo Honda menyandingkan motor ini lawan tenere dan tuareg dijamin perlahan pasar mereka akan terkikis. Apalagi kalo bisa sekitar Afrika twin. Cuma bentuk face motor Honda emang gada yg garang.hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.