New Hornet Concept Update

TMCBLOG.com – Secara umum di EICMA Milan 2022 dan beberapa gelaran motorshow lainnya di akhir tahun ini kita akan bisa melihat bagaimana Honda akan menghadirkan motor motor baru dengan mesin konsep baru seperti New Honda Hornet dan Transalp. Untuk kedua jenis motor ini, Honda memungkinkan kita melihat sekilas mesin dua silinder baru di kubikasi 700-an cc. Bicara soal mesin jenis ini, sebenarnya Honda telah memiliki mesin dua silinder segaris dengan 750 cc sejak 2012 yang sudah menjadi dapur pacu varian NC750X travel enduro dan di skuter Forza 750, lho ngapain sampai bikin mesin baru?

Desain mesin NC750 current

Mesin NC750-an series yang telah dibenamkan di banyak varian ini memiliki platform dimensi silinder yang dimiringkan jauh ke depan. Sekilas bahkan terlihat hampir ‘terlentang’ seperti mesin mesin Cub. Mesin dengan platform desain fisik ini  diperlukan agar bisa juga dipasang di skuter NC700 Integra. Namun kelemahan dari arsitektur ini bila dipasang pada sepeda motor (full frame atau biasa disebut motor laki) adalah memerlukan jarak sumbu roda yang panjang atau lengan ayun yang pendek sehingga merugikan traksi.

Bukan rahasia lagi bahwa Honda berencana untuk menghidupkan kembali/reborn dua model: Hornet yang punya genre street fighter dan sebuah travel enduro yakni Transalp. Honda Hornet tersedia dari tahun 1998 sebagai CB600F, dan pada tahun 2002 naik cc ke Hornet CB900F Hornet. Ciri khas dari naked bike ini adalah mesin empat silinder segaris dan sistem pembuangan ditarik ke belakang (underseat). Produksi Hornet 900 berakhir pada 2005 dan 600 berakhir pada 2013.

Sementara untuk Transalp, Honda menggunakan nama model ini jauh lebih lama lagi. Honda XL600V Transalp pertama diluncurkan pada tahun 1987. Setelah beberapa perubahan model, produksi XL700V Transalp dihentikan pada tahun 2012 namun semua model Transalp dahulu dilengkapi dengan mesin V2.

Nah, untuk kedua model baru ini (Hornet dan Transalp) nanti, Honda akan menggunakan mesin 2 silinder sejajar (inline) namun memiliki citarasa dan karakter output ala-ala mesin V2. Yes Honda mendesain mesin 2 silinder sejajar dengan langkah (stroke) pendek dengan kubikasi 755 cc, 4 valve dan memiliki poros engkol offset 270°. Untuk desain yang ringkas, kontrol katup hanya dilakukan dengan satu camshaft (Unicam). Honda sudah membeberkan data performanya: 92 hp pada 9.500 rpm dan 75 Nm pada 7.750 rpm.

New Hornet Concept Update

Fuyuki Hosokawa, yang juga bertanggung jawab atas CBR1000RR-R saat ini, dipercayakan dengan manajemen proyek untuk pengembangan mesin ini. Dalam teks pers Honda menulis tentang kontrol katup Unicam. Unicam adalah desain khusus yang pertama kali digunakan Honda pada mesin motorcross empat langkah pada tahun 2002.

Camshaft overhead menggerakkan katup masuk langsung melalui bucket tappet, sedangkan katup buang digerakkan melalui rocker-arm. Hal ini memungkinkan pengendalian yang tajam pada katup masuk, tetapi lebih kompak untuk dimensi kepala silinder dibandingkan desain dua camshaft (DOHC) di kepala silinder.

37 COMMENTS

    • Aku juga penasaran sama mesin paralel twin nya suzuki yg baru,, buat sv650 dan vstorm650. Suatu gebrakan besar karena mereka meninggalkan mesin 90° V-twin mereka dan membuat paralel twin yang semakin populer dikalangan pabrikan besar

  1. Hmm teryata bikin mesin baru, kirain pake mesin sapu jagad Africa twin yg di turunin CC nya, dan Apakah kedepannya Honda bakal ikut tren bikin motor sport 600-700cc dua silinder?

    • Bahasa sederhananya itu. Lagian mau dipoles pake bahasa marketing begimana jg, udh jelas itu sohc dan tujuan utamanya ya nurunin cost produksi wkwkwk

      • Ga biar murah juga, mesin ini juga buat model transalp, sohc bisa jadi benefit buat ngegail torsi dan tarikan bawah biar lebih enteng, dohc ga selalu bagus juga di beberapa kondisi, kyak warga dari artikel sebelah aja cuma bisa mempermasalahkan sohc dohc

    • Beda om sohc konvensional sama unicam. Kalo sohc biasa, rocker arm nya ada dua buat katup in dan out. Businya dipasang miring.
      Kalo unicam, rocker arm nya satu doang buat klep out. Businya bisa tegak lurus sama head silinder

      • kalau ekstrimnya, versi sotoy saya

        itu tuh TETAP sohc aja udeh, cuma dibedain lalu ditambah bahasa marketing unicam, voila ! jadilah si paling beda, padahal ituitu juga

      • bang, sohc itu artinya single overhead camshaft.
        mau model yang situ sebut konvensional maupun unicam, ya camshaftnya cuman ada 1, berarti sohc.

        dan bener tuh kata bro anoniMUSE, situ kira yang diatas pada ga ngerti?

    • Ga ngerti gw maksudnya komentar diatas, jadi honda harusnya make sohc konvensional di mesin baru ini sementara mereka setau gw ga punya mesin sohc selain unicam diatas 450cc gitu ya ?

      • jangan pake kata “harusnya” dongg.. kan saya nanya kenapa ga sekalian pakai sohc aja ? atau kaya diskusi di atas sama si akang, kenapa ga dinamain sohc aja gitu

        • @richardgn bukannya tetap dinamain sohc ya sama mereka ? Dimana mana saya liat brosur spek resminya dari crf, africa twin sampai goldwing sekalipun disebutin kalau ga sohc unicam ya sohc 4-valve. Atau mungkin maksudnya konteks dalam artikel ini jadi mungkin saya yg ga nangkap kali ya😅

  2. Kalo di crf kan cuman ada tonjolan cam buat nonjok rocker arm, tapi ini di cam ada tonjolan buat angkat rocker arm dan brocker armnya juga ada lengan bawahnya
    Bisa lah diturunkan ke mesin2 kecil

  3. Meski ga bisa beli saya mau komen ya,
    Ini dari mesin inline 4 dan V2 malah jadi inline 2.
    Kan downgrade.
    Macam kawasaki Vulcan, jadi ilang citarasa nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.