22YM CRF1100L AFRICA TWIN ADVENTURE SPORTS

TMCBLOG.com – Di Amerika serikat – USA – Honda CRF1100 Africa Twin kena recall sesuai dengan hasil pengujian yang dilakukan Badan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika karena kesalahan pada unit kontrol mesin (ECU) yang menyebabkan transmisi kopling ganda (DCT) motor mati, menyebabkan hilangnya tenaga penggerak dan dapat mengakibatkan kecelakaan.

Notifikasi Recall ini dikeluarkan NHTSA  pada 1 September 2022, dan dikaitkan dengan kesalahan perangkat lunak. Hingga 1.561 unit Motor Africa Twin yang didistribusikan oleh American Honda Motor Co dan diproduksi antara tahun 2020 hingga 2021 dengan sistem Honda DCT memiliki potensi terefek dan kehilangan tenaga tanpa alasan.

Menurut NHTSA, “Kesalahan perangkat lunak pada unit kontrol mesin (ECU), dapat memutuskan komunikasi controller area network (CAN) dan melepaskan (release) kopling, yang dapat mengakibatkan mesin mati atau kehilangan tenaga penggerak.”

Pemilik Africa Twin mungkin Secara acak dapat mengalami keadaan dimana Motor berhenti secara acak di lampu lalu lintas karena kesalahan perangkat lunak di mana Saat akan berhenti, DCT hanya bisa menarik kopling sepeda motor dan tersentak ke depan, menyebabkan mesin mati. Dan itu hanya contoh kejadian Minor yang efeknya kecil dibandingkan dengan apa yang sebenarnya bisa terjadi jika ECU  melakukan kesalahan saat sepeda motor melaju kencang bergerak.

Di sisi yang lebih berbahaya, ECU bisa membuat kesalahan saat motor melaju kencang yang berpotensi menyebabkan pengendara panik dan menginjak rem agak keras, dan karena tidak ada cara untuk melepaskan kopling secara manual. Pada proses Recall, Motor akan mempeorleh Update perbaruan Perangkat Lunak/ Software untuk ECU guna menghindari Kesalahan tersebut – Taufik of BuitenZorg  | @tmcblog

17 COMMENTS

  1. Motor premium segmented, konsumennya diperhatikan oleh pabrikan

    Apa kabar motor volume maker, yg anti recall recall, rawan dijadiin blek kempein oleh kompetitor

    • Kalo liat web nya, KNKT fungsinya investigasi kecelakaan (artinya sudah terjadi).. jadi wajar aja kalo bicara ‘potensi’ kecelakaan belum dijamah..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.